Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Dapur Mini Tampak Lebih Luas

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/FIZKES
Ilustrasi dapur.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan dalam rumah yang paling penting. Di situlah, selain di ruang tengah, keluarga biasa berkumpul untuk memasak atau menyantap makanan bersama.

Ukuran dapur pada setiap rumah tentu berbeda-beda. Ada yang luas, ada pula yang kecil. Bagi pemilik dapur yang luas, tentu bisa lebih leluasa untuk menyimpan berbagai keperluan masak dan makan.

Akan tetapi, hal itu tidak bisa dilakukan oleh orang yang memiliki dapur dengan ukuran lebih kecil.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat dapur mini tampak lebih luas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Roohome melalui KOMPAS.com, berikut ini 5 cara membuat dapur mini tampak lebih luas.Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas

1. Strategi penataan

Ruangan yang sempit, termasuk dapur, akan tampak lebih luas bila ditata dengan baik. Buatlah strategi penataan ruangan kemudian tata setiap barang di dalamnya dengan rapi.

Dapur yang tertata dengan baik, bukan hanya tampak lebih luas, tapi juga memudahkan penggunanya saat mencari barang keperluan memasak atau menyantap makanan.

2. Pemilihan lantai

Jika dapur di rumah memiliki ukuran yang mini, cobalah untuk menggunakan lantai berpola kemudian tempatkan sejajar dengan panjang dapur.

Jika yang digunakan adalah ubin, letakkan secara diagonal agar dapur tampak lebih panjang.

Garis-garis pada lantai akan menciptakan ilusi optik, sehingga ukuran ruangan terlihat lebih tinggi, lebih lebar, lebih pendek, lebih ramping, dan sebagainya.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan Ini saat Mendesain Dapur

3. Pemilihan warna

Pemilihan warna yang tepat akan berpengaruh terhadap visual dan suasana dapur. Memilih warna favorit juga sangat penting agar pengguna lebih nyaman saat beraktivitas di dapur.

Sementara itu, untuk membuat dapur mini tampak lebih luas, gunakan satu atau dua warna dominan. Selain tampak lebih luas, dapur pun akan terlihat lebih terkoordinasi dengan baik.

4. Pencahayaan tepat

Pemilihan pencahayaan yang tepat akan membuat dapur mini tampak lebih luas. Gunakan tempat dan pencahayaan dekoratif agar suasana dapur menjadi lebih nyaman.

Memberikan pencahayaan untuk setiap titik aktivitas juga bisa menambah suasana menyenangkan di dapur. Misalnya, meletakkan pencahayaan di area memotong, mencuci piring, atau bahkan di atas alat masak.

Baca juga: 9 Kebiasaan dalam Dapur yang Bisa Memicu Penyakit

5. Pemilihan desain dan kabinet

Hindari penggunaan lemari besar untuk dapur berukuran mini. Selain membuat dapur menjadi lebih penuh, lemari besar juga akan membuat ruangan tersebut tampak lebih sempit.

Pilih desain lemari yang ringan dan berwarna cerah agar dapur tampak mewah dan terasa lebih luas. Selain itu, pilih kabinet bawah yang ramping dan kabinet atas yang lebih tinggi.

Sumber: KOMPAS.com (Dian Reinis Kumampung)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi