Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok 1 Juni 2021, Kartu ATM Lama Mandiri Diblokir, Sudah Ganti Versi Chip?

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PT Bank Mandiri
Kartu debit Bank Mandiri berteknologi chip.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Bank Mandiri kembali mengingatkan nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM (debit) magnetic stripe menjadi kartu ATM chip.

Bagi nasabah Bank Mandiri pemegang kartu ATM magnetic stripe dengan expiry date 2023-2025, batas akhir penukaran ke kartu ATM versi chip adalah 1 Juni 2021.

Lewat dari 1 Juni 2021, semua kartu ATM magnetic stripe akan dinonaktifkan dan tidak bisa digunakan untuk transaksi, termasuk penggantian password log in Mandiri Online.

"Yuk, buruan ganti ke kartu debit chip sebelum 1 Juni 2021. Supaya kartu kamu tidak dinonaktifkan," demikian pengumuman Bank Mandiri melalui Instagram, Jumat (7/5/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: INFOGRAFIK: Kenapa Harus Ganti Kartu ATM Chip?

Cara menukar ke kartu ATM chip

Diberitakan Kompas.com, Senin (17/5/2021), Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, proses penukaran kartu ATM chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia.

Nasabah tidak akan dipungut biaya ketika melakukan melakukan pergantian kartu debit magnetic stripe menjadi kartu debit chip.

"Kami memastikan agar seluruh proses pergantian kartu dapat dilayani di seluruh kantor cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia. Tanpa dipungut biaya," kata Rudi, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (16/5/2021) malam.

Selain di seluruh cabang Mandiri, penggantian kartu debit chip juga bisa dilakukan di Mandiri CS Machine yang tersebar di beberapa lokasi.

"Saat ini Mandiri CS Machine bisa diakses di Jakarta Pondok Indah Mall, Senayan City Mall, Kota Kasablanka Mall, Mandiri Cabang Depok, dan Mandiri Cabang Bekasi Juanda," kata Rudi.

Dokumen yang perlu dibawa untuk penukaran kartu ATM magnetic stripe ke chip adalah kartu identitas (KTP untuk WNI atau Paspor untuk WNA/Non Residen) dan kartu ATM magnetic stripe yang akan ditukar.

Baca juga: Jadwal Blokir Kartu ATM Lama, Segera Ganti ke Kartu Chip Sebelum Tanggal Ini

Apa yang terjadi jika nasabah belum melakukan penggantian kartu hingga tanggal blokir?

Kartu ATM magnetic stripe milik nasabah Bank Mandiri akan otomatis terblokir secara permanen, dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apa pun termasuk penggantian password log in Mandiri Online.

Nasabah harus segera ke cabang terdekat untuk melakukan penggantian kartu ke kartu ATM chip untuk dapat bertransaksi kembali.

Bank Mandiri akan memberikan informasi mengenai cleansing Mandiri Debit yang telah dilakukan kepada nasabah yang terdampak melalui Whatsapp, SMS, dan e-mail blast ke nomor telepon dan email yang terdaftar di Bank Mandiri.

Mengapa harus ganti kartu?

Rudi mengatakan, penggantian sistem kartu debit magnetic stripe menjadi chip dilakukan untuk menjaga dan memperkuat keamanan nasabah Bank Mandiri.

"Terutama dari kejahatan pencurian data nasabah atau skimming," ujar Rudi.

Rudi menambahkan, upaya tersebut juga sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia, yang mewajibkan penggunaan kartu debit chip 100 persen mulai 1 Januari 2022.

Kewajiban penggunaan kartu debit dengan teknologi chip tertuang dalam Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Baca juga: Alasan Harus Ganti Kartu ATM Chip dan Konsekuensi jika Tak Melakukannya

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Beda Kartu ATM Model Magnetic Stripe dan Chip

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi