Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Malam Terasa Lebih Dingin di Pulau Jawa? Ini Penjelasan BMKG

Baca di App
Lihat Foto
Dokumentasi Sri Utami
Suhu di permukaan tanah Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 5 derajat celsius pada Rabu (16/9/2020) pagi. Suhu dingin ini kembali memunculkan fenomena embun upas atau embun es.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com- Belakangan ini, masyarakat mengeluhkan adanya suhu dingin di wilayah Pulau Jawa.

Keluhan mengenai suhu dingin ini disampaikan oleh netizen di media sosial.

Salah satu netizen yang mengeluhkan hal tersebut adalah akun @buckleybliss.

“Selama tinggal di jkt baru pertama kali hidup tanpa AC. Sejak kamis kmrn udah set suhu 32 ttp aja dingin bgt. Matiin aja lah. Hemat listrik,” tulis dia.

“Jatim musim dingin,” tulis akun @FAIL_SUTRISNO.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah netizen bahkan mengeluhkan mengenai kenapa hawa dingin yang terasa lebih dingin daripada saat musim hujan terjadi.

"Ada yang sadar ga sih bulan ini harusnya kita masuk musim kemarau tapi kenapa suhu udara lebih dingin melebihi saat musim hujan?" tulis akun @ebod_23

Lantas mengapa Jawa begitu dingin dan kenapa lebih dingin daripada musim penghujan?

Baca juga: Fenomena Bediding, Ini Wilayah yang Merasakan Suhu Lebih Dingin

Penjelasan BMKG

Terkait dengan hal tersebut, BMKG melalui akun media sosial resminya @infobmkg menjelaskan, fenomena suhu dingin di Jawa Timur merupakan fenomena alamiah.

“Fenomena suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau (Juli - September),” tulis BMKG dalam informasi media sosial resminya.

BMKG juga menjelaskan bahwa saat ini wilayah Jawa hingga NTT sedang menuju ke periode puncak musim kemarau yang pada periode ini ditandai oleh pergerakan angin yang bertiup dominan dari arah timur yang berasal dari Benua Australia.

Adapun angin tersebut membawa massa udara dingin dan kering karena Bulan Juli di wilayah Australia sedang mengalami musim dingin.

Pergerakan angin ini dikenal dengan sebutan Monsoon Dingin Australia.

Angin tersebut bertiup menuju wilayah Indonesia melewati Perairan Samudera Indonesia yang memiliki suhu permukaan laut yang juga relative dingin.

Akibatnya suhu di beberapa wilayah Indonesia terutama selatan katulistiwa (Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) juga terasa lebih dingin.

Baca juga: Penjelasan BMKG soal Fenomena Suhu Dingin di Indonesia

BMKG menambahkan, dalam beberapa hari terakhir awan dan hujan di wilayah Jawa, Bali, NTB dan NTT terlihat berkurang signifikan.

Berkurangnya awan dan hujan ini disertai dengan berkurangnya kandungan uap air di atmosfer.

Padahal secara fisis, uap air dan air merupakan zat yang cukup efektif dalam menyimpan energi panas.

Rendahnya kandungan uap di atmosfer ini kemudian menyebabkan energi radiasi yang dilepaskan oleh bumi ke luar angkasa pada malam hari tidak tersimpan di atmosfer dan energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu atmosfer di atmosfer lapisan dekat permukaan bumi tidak signifikan.

"Hal inilah yang menyebabkan suhu udara di Indonesia saat malam hari di musim kemarau relatif lebih rendah dibandingkan saat musim hujan atau peralihan," jelas BMKG

Selain itu kandungan air di dalam tanah menipis dan uap air di udara menjadi sangat sedikit jumlahnya yang dibuktikan dengan rendahnya kelembaban udara.

Selain itu hawa dingin juga dipengaruhi oleh posisi relative matahari.

Saat ini posisi relatif matahari sedang berada di belahan bumi utara (BBU) yang mana wilayah tropis di BBU menerima radiasi matahari yang relatif lebih besar dibanding wilayah belahan bumi selatan (BBS)

Akibatnya suhu udara rata-rata di BBS menjadi lebih rendah dibandingkan BBU

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi