Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/MIRONOV VLADIMIR
Ilustrasi daging kambing mentah bagian kaki.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Seperti biasa, pada lebaran haji, masyarakat akan menerima sejumlah daging dari pihak yang berkurban, baik itu daging sapi, kerbau, domba, atau kambing.

Daging kurban itu nantinya bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang lezat. Akan tetapi, sebelum memasaknya, masyarakat harus tahu terlebih dahulu cara mengolahnya, khususnya daging kambing yang memiliki aroma prengus.

Bau prengus pada daging kambing berasal dari zat feromon. Zat ini lebih banyak dimiliki oleh kambing jantan ketimbang kambing betina.

Dilansir dari buku "Olahan Spesial Sapi dan Kambing" (2012) oleh OCTAVIYANTI SITOMPUL, RN Superchef terbitan Galang Press Media Utama melalui KOMPAS.com, berikut ini 10 cara menghilangkan bau prengus daging kambing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Jahe dan kunyit

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing yang pertama adalah dengan memasaknya menggunakan jahe atau kunyit.

Baca juga: Tips Olah Daging Kambing Agar Lunak dan Tak Bau Prengus

Kedua jenis rempah ini memiliki aroma tajam sehingga efektif untuk mengurangi bau prengus daging kambing.

Selain mengurangi bau prengus, jahe dan kunyit juga bisa membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

2. Lobak

Belum banyak yang tahu bahwa lobak bisa menghilangkan bau prengus daging kambing. Lobak mengandung kadar kolin yang rendah, sedangkan semakin tinggi kadar kolin akan menambah aroma tidak sedap pada daging.

Rebus daging kambing dan lobak secukupnya selama 30 menit. Setelah itu, daging kambing siap diolah menjadi beragam masakan Idul Adha.

3. Kacang hijau

Merebus daging kambing bersama kacang hijau juga membantu menghilangkan bau prengusnya.

Baca juga: Simak Manfaat dan Risiko Diet Karnivora, Cocok bagi Penyuka daging

Rebus 1 kilogram daging kambing dengan 5 gram kacang hijau selama 15 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Kini daging kambing siap diolah menjadi beragam masakan.

4. Cuka

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing.

Caranya, rebus 1 kilogram daging kambing bersama 50 gram cuka. Jika sudah, tiriskan daging sebelum dimasak menjadi santapan lezat Idul Adha.

5. Jeruk nipis

Mungkin sudah banyak yang tahu, melumuri daging kambing dengan jeruk nipis atau jeruk limau dapat mengurangi bau prengusnya.

Caranya sangat mudah, marinasi atau lumuri permukaan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis, kemudian diamkan selama 30-60 menit.

Baca juga: Jangan Asal Konsumsi, Cermati Ciri Daging Ayam yang Sudah Tak Layak Makan

6. Jangan mencuci daging kambing mentah

Mencuci daging kambing mentah berpotensi memicu aroma prengus semakin tajam. Sebagai gantinya, masukkan daging kambing langsung ke air mendidih.

Setelah mengeluarkan banyak buih, angkat daging kambing lalu tiriskan. Proses ini akan membuat bau dan kotoran daging kambing menjadi hilang.

7. Buang lemak pada daging kambing

Bau prengus pada daging kambing juga bisa dihilangkan dengan membuang lemaknya terlebih dahulu.

Buang lemak yang berbentuk gumpalan tebal pada daging. Supaya lebih mudah menghilangkan lemaknya, bekukan dulu daging kambing di dalam freezer.

8. Garam

Bumbu dapur ini juga berguna untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Garam juga bisa menyerap aroma darah yang tersisa pada daging.

Baca juga: Jangan Mengonsumsi Daging Ayam Setiap Hari, Ini Bahayanya

Caranya, taburi permukaan daging dengan garam, kemudian diamkan selama 60 menit. Jika sudah, bersihkan daging kambing menggunakan air dingin sebelum diolah menjadi masakan.

9. Nanas

Tak disangka, buah nanas bisa meredam bau prengus pada daging kambing. Caranya, rendam atau masukkan daging ke dalam parutan nanas selama 10-30 menit.

Pastikan proses ini berlangsung tidak terlalu lama, sebab daging kambing bisa hancur jika terlalu lama direndam dalam parutan nanas.

10. Daun pepaya

Daun pepaya juga bisa menghilangkan bau prengus daging kambing. Caranya, bungkus daging kambing dengan daun pepaya selama beberapa saat sebelum dimasak.

Selain bisa menghilangkan bau prengus, cara ini juga bisa membantu membuat daging lebih empuk.

Sumber: KOMPAS.com (Yana Gabriella Wijaya/Yuharrani Aisyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi