Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pilihan Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya untuk Anak IPA dan IPS

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstock
Ilustrasi perkuliahan
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagian orang mungkin akan memilih untuk bekerja. Namun tidak sedikit yang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya yakni perkuliahan atau perguruan tinggi.

Bagi siswa SMA menentukan jurusan apa yang harus diambil dalam perkuliahan memang seringkali menimbulkan kebingungan. Hal itu lumrah terjadi karena banyaknya pilihan jurusan di bangku kuliah.

Selain itu, dalam menentukan jurusan kuliah, ada banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Bukan hanya minat dan kemampuan, namun juga ada pertimbangan prospek kerja setelah lulus dari bangku kuliah.

Baca juga: 10 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak di SBMPTN 2021

Karena itu, sebagai referensi, berikut adalah pilihan jurusan kuliah dan prospek kerjanya baik untuk mau yang mengambil peminatan IPA ataupun IPS di bangku SMA.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan kuliah IPA

Bagi kamu yang mengambil peminatan IPA semasa SMA, berikut adalah beberapa pilihan jurusan kuliah disertai dengan prospek kariernya:

1. Pendidikan kedokteran

Salah satu jurusan terpopuler di peminatan IPA adalah pendidikan kedokteran. Tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat.

Setelah lulus dan mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta.

Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship.

Pilihan lainnya adalah melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis.

Baca juga: 15 Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR 2022

2. Teknik informatika

Jurusan teknik informatika semakin populer menyusul kemajuan teknologi saat ini. Kebutuhan tenaga di bidang teknik informatika juga semakin bertambah. Oleh karenanya, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan.

Beberapa prospek pekerjaan dengan latar belakang pendidikan teknik informatika antara lain programmer, web developer, pembuat aplikasi, software engineer dan lain-lain.

3. Arsitektur

Jika kamu merupakan siswa dengan peminatan IPA namun memiliki ketertarikan pada desain, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan arsitektur di bangku kuliah.

Mahasiswa di program studi Arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Selain menjadi arsitek, lulusan arsitektur juga bisa menjadi konsultan.

4. Teknik Pertambangan

Jurusan teknik pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya.Tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik pertambangan di Indonesia.

Prospek kerja yang bisa dicapai setelah lulus dari studi teknik pertambangan antara lain Ahli Tambang dan Geologi Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas) Ahli Teknik Energi Teknisi Geologi dan Perminyakan.

Baca juga: 7 Tips agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

5. Agribisnis

Jurusan agribisnis menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula.

Pangan menjadi salah satu hal yang paling bisa diwujudkan oleh Agribisnis, sehingga peluang profesi di sektor ini sangat besar.

Lulusan program studi Agribisnis tidak hanya bisa bekerja di sektor pertanian, tapi bisa juga bekerja di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

Jurusan kuliah IPS

Ada banyak pilihan jurusan yang bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang mengambil peminatan IPS di SMA. Berikut adalah beberapa jurusan kuliah di peminatan IPS beserta prospek kerjanya:

1. Ilmu Hukum

Yang pertama adalah ilmu hukum. Jurusan ilmu hukum termasuk program studi yang paling populer. Hal itu lantaran lulusan ilmu hukum memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan dan bisa masuk di berbagai bidang pekerjaan.

Beberapa prospek kerja lulusan ilmu hukum antara lain praktisi hukum seperti pengacara, notaris, hakim, jaksa, ataupun konsultan hukum.

Baca juga: Ingin Jadi Pengusaha Ternak? Intip Jurusan Kuliah S1 yang Satu Ini

Namun di luar itu, lulusan hukum juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan karena kebanyakan perusahaan memiliki divisi legal untuk mengurus perjanjian ataupun kontrak kerja.

2. Psikolog

Kamu yang senang dalam mengamati perilaku orang-orang sekitar dan punya rasa penasaran, rasanya cocok untuk memilih jurusan Psikologi. Jurusan psikologi juga punya banyak peminatan, misalnya: Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Industri

Lulusan psikologi juga memiliki prospek kerja yang luas. Selain bisa menjadi psikolog, lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai HRD, Market research, dan Peneliti.

3. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi juga salah satu jurusan yang paling diminati di fakultas berbasis ilmu-ilmu sosial, selain hukum. Salah satu penyebabnya adalah lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang karier yang luas, tidak hanya terbatas di satu bidang.

Beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi adalah public relation, fotografer, penulis, market research analyst, marketing communication, jurnalis atau yang berkaitan dengan media, dan lain-lain.

Baca juga: Ini Prospek Kerja Jurusan Kuliah Bidang Perhotelan

4. Hubungan internasional

Untuk prodi ini, kamu bisa belajar banyak tentang relasi, interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional, dan lain-lain.

Sedangkan saat lulus kuliah, nantinya kamu bisa kerja sebagai diplomat, peneliti, dosen, atau pun PNS.

5. Ekonomi dan Bisnis

Selain hukum dan ilmu komunikasi, jurusan favorit lainnya di bidang ilmu sosial adalah ekonomi dan bisnis. Ada banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari di sini antara lain seperti akuntansi, manajemen, dan bisnis.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi Akuntan, Analis investasi, Penasihat keuangan, Manajer pajak, Konsultan bisnis, ataupun Wirausaha.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi