Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami untuk Usir Bau Badan

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Bau keringat atau bau badan adalah problema yang bagi beberapa orang, susah diurai dan dicari solusinya.

Meski masa pubertas sudah lewat jauh dan hormon tak lagi mengacau, dan meski sudah mengenakan deodoran dengan rutin, namun ada beberapa orang yang tetap memiliki bau badan tak sedap yang merugikan.

Hal ini tentu saja menganggu penampilan dan menganggu aktivitas. Terlebih jika pekerjaan atau karir seseorang menuntut ia harus terus bertemu banyak orang di kesehariannya.

Bau badan yang tak sedap ini keluar dari kelenjar keringat yang ada di ketiak. Bakteri yang ada di permukaan kulit mengurai protein dari keringat yang keluar dari dalam tubuh. Dari proses ini, lahirlah senyawa asam yang berbau sangat menyengat.

Dilansir dari Times of India, deodoran dan antiperspirant adalah solusi sementara yang tidak bisa menghilangkan bau keringat untuk selama-lamanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa bahan alami di bawah meski tak bisa mengusir bau keringat untuk selama-lamanya, namun jika digunakan rutin, bisa mengurangi kepekatan aroma yang ada sedikit demi sedikit.

Baca juga: Tak Perlu Ganti Baru, Ini 3 Cara Mengasah Pisau Blender

1. Rock salt

Garam bertekstur kasar ini bisa digunakan untuk menjinakkan bau keringat. Caranya, masukkan rock salt ke dalam seember air hangat, dan gunakan air tersebut untuk mandi.

Gosok area ketiak lebih lama dibanding area lainnya. Garam ini bisa membunuh bakteri dan membersihkan area ketiak lebih sempurna daripada sabun biasa.

2. Cuka apel

Campurkan satu cangkir kecil cuka apel dengan setengah cangkir air bersih. Kemudian masukkan larutan ke dalam botol semprot.

Setiap malam sebelum tidur, semprotkan larutan ini di permukaan ketiak Anda. Baru di pagi hari, bersihkan ketiak menggunakan air hangat.

Cuka apel juga seperti rock salt, efektif digunakan untuk membunuh bakteri yang berkembang di lipatan kulit.

Baca juga: Kucing Juga Bisa Demam, Ini Cara Mengatasinya

3. Kentang

Iris tipis kentang, kemudian oleskan permukaan kentang yang dilapisi getah di kulit ketiak setiap pagi. Biarkan selama 30 menit, baru bilas dengan bersih.

Senyawa pada kentang bisa mereduksi aroma tak sedap biang keringat.

4. Baking soda dan lemon

Campurkan dua sendok baking soda dengan satu sendok perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta, kemudian oleskan di kulit ketiak dengan gerakan memutar selama 10 menitan baru bilas dengan air bersih.

Kemampuan baking soda menyerap bau tak sedap dan kemampuan perasan lemon yang membunuh bakteri, bisa mengurangi bau ketiak yang tak sedap.

5. Tomat

Air perasan tomat atau jus tomat juga bisa digunakan untuk mereduksi bau keringat.

Caranya, campurkan jus tomat dengan perasan lemon dan oleskan di kulit ketiak. Biarkan selama 10 menit baru bilas dengan air bersih. Tomat dan lemon bisa membunuh bakteri dengan maksimal.

Kelima bahan alami di atas efektif digunakan untuk mengurangi bau tak sedap biang keringat.

Lakukan cara-cara alami di atas setiap hari atau cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Baca juga: Sering Nyeri Jari Tangan saat WFH? Berikut Tips dari Dokter

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi