Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Sederhana Menangkal Gigitan Nyamuk

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock
Gatal karena gigitan nyamuk
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Gigitan nyamuk selalu menimbulkan rasa gatal yang menyiksa yang betah berdiam berlama-lama di permukaan kulit.

Ketika nyamuk mendarat di kulit kita, nyamuk akan menghisap darah kita sekaligus meninggalkan protein dari air liurnya ke permukaan kulit kita.

Sistem imun tubuh akan melihat protein ini sebagai ancaman dan akan langsung mengeluarkan histamin untuk memerangi protein tersebut. Histamin adalah reaksi normal dari sebuah alergi.

Proses inilah yang menyebabkan muncul bentol dan gantal di sekitar area di mana nyamuk tadi mendarat.

Rasa gatal bukanlah satu-satunya yang harus dikhawatirkan dari serangan nyamuk. Karena nyamuk juga bisa membawa berbagai penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk itu, upaya pencegahan adalah yang sebaiknya dilakukan. Berikut ini adalah tips terbebas dari gangguan nyamuk:

Baca juga: Penyakit yang Bisa Disebabkan Oleh Tikus dan Cara Alami Mengusir Tikus

1. Gunakan kipas angin

Udara yang berputar atau mengalir deras akan membuat nyamuk kewalahan terbang. Maka salah satu cara menjauhkan nyamuk dari tubuh kita adalah membuat ruang di sekitar kita memiliki aliran udara yang cukup kencang.

Salah satunya adalah dengan cara menghidupkan kipas angin atau menyetel fungsi fan pada pendingin udara.

Jonathan Day, Phd, profesor entomologi dari University of Florida menyarankan untuk mengarahkan kipas angin ke lantai, karena nyamuk cenderung terbang rendah untuk menghindari angin.

Baca juga: Cegah Demam Berdarah, Ini Cara Membasmi Nyamuk di Taman Rumah

2. Hindari area outdoor di jam aktif nyamuk

Nyamuk juga seperti manusia, memiliki waktu makan malam di jam-jam tertentu. Dilansir dari Prevention, waktu nyamuk berburu makanan adalah di sepanjang malam hingga pagi.

Nyamuk memilih terbang malam karena di saat matahari terbenam, biasanya angin juga akan berangsur menjadi pelan, tak sekencang ketika siang. 

Agar tak digigit nyamuk, hindari berada di luar rumah ketika malam. Terutama, hindari area dekat pepohonan dimana nyamuk banyak bergerombol.

Jika harus berada di luar ruangan di waktu malam, gunakan lotion penangkal nyamuk agar nyamuk tak berselera mengigit kita.

Baca juga: 7 Cara Mengusir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

3. Perbanyak minum

Nyamuk tertarik oleh feromon yang keluar bersama keringat kita. Jadi agar nyamuk tak mendekat, perbanyak minum untuk mendinginkan tubuh sehingga keringat tak banyak menetes.

Hindari pula berada di area yang memiliki suhu terlalu panas.

4. Kenakan pakaian berwarna terang

Kenakan pakaian berwarna terang, terutama ketika tengah berada di luar ruangan atau outdoor.

Nyamuk mengandalkan indera penglihatannya ketika mencari makan. Warna gelap dan kuat seperti hitam, biru tua dan merah, adalah warna-warna yang menarik perhatiannya.

5. Atur pernapasan

Hal berikutnya yang menarik perhatian nyamuk adalah karbondioksida. Mereka mengidentifikasi makanan dengan cara mencari sumber karbondioksida. Di mana ada karbondioksida, di situ ada makanan terhidang.

Jadi ketika tengah berada outdoor, hindari aktivitas yang bisa memicu detak jantung Anda menjadi lebih cepat, seperti berolahraga di malam hari atau mengudap sajian pedas.

Baca juga: 9 Tanda Anda Mungkin Perlu Berhenti Makan Makanan Pedas

6. Hindari wangi-wangian

Nyamuk mudah tertarik dengan aroma yang menyengat. Selain aroma feromon, nyamuk juga tertarik dengan wangi parfum, pelembut pakaian, atau bahan kosmetik yang berbau menyengat lainnya.

Jadi di malam hari, hendaknya hindari menyemprotkan parfum terlalu banyak di sekujur badan.

7. Singkirkan genangan air di sekitar rumah

Ini adalah cara dasar untuk menjauhkan nyamuk dari area rumah. Yaitu menyingkirkan genangan air, atau tandon-tandon air yang terbuka, di sekitar rumah.

Genangan air bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Baca juga: Berbagai Ide Kreatif untuk Mengurangi Sampah Dapur

8. Tanam tumbuhan yang ditakuti nyamuk

Beberapa tanaman efektif mengusir nyamuk. Seperti lavender, sereh, basil dan marigolds. 

Jadi agar rumah tenang tanpa nyamuk, tanam tumbuhan-tumbuhan tersebut di sekitar area rumah, baik di halaman depan atau belakang rumah. 

Anda juga bisa meletakkan tanaman lavender dalam pot di sekitar ruang keluarga dan di dalam kamar untuk mengusir nyamuk-nyamuk pergi.

Beberapa langkah di atas efektif digunakan untuk melindungi tubuh dari sergapan nyamuk.

Jika populasi nyamuk di sekitar rumah meningkat, maka mau tak mau Anda harus tetap menggunakan semprotan pembunuh serangga untuk mengatasinya.

Baca juga: 5 Tanaman yang Ditakuti Tikus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi