Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Alami Membasmi Kecoa di Rumah Tanpa Menyentuhnya

Baca di App
Lihat Foto
FREEPIK/JIGSAWSTOCKER
Ilustrasi kecoa.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Kecoak dianggap sebagai hewan yang kotor dan menjijikan. Hewan ini bukan cuma dapat menimbulkan aroma tidak sedap tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Banyak orang memilih untuk memukul atau menyemprot kecoak dengan semprotan serangga. Akan tetapi, bagi orang yang takut atau jijik dengan kecoak, cara tersebut dianggap tidak efektif karena masih harus menyentuhnya.

Jauh lebih baik untuk membuat kecoak tidak nyaman sehingga memilih pergi dari rumah. Cara ini juga efektif untuk mencegah kecoak lain masuk ke dalam rumah.

Dilansir dari Pulse melalui KOMPAS.com, berikut ini 10 cara alami membasmi kecoak di rumah tanpa menyentuhnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Silica gel

Cara alami membasmi kecoak di rumah tanpa menyentuhnya yang pertama bisa dengan memanfaatkan silica gel atau Desiccants.

Baca juga: Kecoa Terbang Sulit Dibasmi? Coba 5 Cara Ini

Bahan yang seringkali dibungkus kertas kecil ini sering dijumpai dalam kotak sepatu. Silica gel dapat menyerap kelembapan dan mengeringkan apapun yang bersentuhan dengannya.

Campurkan silica gel dan gula kemudian taburkan di area rumah yang sering dilewati kecoak.

2. Daun salam

Selain bisa menambah citarasa pada masakan, daun salam ternyata bisa mengusir kecoak dan serangga lainnya.

Hancurkan beberapa lembar daun salam kemudian taburkan di area yang sering dilewati kecoak, termasuk sudut rumah yang gelap.

3. Bunga krisan

Bunga yang memiliki aneka warna ini juga mampu membasmi Kecoak yang ada di rumah. Bunga krisan mengandung Pyrethrins, senyawa kimia yang dapat merusak sistem saraf serangga.

Baca juga: Benarkah Kecoa Bisa Selamat dari Nuklir?

Caranya, campurkan dua sendok makan bunga krisan kering yang telah dihaluskan dengan satu liter air panas. Tambahkan sedikit deterjen kemudian aduk hingga rata. Semprotkan ke area rumah yang sering dilewati kecoak.

4. Daun neem atau nimba

Daun neem digunakan sebagai obat tradisional di India dan beberapa negara Asia Selatan karena memiliki sifat penolak serangga.

Rebus daun neem selama 10 menit lalu dinginkan. Kemudian, semprotkan cairan hasil rebusan daun neem ke area yang banyak disinggahi kecoak.

5. Catnip

Tanaman ini sudah lama digunakan sebagai obat nyamuk alami. Catnip mengandung Nepetalactone, bahan kimia aktif yang dapat mengusir serangga tanpa membahayakan manusia dan hewan peliharaan.

Rebus daun catnip selama 10 menit lalu biarkan hingga dingin. Masukkan air rebusan daun catnip ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di sekitar rumah.

Baca juga: Mencegah Kecoa Menginvasi Rumah Kita

6. Petroleum jelly

Buat perangkap dari petroleum jelly dan gula yang dioleskan pada potongan karton. Kecoak akan tertarik kepada gula, sehingga ia akan menempel pada petroleum jelly.

Letakkan perangkap ini di tempat persembunyian kecoak. Akan tetapi, pastikan juga agar perangkap tidak bisa dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan.

7. Baking soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga sudah dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk membersihkan rumah.

Campurkan baking soda dengan gula, kemudian letakkan dalam mangkuk atau taburkan di area rumah yang sering dilewati kecoak. Gula akan menarik perhatian kecoak, lalu baking soda yang berperan melumpuhkannya.

8. Boraks

Boraks adalah pembersih alami yang disebut lebih efektif dibandingkan pembersih konvensional. Kandungan asam borat pada boraks bisa merusak lapisan sel usus kecoak.

Campurkan dua sendok makan boraks, dua cangkir gula, dan satu liter air. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Semprotkan ke area rumah yang menjadi tempat persembunyian kecoak.

Baca juga: Banyak Ditakuti, Seberapa Kuat Kecoa?

Selain dapat membasmi kecoak, larutan boraks juga bisa digunakan untuk mengusir semut.

9. Tanah diatom

Kecoak yang menyentuh atau memakan tanah diatom akan menjadi kering lalu mati. Campur bahan ini dengan gula untuk menarik perhatian kecoak.

Taburkan bahan ini di pintu rumah dan di area persembunyian kecoak. Selain kecoak, tanah diatom juga efektif membasmi kutu atau tungau.

10. Minyak atsiri

Kecoak membenci aroma peppermint, lavender, eucalyptus, dan minyak greentea. Pasalnya, deretan aroma tersebut dapat mengganggu dan menutupi jejak aroma yang digunakan kecoak untuk berburu makanan.

Teteskan minyak peppermint pada bola kapas, kemudian gunakan untuk mengelap tempat-tempat persembunyian kecoak atau jalan masuk ke rumah rumah.

Cara lainnya ialah dengan mencampur 15 tetes minyak peppermint dan 300 ml air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot lalu semprotkan di daerah yang gelap dan lembap.

Sumber: KOMPAS.com (Dian Reinis Kumampung/Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi