Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara yang Sudah Bebas Masker, Dari Amerika Serikat hingga Italia

Baca di App
Lihat Foto
AP PHOTO/ALESSANDRA TARANTINO
Pengunjung berdatangan ke taman hiburan Cinecitta World di pinggiran Roma, ibu kota Italia, pada hari pembukaannya kembali, Kamis (17/6/2021). Cinecitta World tutup sejak 25 Oktober 2020 saat Italia lockdown untuk kedua kalinya.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih belum berlalu. Namun di tengah gelombang Covid-19 yang masih melanda, sejumlah negara sudah mulai membebaskan warganya untuk beraktivitas tanpa masker.

Sejak Covid-19 mewabah pada awal tahun 2020 lalu, masyarakat di berbagai negara memang diwajibkan untuk beraktivitas dengan menggunakan masker. Hal itu bertujuan untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.

Sebut saja Australia yang kembali mewajibkan penggunaan masker serta memberlakukan lockdown di 4 kota terbesarnya. Ini dikarenakan adanya lonjakan kasus akibat penyebaran virus corona varian delta.

Baca juga: Palang Merah Internasional: Indonesia di Ambang Bencana Covid-19 Varian Delta

Kemudian ada Israel yang sekarang kembali mewajibkan penggunaan masker di tempat di dalam ruangan dan di pertemuan besar di luar ruangan. Padahal Israel merupakan negara pertama yang mencabut pembatasan Covid-19.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbeda dengan kedua negara tersebut, sejumlah negara lain kini telah membebaskan warganya untuk beraktivitas tanpa masker meskipun di beberapa negara virus corona varian delta telah menyebar.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir Khaleej Times, berikut adalah negara-negara yang telah bebas masker:

1. Amerika Serikat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada 13 Mei mengumumkan untuk mencabut aturan memakai masker bagi orang yang telah divaksin Covid-19.

"Siapa pun yang telah divaksinasi lengkap (2 dosis) dapat berpartisipasi dalam kegiatan di dalam dan di luar ruangan, besar atau kecil, tanpa memakai masker atau menjaga jarak fisik," kata Direktur CDC Rochelle Walensky.

2. Denmark

Pada 14 Juni, pemerintah Denmark mengumumkan bahwa masyarakat tidak perlu lagi memakai masker wajah, kecuali saat berdiri di angkutan umum. Langkah itu dilakukan di bawah kesepakatan untuk melonggarkan aturan lockdown, yang juga akan membuat negara itu bekerja untuk sepenuhnya menghapus aturan memakai masker dari 1 September.

3. Perancis

Mulai 17 Juni lalu masyarakat Perancis dibebaskan dari penggunaan masker secara terbatas. Hal itu dilakukan setelah pemerintah mengumumkan tindakan pencegahan terhadap pandemi Covid-19 tidak lagi wajib dilakukan di luar ruangan.

Perdana Menteri Perancis Jean Castex mengumumkan bahwa wajib memakai masker di luar ruangan akan dihapuskan, mengutip saran dari para ahli kesehatan masyarakat dan berkurangnya jumlah pasien Covid-19.

Namun, masker tetap harus dipakai di sebagian besar tempat kerja, di toko-toko, di transportasi umum, dan di ruang terbuka tempat yang banyak orang berkumpul, seperti di stadion.

Baca juga: Perbedaan Gejala Umum Covid-19 dengan Varian Delta

4. Yunani

Yunani mengakhiri persyaratan untuk memakai masker wajah di luar ruangan pada 24 Juni, serta melonggarkan pembatasan lain yang diberlakukan untuk mengekang pandemi Covid-19.

Dengan infeksi Covid-19 yang semakin berkurang, pihak berwenang mengatakan memakai masker wajah akan tetap wajib di dalam ruangan, tetapi tidak di luar ruangan, kecuali di tempat-tempat yang dipadati orang.

5. Islandia

Pada 26 Juni, tidak ada pembatasan Covid-19 yang berlaku di Islandia, kata situs web resmi negara untuk informasi tentang pandemi tersebut. Masker dan menjaga jarak sosial tidak lagi wajib.

Batasan jumlah orang yang diperbolehkan berkumpul juga telah dicabut. Negara di Eropa utara itu telah memerangi wabah Covid-19 dengan cukup baik melalui sistem pengujian dan penelusuran kasus Covid-19 yang ketat, serta dengan menerapkan tindakan lockdown beberapa kali dalam setahun terakhir untuk mengekang lonjakan infeksi

“Kami memulihkan kehidupan sosial yang biasa kami tinggalkan dan yang telah kami rindukan,” kata Menteri Kesehatan Svandís Svavarsdóttir pada Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Terlama di Dunia, Kakek di Inggris Positif Covid-19 Selama 10 Bulan

6. Spanyol

Mulai 26 Juni, orang Spanyol diizinkan untuk tidak memakai masker wajah mereka, sesuai aturan baru yang mengizinkan orang untuk keluar rumah tanpa masker, asalkan tetap menjaga jarak sosial 1,5 meter.

Kendati begitu, masyarakat tetap wajib untuk membawa masker wajah setiap saat, sehingga dapat dipakai dalam situasi di mana jarak sosial tidak dapat dijaga.

7. Italia

Seluruh Italia bebas masker pada 28 Juni. Ini menjadi pencapaian luar biasa dari negara yang terkena pandemi Covid-19 pada Februari 2020 itu.

"Ini hasil yang menggembirakan, tetapi kewaspadaan dan kehati-hatian masih diperlukan, terutama karena varian baru," kata Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza, setelah menandatangani peraturan baru, pada Sabtu (26/6/2021).

"Pertempuran belum dimenangkan," imbuhnya tentang pertempuran melawan pandemi Covid-19.

Baca juga: Dulu Terparah Kini Bebas Masker, Lihat Cara Italia Tangani Covid-19

8. Korea Selatan
Mereka yang divaksinasi dengan setidaknya satu suntikan Covid-19 di Korea Selatan diperbolehkan tidak memakai masker mereka di luar ruangan mulai Juli.

Dalam pernyataannya, Perdana Menteri Kim Boo-kyum juga mengatakan semua tindakan karantina akan disesuaikan setelah lebih dari 70 persen penduduk Korea Selatan menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

(Penulis: Shintaloka Pradita Sicca | Editor: Shintaloka Pradita Sicca)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi