Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernyataan Presiden soal Vaksinasi Anak-anak Usia 12-17 Tahun Segera Dimulai

Baca di App
Lihat Foto
SETPRES/AGUS SUPARTO
Presiden Joko Widodo meninjau program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/6/2021). Dalam peninjauannya, Jokowi mengatakan ia akan meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolro Listyi Sigit dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memasok vaksin sebanyak mungkin ke daerah.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun akan segera dimulai oleh Pemerintah.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pernyataan resminya di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/06/2021).

"Kita bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12-17 tahun, sehingga vaksinasi bagi anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai," kata Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI Setkab.go.id, Senin (28/06/2021).

Vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun ini segera dilakukan seiring turunnya izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Izin penggunaan darurat tersebut, yakni untuk vaksin Sinovac bagi kelompok usia 12-17 tahun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Vaksin Covid-19 untuk Anak 12-17 Tahun, Bio Farma: Masih Menunggu Izin

Program vaksinasi lampaui target

Presiden Joko Widodo mengatakan, program vaksinasi nasional telah mencapai 1,3 juta suntikan per hari pada Sabtu (26/06/2021) lalu.

Capaian ini disebut Presiden lebih cepat dari target yang sebelumnya ditetapkan, yakni satu juta suntikan per hari mulai bulan Juli 2021.

“Hal ini tercapai berkat kerja keras, berkat gotong royong semua pihak, terutama Kementerian Kesehatan, TNI-Polri, pemerintah daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu, serta masyarakat yang bersedia divaksin,” ujar dia.

Presiden meminta semua pihak meningkatkan angka suntikan vaksin agar dapat mencapai target satu juta vaksin per hari, bahkan dapat dilipatgandakan.

“Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target satu juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021, yaitu mencapai dua juta dosis per hari,” tegas dia.

Baca juga: Daftar di https://vaksin.loket.com untuk Dapat Vaksin Covid-19 Mulai 1 Juli 2021


Masih menunggu izin

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, PT Bio Farma mengajukan penggunaan vaksin Covid-19 untuk kelompok usia 12-17 tahun dengan vaksin Sinovac.

 

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma Bambang Heryanto.

"Iya vaksin Sinovac," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Pengajuan vaksin untuk kelompok usia 12-17 tahun ini telah disampaikan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan akan melalui tahap evaluasi.

Pengajuan penggunaan vaksin Sinovac untuk anak usia 12-17 tahun ini diajukan dengan nomor EREG 10040912100159.

Melalui Rapat Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid-19, pada Sabtu (26/6/2021), pengajuan ini akan melalui tahap evaluasi.

"Registrasi variasi penggunaan untuk anak tersebut masih berproses," kata Bambang. Sementara itu, izin penggunaannya masih menunggu hasil evaluasi dan keputusan dari BPOM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi