Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Jutaan Rupiah, Ini Fakta Obat Tocilizumab untuk Lawan Covid-19

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/FunKey Factory
Ilustrasi pasien Covid-19.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com – Salah satu obat Covid-19 yang tengah banyak diperbincangkan adalah Tocilizumab yang dijual dengan merk dagang Actemra.

Obat yang dijual dengan harga jutaan rupiah ini tidak diberikan pada semua pasien Covid19. Hanya pasien dalam kondisi kritis yang bisa mendapatkan perawatan dengan obat ini.

Selengkapnya, berikut adalah fakta-fakta seputar obat Tocilizumab untuk lawan Covid-19:

1. Fungsi obatTocilizumab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, Tocilizumab adalah obat antibodi monoklonal dan merupakan anti interleukin 6.

Interleukin 6 adalah sitokin protein yang berperan sebagai mediator utama inflamasi dan respons imun berlebihan yang menyebabkan pandangan hebat dalam tubuh yang dikenal dengan istilah badai sitokin.

“Terutama pada pasien Covid-19 yang berat, biasanya terjadi badai sitokin, dan sitokin itu ada berbagai macam, salah satunya yang sering muncul adalah interleukin 6,” ujar Prof. Zullies, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Jumat, 2 Juli 2021.

Baca juga: Apa Itu Tocilizumab? Obat Covid-19 yang Harganya Capai Jutaan Rupiah

Prof. Zullies mengatakan, Tocilizumab biasanya digunakan pada pasien yang mengalami penyakit rheumatoid arthritis, yakni penyakit autoimun yang menyerang persendian.

Obat tersebut berfungsi untuk menekan interleukin 6 yang jumlahnya cukup besar pada penyakit rheumatoid arthritis.

Pada pasien Covid-19, terutama yang mengalami gejala parah, biasanya akan mengalami badai sitokin akibat jumlah interleukin 6 yang meningkat.

“Makanya, para ahli mencoba untuk menekan interleukin 6 dengan Tocilizumab tersebut, yakni obat antibodi monoklonal,” katanya.

2. Harga obat Tocilizumab

Obat Tocilizumab dijual dengan harga yang cukup mahal. Harga obat ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Baca juga: 3 Fakta Actemra, Obat untuk Pasien Covid-19 Rekomendasi WHO

Menurut Prof. Zullies, Tocilizumab dibanderol dengan harga mahal karena pengembangannya menggunakan teknologi yang tidak digunakan pada produksi obat lainnya.

“Obat ini istilahnya adalah biological agent atau agen biologi. Jadi, bukan senyawa kimia biasa seperti kita bikin paracetamol,” jelas Prof. Zullies.

Pembuatan obat Tocilizumab juga tergolong sangat sulit sehingga tak heran jika sebagian besar obat ini masih dikirim dari negara lain.

3. Tidak dijual bebas

Selain mahal, obat Tocilizumab juga tidak dijual bebas di apotek atau toko obat. Prof. Zullies mengatakan, obat Tocilizumab hanya tersedia di apotek di rumah sakit.

Cara menyimpan obat Tocilizumab tidak bisa sembarangan. Ia harus disimpan pada suhu tertentu, tidak seperti jenis obat lainnya.

Baca juga: Apa Itu Obat Actemra untuk Pasien Covid-19? Simak Penjelasan Ahli

Untuk mendapatkan obat ini, pasien harus memperoleh resep dari dokter. Dokter pun hanya akan memberikan Tocilizumab untuk pasien yang kritis.

“Karena untuk pasien Covid-19 dengan sakit yang ringan, obat Tocilizumab tidak perlu diberikan. Selain mahal, kondisi pasien dengan sakit ringan juga tidak menunjukkan badai sitokin,” kata Prof. Zullies.

Sumber: KOMPAS.com (Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi