Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Instagram Reels dan Instagram Music

Baca di App
Lihat Foto
Instagram
Fitur Instagram Reels
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Dua fitur yang telah lama dinantikan oleh pengguna Instagram di Indonesia mulai hari ini, Rabu (23/6/2021) sudah bisa dicoba.

Kedua fitur tersebut adalah Instagram Reels, fitur merekam video pendek ala TikTok dan Instagram Music, fitur untuk menambahkan lagu berdurasi 15 detik pada Stories.

Kehadiran dua fitur tersebut disambut antusias oleh warganet Indonesia.

Untuk memperoleh fitur Reels dan Music, pengguna harus melakukan update aplikasi Instagram terlebih dahulu lewat Google Play Store untuk Android, dan App Store untuk iOS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Saat Instagram Uji Coba Sembunyikan Tombol Like, Mengapa?

Baca juga: Kebijakan Kominfo dan Penundaan Pemblokiran Facebook, TikTok, Twitter dkk...

Lantas, bagaimana cara membuat konten menggunakan kedua fitur tersebut?

Cara membuat Instagram Reels

Mengutip Kompas.com, Rabu (23/6/2021) tombol Reels dapat ditemukan di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur "Post", "Story", dan "Live".

Letaknya berada di antara ikon "Search" dan "Shop".

Untuk membuat video Reels, pengguna cukup mengeklik tombol Reels, lalu klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Baca juga: Tahukah Anda Siapa Orang di Balik Instagram?

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, caption, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik "Next" di bagian bawah.

Video Reels dapat dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message. Pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private.

Jika memilih opsi "publik", video Reels bisa ditelusuri oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat di menu Explore.

Seperti halnya Instagram Stories, konten yang ditayangkan di Reels bakal hilang setelah 24 jam. Namun, pengguna bisa menyimpan Reels yang mereka buat dengan fitur Hightlights.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Like di Instagram

Cara membuat Instagram Music

Mengutip Kompas.com, Rabu (23/6/2021) fitur Instagram Music akan muncul ketika pengguna mengakses fitur Story dan membuka menu Sticker.

Fitur Music terletak pada menu Sticker, dan akan muncul setelah pengguna mengambil foto/video atau mengunggah gambar/video yang ada di galeri.

Untuk menambahkan Music ke Story, bidik kamera ke obyek yang diinginkan atau pilih foto/video yang sudah ada di galeri.

Kemudian usap sisi bawah layar ke atas, lalu pilih "Music". Akan Muncul beberapa judul lagu yang disediakan dengan durasi singkat.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Instagram Diluncurkan, Bagaimana Kisah Awalnya?

Pilih judul lagu yang Anda inginkan sebagai soundtrack. Jika sudah, muncul tampilan lirik beserta durasi potongan lagu yang akan dimunculkan dalam Instagram Story.

Pengguna dapat menyesuaikan lirik yang muncul dengan font yang diinginkan, atau bahkan menyembunyikan lirik agar tidak muncul di Instagram Story.

Untuk menyembunyikan lirik, usap ke kanan pada opsi lirik hingga menemukan dua ikon kotak. Ikon kotak pertama akan menampilkan sticker Music, sedangkan ikon kotak kedua akan menampilkan album art dari lagu yang dipilih. 

Jika sudah selesai, klik "Cerita Anda" atau "Your Story". Kini teman-teman Anda dapat melihat Instagram Story Anda yang telah dilengkapi dengan musik.

Baca juga: Pamer Slip Gaji di Instagram, Ini Harta Kekayaan Bupati Banjarnegara

(Sumber: Kompas.com/Conney Stephanie, Retia Kartika Dewi | Editor: Oik Yusuf, Rizal Setyo Nugroho) 

KOMPAS.com/Dhawam Pambudi Infografik: Sejarah Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi