Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Alyssa Carson Akan Jadi Manusia Pertama di Mars dan Tinggal Selamanya

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi hoaks, hoax
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook beredar informasi yang menyebutkan bahwa Alyssa Carson tidak bisa menikah dan punya anak karena sedang bersiap untuk menjadi manusia pertama di Planet Mars.

Narasi unggahan juga menyebutkan bahwa dia tidak akan pernah kembali ke Bumi. Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook FIDAHFJA.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar.

Narasi yang beredar

Akun Facebook FIDAHFJA menulis narasi tentang Alyssa Carson seperti utas pada Twitter. Pada awal utas, ia menuliskan Alyssa Carson akan menjadi manusia pertama di Mars dan tidak akan kembali ke Bumi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudian, di kolom komentar dia melanjutkan ceritanya. Dia menuliskan, Alyssa Carson adalah seorang gadis yang kini tengah dipersiapkan oleh NASA atau badan penerbangan dan antariksa untuk terbang ke Mars.

Tak hanya berkunjung, tetapi Alyssa dikatakan akan tinggal di planet merah itu. Alyssa dijadwalkan berangkat untuk misi manusia ke Mars pada tahun 2033 nanti.

Berikut tangkap layar unggahan akun tersebut:

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri dengan menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci "is Alyssa Carson going to Mars".

Hasilnya, banyak media memberitakan tentang Alyssa Carson yang berambisi untuk pergi ke Mars.

Salah satunya ditulis Vogue, 21 Maret 2018. Alyssa Carson yang saat itu berusia 17 tahun telah menjalani berbagai pelatihan astronot. Dia berasal dari Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat.

Obsesinya dengan ruang angkasa dimulai ketika dia berusia 3 tahun dan menonton kartun berjudul The Backyardigans. Salah satu episodenya yaitu misi ke Mars.

“Saya mulai menonton video penjelajah yang mendarat di Mars. Saya memiliki peta Mars raksasa di kamar saya yang akan saya lihat. Kami mulai mendapatkan teleskop sehingga kami bisa melihat ke luar angkasa,” kata dia.

Dia telah mempersiapkan peran itu dengan menghadiri berbagai peluncuran pesawat ulang-alik, Kamp Luar Angkasa, dan Akademi.

Melansir Reuters, 8 Juni 2021, meski Alyssa Carson dipersiapkan untuk perjalanan ke Mars, tetapi perjalanannya belum dipastikan.

"NASA memiliki banyak cara kami terlibat dengan siswa untuk mempromosikan misi inti NASA dan eksplorasi ruang angkasa secara umum, dan kami senang melihat siswa tertarik dan bersemangat. Namun, kami tidak memiliki hubungan formal dengan Ms. Carson," kata juru bicara NASA kepada Reuters melalui e-mail.

Ia menyebutkan, saat ini penugasan kru untuk misi Mars juga belum dibuat.

Carson tidak memiliki kualifikasi untuk menjadi astronot NASA, yang antara lain membutuhkan gelar master di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer atau matematika

Selain itu, tidak benar jika dikatakan astronot akan tinggal selamanya di Mars karena misi NASA.

Pihak NASA menyatakan, meskipun bermaksud membuat program jangka panjang, tetapi mereka akan selalu membawa pulang para awak kapal.

Carson juga mengatakan keinginannya untuk kembali lagi ke Bumi, seperti disampaikannya saat wawancara dengan Vogue.

"Saya melakukan hal yang sama seperti anak-anak lain, seperti beralih pikiran tentang karier, ingin menjadi guru atau presiden suatu hari nanti. Tapi cara saya selalu memikirkannya adalah saya akan menjadi astronot, pergi ke Mars, kembali, dan kemudian menjadi guru atau presiden," ujar dia.

Kesimpulan

Informasi yang disebarkan akun Facebook FIDAHFJA tidak benar, karena NASA belum menetapkan siapa yang akan menjalani misi ke Mars.

Selain itu juga tidak benar bahwa Alyssa akan tinggal di Mars selamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi