Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Selamat, Remy Sylado! Selamat, Kinipan!

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS/ CORNELIUS HELMY HERLAMBANG
Remy Sylado.
Editor: Heru Margianto

DENGAN para anggota baru pada 2021 di tengah kemelut masa pagebluk Corona alih-alih berakhir malah makin merajalela, Akademi Jakarta menganugerahkan penghargaan bagi Remy Sylado dan Masyarakat Adat Laman Kinipan.

Kebudayaan

Dari pidato pengantar penghargaan yang disampaikan oleh cendekiawan merangkap filosof, Karlina Supeli layak disimpulkan bahwa Remy Sylado bukan sekedar seorang seniman namun juga seorang budayawan dalam makna menyeluruh seperti para budayawan masa Bait Al Hikmah serta Renaissance yang merambah masuk ke berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Remy Sylado juga sangat menonjol dalam perhatian dan peduli mengoreksi kekeliruan-kekeliruan penggunaan bahasa karena pada hakikatnya putra terbaik Nusantara yang namanya terdiri dari lima nada 2-3-7-6-1 sejak lama saya kagumi sebagai seorang pemusik merangkap kelirumolog bahasa sejati.

Berdasar orasi kebudayaan Karlina Supeli, Pusat Studi Kelirumologi akan menganugerahkan gelar Mpu Kelirumologi Bahasa kepada Remy Sylado.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemanusiaan

Mengharukan bahwa pada 2021 Akademi Jakarta tidak hanya menganugerahkan penghargaan kebudayaan kepada Remy Sylado namun juga penghargaan kemanusiaan kepada Masyarakat Adat Laman Kinipan.

Berdasar orasi kemanusiaan Sang Pejuang Kemanusiaan, Sandyawan Sumardi, dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya Masyarakat Adat Laman Kinipan adalah para pejuang kemanusiaan yang sedang maju tak gentar rawe rawe rantas malang malang putung gigih berjuang membela kehadiran para masyarakat adat sebagai bagian melekat pada peradaban bangsa Indonesia di tengah kemelut angkara murka pelanggaran sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab serta Keadilan Sosial Untuk Seluruh Rakyat Indonesia sekaligus agenda pembangunan berkelanjutan yang telah disepakati para anggota PBB termasuk Indonesia sebagai pedoman pembangunan abad XXI.

Insya Allah, anugerah penghargaan kemanusiaan Akademi Jakarta 2021 kepada Masyarakat Adat Laman Karipan meletakkan kemanusiaan sebagai mahkota peradaban merupakan ajakan kepada para penguasa serta pelaksana program pembangunan infra struktur sebagai primadona pembangunan bangsa Indonesia masa kini untuk berkenan menatalaksana pembangunan infra struktur tanpa mengorbankan alam, rakyat miskin dan masyarakat adat sesuai makna adiluhur terkandung di dalam agenda pembangunan berkelanjutan serta Pancasila dan UUD 1945. Merdeka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi