Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Donat Kentang Enak dan Empuk dengan Adonan yang Mengembang Sempurna

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock/ Diade Riva Nugrahani
Ilustrasi donat kentang.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Ingin memakan donat kentang lezat kini tak melulu harus membeli dahulu. Kamu bisa membuat donat sendiri di dapur rumah dengan hasil yang sempurna. Cara membuat donat juga sederhana dan mudah.

Selain cara memasaknya, hal yang tak kalah penting dalam membuat donat kentang agar hasilnya empuk dan lezat adalah bagian ketika membuat adonan donat. Kamu harus perhatikan cara membuat donat agar hasil adonannya lembut dan mengembang sempurna.

Ada 4 tips membuat adonan donat agar mengembang sempurna dan lembut yang dikutip dari buku "Seri Makanan Trendi untuk Usaha Boga - Donat Goreng & Panggang" oleh Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama. Apa saja?

Baca juga: Resep Donat Goreng Keju, Alternatif Buat yang Kurang Suka Manis

Tips membuat adonan donat mengembang sempurna

Yang pertama adalah ketika mengaduk adonan donat. Usahakan mengaduk adonan donat sampai kalis. Tujuannya agar tekstur donat baik dan lembut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selanjutnya istirahatkan adonan donat. Setelah mengaduk adonan donat sampai kalis, istirahatkan selama lebih kurang 20-45 menit. Diamkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran semula.

Pastikan untuk menyimpan adonan dalam wadah bertutup lap basah pada proses proofing tersebut. Lap basah bertujuan untuk menghindari adonan donat mengering.

Tips yang ketiga adalah mengempiskan adonan donat setelah proses proofing. Ini bertujuan untuk mengeluarkan udara dalam adonan.

Pasalnya, udara dalam adonan tersebut dapat membuat donat menjadi keras kalau tidak dikeluarkan. Menurut Epicurious, cara mengempiskan adonan cukup menggunakan kepalan tangan.

Pukul secara perlahan ke arah adonan sampai kempis. Selanjutnya, uleni kembali adonan sebentar agar tercampur rata lagi.

Baca juga: Resep Donat Kentang Empuk Anti Gagal, Beri Glaze Sesuai Selera

Hindari adonan donat mengembang secara berlebihan (over-proofing) karena akan menyebabkan donat mudah kempes.

Berdasarkan Epicurious, adonan yang over-proofing membuat hasil akhir donat terlalu padat.

Akibat dari gluten akan mengambang ke titik maksimal sehingga tidak bisa menahan gelembung udara yang seharusnya memberikan tekstur roti.

Tips membuat donat kentang yang empuk

Setelah mengetahui tips agar adonan donat kentang bisa mengembang sempurna, berikutnya adalah cara membuatnya. Berikut adalahcara membuat donat kentang empuk yang bisa kamu gunakan:

1. Gunakan bahan membuat donat yang tepat

Membuat donat kentang sebaiknya menggunakan bahan dan takaran yang tepat. Selain itu, untuk membuat donat sebaiknya gunakan mentega alih-alih margarin agar donat bisa bertekstur lembut.

Bahan donat kentang:

  • 210 gram terigu protein tinggi
  • 60 gram tepung kentang atau kentang rebus
  • 30 gram gula
  • 15 gram susu bubuk
  • 4 gram ragi
  • 1 kuning telur
  • 150 gram air dingin
  • 30 gram mentega
  • 4 gram garam

Baca juga: 15 Donat Enak di Jakarta, Ada Donat Kentang dan Donat Kekinian

2. Cara membuat donat kentang:

  • Campur terigu, kentang, gula, dan susu bubuk. Kemudian tambahkan ragi, kuning telur, dan air dingin. Aduk adonan menggunakan mixer sampai kalis.
  • Setelah adonan kalis, tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali menggunakan mixer sampai adonan elastis.
  • Lakukan proofing adonan donat selama lebih kurang 20-45 menit. Cetak atau bentuk adonan, lalu lakukan proofing lagi.
  • Goreng donat dalam minyak panas sampai kedua sisi matang. Angkat dan tiriskan. Taburi donat dengan gula halus atau saus cokelat sesuai selera.

3. Perhatikan proses proofing adonan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, agar adonan bisa mengembang sempurna perhatikan proses proofing adonannya.

Proofing adalah tahapan pengistirahatan adonan setelah proses fermentasi berlangsung. Dilakukan setelah adonan tercampur rata dan kalis, bertujuan agar adonan mengembang sempurna.

Trik proofing untuk adonan donat, letakkan adonan yang sudah elastis ke dalam mangkuk, kemudian tutup menggunakan kain serbet atau plastic wrap. Diamkan selama sekitar 40 menit.

Proofing pada pembuatan donat dilakukan sebanyak dua kali yaitu saat adonan sudah kalis dan saat adonan sudah dicetak/dibentuk.

Baca juga: Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi dan Tanpa Oven

4. Perhatikan cara menggoreng donat

Cara membuat donat kentang mengembang sempurna juga dipengaruhi oleh proses menggoreng. Gunakan jumlah minyak yang banyak dan api sedang cenderung kecil saat menggoreng donat supaya donat empuk.

(Penulis: Nine Fridayani, Yuharrani Aisyah | Editor: Yuharrani Aisyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi