Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

127 Formasi CPNS Kementerian BUMN 2021 untuk Lulusan S1

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Ilustrasi pengumuman formasi CPNS 2021.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - 127 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dibuka oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk lulusan S1.

Hal itu berdasarkan Pengumuman Nomor: PENG-01/PANSELCPNS.MBU/2021 Tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2021.

127 formasi CPNS Kementerian BUMN 2021 terdiri dari 107 formasi umum, 15 cumlaude, 3 disabilitas dan 2 putra atau putri Papua dan Papua Barat.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com, berikut ini rincian formasi CPNS 2021 Kementerian BUMN untuk lulusan S1:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara

66 formasi yang dibuka untuk mengisi posisi ini terdiri dari 55 formasi umum, 10 cumlaude, dan 1 putra atau putri Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Kementerian BUMN Buka 127 Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan S1

Nantinya peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di unit kerja wakil menteri I dan wakil menteri II.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Akuntansi / Manajemen / Ilmu Akuntansi /Akuntansi Keuangan / Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi /Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis /Manajemen Keuangan / Manajemen.

Selain itu juga lulusan Perbankan / Administrasi / Administrasi Bisnis / Administrasi Keuangan / Ilmu Administrasi / Teknik Industri / Teknologi Industri / Logistik / Teknik Logistik /Manajemen Logistik / Logistik Bisnis /Kewirausahaan / Hukum / Hukum Administrasi Negara.

Serta lulusan Hukum dan Tata Negara / Hukum Bisnis / Hukum Ekonomi /Ilmu Hukum / Hukum Perdata / Hukum Umum / Manajemen SDM / Manajemen Organisasi.

Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara

28 formasi yang dibuka untuk mengisi posisi ini terdiri dari 24 formasi umum, 3 cumlaude, dan 1 disabilitas.

Baca juga: BKN Buka 373 Formasi CPNS 2021 untuk D3 hingga S2, Cek Info Lengkapnya

Nantinya peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di unit kerja Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Akuntansi / Manajemen / Ilmu Akuntansi /Akuntansi Keuangan / Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi /Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis /Manajemen Keuangan.

Selain itu juga lulusan Manajemen Perbankan / Administrasi / Administrasi Bisnis / Administrasi Keuangan / Ilmu Administrasi / Teknik Industri / Teknologi Industri / Logistik / Teknik Logistik /Manajemen Logistik / Logistik Bisnis /Kewirausahaan / Hukum / Hukum Administrasi Negara.

Serta lulusan Hukum dan Tata Negara / Hukum Bisnis / Hukum Ekonomi /Ilmu Hukum / Hukum Perdata / Hukum Umum / Manajemen SDM / Manajemen Organisasi.

Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara

12 formasi yang dibuka untuk mengisi posisi ini terdiri dari 9 formasi umum, 1 cumlaude, 1 disabilitas, dan 1 putra atau putri Papua dan Papua Barat.

Baca juga: 5 Kementerian Ini Banyak Buka Formasi CPNS 2021 untuk Jenjang SMA-S1

Nantinya peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di unit kerja Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Akuntansi / Manajemen / Ilmu Akuntansi /Akuntansi Keuangan / Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi /Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis /Manajemen Keuangan.

Selain itu juga lulusan Manajemen Perbankan / Administrasi / Administrasi Bisnis / Administrasi Keuangan / Ilmu Administrasi / Teknik Industri / Teknologi Industri / Logistik / Teknik Logistik /Manajemen Logistik.

Serta Logistik Bisnis / Kewirausahaan / Hukum / Hukum Administrasi Negara / Hukum dan Tata Negara / Hukum Bisnis / Hukum Ekonomi /Ilmu Hukum / Hukum Perdata / Hukum Umum / Manajemen SDM / Manajemen Organisasi.

Ahli Pertama - Penata Kelola Perusahaan Negara

10 formasi yang dibuka untuk mengisi posisi ini terdiri dari 8 formasi umum, 1 cumlaude, dan 1 disabilitas.Nantinya peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan di unit kerja Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi.

Baca juga: 233 Formasi CPNS Kemendesa 2021, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya!

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Akuntansi / Manajemen / Ilmu Akuntansi /Akuntansi Keuangan / Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi /Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis /Manajemen Keuangan.

Selain itu juga lulusan Manajemen Perbankan / Administrasi / Administrasi Bisnis / Administrasi Keuangan / Ilmu Administrasi / Teknik Industri / Teknologi Industri / Logistik / Teknik Logistik /Manajemen Logistik / Logistik Bisnis.

Serta Kewirausahaan / Hukum / Hukum Administrasi Negara / Hukum dan Tata Negara / Hukum Bisnis / Hukum Ekonomi /Ilmu Hukum / Hukum Perdata / Hukum Umum / Manajemen SDM / Manajemen Organisasi.

Ahli Pertama - Analis Pengelolaan Keuangan APBN

4 formasi dibuka untuk mengisi posisi ini. Nantinya peserta yang lolos seleksi akan di tempatkan di unit kerja Sekertaris Kementerian BUMN.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Ekonomi / Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Bisnis / Ekonomi Pembangunan / Ekonomi Manajemen / Ekonomi Keuangan / Ilmu Ekonomi / Hukum / Hukum Bisnis / Ilmu Hukum / Akuntansi.

Baca juga: Simak Info Lengkap CPNS Kemenperin 2021, Ada 374 Formasi

Selain itu juga lulusan Manajemen / Ilmu Akuntansi / Akuntansi Keuangan /Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi / Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis / Manajemen Keuangan /Manajemen Perbankan / Administrasi.

Serta Administrasi Bisnis / Administrasi Keuangan/ Ilmu Administrasi / Administrasi Publik /Administrasi Negara / Manajemen dan Kebijakan Publik.

Ahli Pertama - Arsiparis

2 formasi dibuka untuk mengisi posisi ini. Nantinya peserta yang lolos seleksi akan di tempatkan di unit kerja Sekertaris Kementerian BUMN.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan D-IV Kearsipan/Ilmu Kearsipan/Arsiparis atau S1 jurusan Administrasi Negara / Ilmu Administrasi Negara / Kearsipan / Arsiparis / Sistem Informasi.

Serta Administrasi Publik / Ilmu Administrasi Publik / Ilmu Perpustakaan /Administrasi / Ilmu Administrasi / Ilmu Kearsipan / Manajemen / Ilmu Manajemen /Sekretaris / Manajemen dan Kebijakan Publik.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK Non-Guru 2021

Ahli Pertama - Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pertama

3 formasi dibuka untuk mengisi posisi ini. Nantinya peserta yang lolos seleksi akan di tempatkan di unit kerja Sekertaris Kementerian BUMN.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Ekonomi / Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Bisnis / Ekonomi Pembangunan / Ekonomi Manajemen / Ekonomi Keuangan.

Serta Ilmu Ekonomi / Hukum / Hukum Bisnis / Ilmu Hukum / Teknik Industri / Administrasi Publik / Administrasi Negara / Manajemen dan Kebijakan Publik.

Analis Keuangan

3 formasi dibuka untuk mengisi posisi ini. Nantinya peserta yang lolos seleksi akan di tempatkan di unit kerja Sekertaris Kementerian BUMN.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 jurusan Ekonomi / Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Bisnis / Ekonomi Pembangunan / Ekonomi Manajemen / Ekonomi Keuangan / Ilmu Ekonomi / Akuntansi / Manajemen.

Baca juga: Kominfo Buka 457 Formasi CPNS 2021, Simak Informasinya

Selain itu juga lulusan Ilmu Akuntansi / Akuntansi Keuangan /Akuntansi Manajemen / Sistem Informasi Akuntansi / Ilmu Manajemen / Manajemen Bisnis / Manajemen Keuangan /Manajemen Perbankan / Administrasi /Administrasi Bisnis.

Serta Administrasi Keuangan/ Ilmu Administrasi / Administrasi Publik / Ilmu Administrasi Publik / Administrasi Negara / Manajemen dan Kebijakan Publik.

Syarat Pelamar CPNS 2021 Kementerian BUMN

- Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) pada saat melamar.

- Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

Baca juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Buka 902 Formasi untuk Seleksi CPNS 2021, Ini Rinciannya

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Prajurit TNI, anggota POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

- Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, Prajurit TNI, atau anggota POLRI.

- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

- Tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi atau organisasi masyarakat yang dilarang Pemerintah.

- Memiliki kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

- Sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan dalam Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas setempat yang masih berlaku (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).

- Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya, yang dinyatakan dalam Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintahb atau Puskesmas setempat yang masih berlaku (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).

Sumber: KOMPAS.com (Akhdi Martin Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi