Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Bumi di Titik Aphelion Sebabkan Suhu Dingin di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Sutterstock/Vchal
Ilustrasi hoaks.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Unggahan terkait suhu dingin yang terjadi di Indonesia dan dikaitkan dengan fenomena Bumi yang tengah berada pada titik terjauhnya dari Matahari, atau di titik Aphelion, 6 Juli 2021, ramai di media sosial Facebook.

Disebutkan, akibat adanya Aphelion tersebut, suhu akan terasa lebih dingin pada pagi hari.

Kendati demikian, Lapan membantah adanya informasi tersebut. Aphelion disebutkan merupakan fenomena antariksa biasa tahunan, dan suhu dingin yang terjadi lebih karena alasan lainnya.

Narasi yang beredar

Salah satu netizen yang mengaitkan fenomena antariksa ini dengan kondisi suhu dingin yang terjadi adalah akun di grup Facebook PEMALI BREBES.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hari ini gaesssss... Selasa 06,07,2021 Bumi di titik terjauh dari matahari (aphelion) dan apa dampaknya ... Suhu akan terasa lebih dingin di pagi hari ..," tulis dia, Selasa (6/7/2021).

Hingga Selasa (6/7/2021) pukul 13.10 WIB, unggahan itu sudah disukai sebanyak 309 kali, mendapat 133 komentar, dan 19 kali dibagikan ulang.

Lihat Foto
Facebook
Tangkapan layar unggahan Facebook yang mengaitkan suhu dingin yang terjadi dengan fenomena Bumi ada di titik Aphelium
Klarifikasi Kompas.com

Terkait dengan fenomena Aphelion dan dampaknya terhadap suhu di permukaan Bumi, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan, Emanuel Sungging menjelaskan keduanya tidak memiliki korelasi secara langsung.

Suhu dingin yang saat ini terjadi bukan disebabkan karena fenomena Aphelion, namun lebih disebabkan alasan lain.

"(Bumi di titik Aphelion) Itu hanya fenomena tahunan biasa. Artinya, sudah setengah tahun perjalanan Bumi mengitari Matahari. Kalau suhu lebih karena dinamika atmosfer," kata Sungging, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (4/7/2021).

Sementara itu, dalam laman Edukasi Sains Antariksa Lapan, suhu dingin yang belakangan ini dirasakan terjadi pada pagi hari merupakan hal yang lumrah terjadi di musim kemarau.

Pada siang hari, permukaan Bumi menyerap cahaya Matahari dan melepaskan panas yang diserap itu pada malam harinya.

Semestinya, panas itu akan kembali dipantulkan ke permukaan Bumi oleh awan yang ada di atmosfer pada keesokan harinya.

Namun, di musim kemarau, tidak ada banyak awan yang menutup atmosfer, sehingga tidak ada panas yang kembali dipantulkan ke permukaan Bumi.

Selain diakibatkan musim kemarau dan tidak adanya awan di atmosfer, suhu dingin yang saat ini terjadi juga disebabkan oleh posisi Matahari yang sedang ada di belahan Bumi bagian Utara.

Hal itu menyebabkan belahan Bumi Utara memiliki tekanan udara yang lebih rendah, alhasil udara pun bergerak dari Selatan menuju Utara.

Udara dari Selatan membawa suhu dingin, mengingat Australia saat ini tengah ada di musim dingin.

Indonesia, khususnya Pulau Jawa, Bali, dan wilayah Nusa Tenggara akan dilewati oleh angin bersuhu rendah dari Australia ini, itulah mengapa suhu dingin terjadi.

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh Lapan, maka tidak benar suhu dingin yang saat ini banyak dirasakan terjadi di indonesia akibat posisi Bumi yang tengah berada di titik Aphelion.

Suhu dingin yang terjadi lebih dikarenakan Indonesia saat ini memasuki musim kemarau sehingga panas yang diserap dan disimpan oleh Bumi tidak kembali dipantulkan secara optimal, akibat tidak banyak awan yang terdapat di lapisan atmosfer.

Juga adanya angin dingin yang bertiup dari belahan Bumi Selatan ke belahan Bumi Utara dan melewati Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi