Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Panggilan Tes Rekrutmen PLN Juni 2021, Lokasi di Yogyakarta

Baca di App
Lihat Foto
Facebook
Tangkapan layar hoaks undangan panggilan tes PLN Juni
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Beredar informasi adanya panggilan tes untuk peserta rekrutmen PLN yang lolos seleksi administrasi.

Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook Setiawan.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar.

Vice President Public Relation PLN Arsyadany G. Akmalaputri menyampaikan bahwa informasi panggilan tes rekrutmen resmi diumumkan di Aplikasi Rekrutmen Online PLN dan https://rekrutmen.pln.co.id/ 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Akun Facebook Setiawan membagikan tangkapan layar surat undangan panggilan tes rekrutmen umum PT PLN (Persero) Tingkat SMA/SMK, D-III, D-IV, dan S1 tahun 2021.

Dia mengaku mendapatkan surat tersebut dan membagikannya ke grup Facebook "INFO LOKER CIKARANG ( NEW )" karena ingin mencari orang yang juga mendapat panggilan serupa.

Akan tetapi lokasi tes berada di Yogyakarta. Dia membagikan tangkapan layar hanya pada halaman pertama, sementara halaman selanjutnya terpotong.

Undangan itu memberitahukan bahwa penerimanya dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan berhak mengikuti kegiatan tes dengan lokasi Kota Yogyakarta.

Adapun tes, akan dilaksanakan pada 25-26 Juni 2021 di Kantor PLN Kota Yogyakarta pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Ketentuan yang harus diperhatikan peserta adalah peserta hadir 60 menit sebelum jadwal yang ditentukan untuk keperluan administrasi. Bagi peserta yang terlambat akan dinyatakan gugur.

Peserta harus membawa print out surat undangan panggilan tes, pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 buah, dan KTP/SIM kartu identitas yang berlaku.

Peserta juga diwajibkan datang selama 2 hari sesuai jadwal yang dilampirkan. Daftar nama peserta dan lokasi dicantumkan di sana.

Sementara itu akun Facebook Setiawan menuliskan narasi berikut ini:

"barangkali ada yang dapet. cari barengan".

Konfirmasi Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com mengonfirmasi hal tersebut kepada Vice President Public Relation PLN Arsyadany G. Akmalaputri.

Dia menyampaikan bahwa informasi terkait undangan panggilan tes rekrutmen umum PT PLN (Persero) tersebut hoaks atau tidak benar.

"Hoaks. Panggilan tes rekrutmen diumumkan di Aplikasi Rekrutmen Online PLN dan https://rekrutmen.pln.co.id/," katanya pada Kompas.com, Minggu (27/6/2021).

Dari penelusuran Kompas.com, di laman tersebut pengumuman rekrutmen terakhir diterbitkan pada Februari 2020. Semua lamaran yang ada telah ditutup.

Arsyadany menjelaskan saat ada panggilan tes, pelamar harus login ke website https://rekrutmen.pln.co.id/ lalu cari info Panggilan Tes.

"Bila login gagal, pelamar tidak atau belum terdaftar sebagai pelamar yang sudah terverifikasi," imbuhnya.

Ketentuan lainnya saat benar-benar ada Panggilan Tes adalah pelamar hanya dapat mengikuti seluruh kegiatan tes di lokasi yang terdaftar.

Dia menambahkan bila pelamar menerima panggilan tes melalui email atau SMS, tetapi tidak ada panggilan tes PLN di aplikasi https://rekrutmen.pln.co.id/, pelamar wajib konfirmasi.

"PLN selalu mempublikasikan hasil tes di aplikasi rekrutmen online ini," tegasnya.

Untuk mengetahui apakah suatu informasi rekrutmen PLN benar atau tidak, Arsyadany mengatakan tandanya adalah permintaan untuk melakukan transfer dengan biaya tertentu, untuk membeli tiket, dan akomodasi perjalanan.

"Pelamar harus berhati-hati, karena PLN sama sekali tidak pernah bekerja sama dengan pihak travel agent mana pun terkait rekrutmen pegawai," ungkapnya.

Dia menyatakan pihak PLN tidak memungut biaya apapun dalam proses seleksi penerimaan pegawai.

Arsyadany berpesan agar para pelamar berhati-hati terhadap segala usaha dan bentuk penipuan yang mengatasnamakan PT PLN (Persero). Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman ini: https://rekrutmen.pln.co.id/.

Menurut penelusuran Kompas.com, hoaks ini merupakan hoaks berulang. Isi dari undangan rekrutmen kurang lebih sama. Adapun yang berbeda hanya lokasi dan waktu tes.

Sebelum ini Tim Cek Fakta Kompas.com telah mengidentifikasi undangan panggilan tes PLN palsu yang pelaksanaan tesnya 28-29 Maret 2021.

"Hoaks itu, kami sudah sering menemukan seperti ini, sudah kami share berkali-kali di medsos PT PLN," ujar Arsyadani dikutip Kompas.com, 26 Maret 2021.

Dia mengatakan dalam sebulan pihaknya bisa mendapat informasi serupa hingga dua kali.

Bulan ini juga ada panggilan tes serupa, seperti yang diunggah oleh akun Facebook Lioon di grup Facebook PLN [GROUP] pada 19 Juni.

Lokasi tes juga di Yogyakarta dengan waktu tes adalah 21-22 Juni 2021.

Kesimpulan

Informasi yang disebarkan akun Facebook Setiawan terkait undangan panggilan tes PLN adalah palsu atau hoaks.

PLN selalu mengumumkan mempublikasikan hasil tes di aplikasi rekrutmen online https://rekrutmen.pln.co.id/.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi