Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Nasi Cepat Basi di Rice Cooker

Baca di App
Lihat Foto
FREEPIK/XB100
Ilustrasi nasi putih.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Membiarkan nasi menjadi basi tentu bukan sesuatu yang baik. Nasi yang seharusnya bisa dimakan, jadi harus terbuang atau diolah untuk fungsi lainnya.

Ada beberapa penyebab nasi cepat basi, yang mungkin dilakukan tanpa sadar. Dilansir dari Sajian Sedap melalui KOMPAS.com, berikut ini 7 penyebab nasi cepat basi di rice cooker.

1. Ada komponen rice cooker yang rusak

Penyebab nasi cepat basi di rice cooker yang pertama adalah adanya komponen rice cooker yang rusak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coba periksa karet pada bagian tutup dan kabel listrik rice cooker. Dua komponen itu menjadi bagian yang paling sering bermasalah.

Selain itu, bisa juga karena rice cooker sudah menurun kualitasnya sehingga tidak bisa memasak atau menghangatkan nasi dengan sempurna.

Baca juga: 7 Penyebab Nasi Cepat Basi, Jangan Lupa Cek Rice Cooker

Cara mengatasinya, coba bawa ke tempat servis atau menggantinya dengan rice cooker baru.

2. Tempat menanak nasi tidak bersih

Nasi cepat basi bisa juga disebabkan oleh tempat penanak nasi yang tidak bersih. Rendam penanak nasi selama 10 menit dengan air agar nasi sisa sebelumnya rontok. Bilas sampai bersih dengan air mengalir.

Hindari mencuci tempat penanak nasi menggunakan sabun. Sabun cuci piring yang tersisa di tempat penanak nasi karena pembilasan yang kurang bersih, juga bisa menyebabkan nasi cepat basi.

3. Centong nasi tidak bersih

Centong nasi yang kotor juga bisa menjadi penyebab nasi cepat basi. Jadi, pastikan centong yang digunakan untuk mengambil nasi sudah bersih agar nasi di rice cooker lebih tahan lama.

4. Proses memanaskan nasi kurang sempurna

Proses memanaskan makanan apapun harus dilakukan dengan sempurna. Begitu juga dengan nasi, proses memanaskan harus sampai ke dalam. Jika tidak, nasi menjadi lebih cepat basi.

Baca juga: Nasi Padang Porsinya Lebih Banyak saat Dibungkus? Ini Penjelasannya

5. Nasi terkena uap rice cooker

Nasi basah menjadi salah satu penyebab yang paling sering membuat nasi cepat basi. Lalu apa penyebab nasi menjadi basah? Jawabannya, embun dari uap nasi itu sendiri.

Biasanya kondisi itu terjadi karena rice cooker tidak dibuka setelah nasi sudah matang. Oleh karena itu, buka rice cooker sesaat setelah nasi matang agar uap hasil proses pemasakan dapat keluar, sehingga nasi lebih kering dan awet.

6. Tidak ditanakkan terlebih dahulu

Saat nasi telah matang, tombol rice cooker akan berpindah dari cooking ke warm. Memang itu artinya nasi sudah matang, namun sebaiknya jangan langsung menyantap nasi itu.

Nasi yang baru saja matang belum tanak sempurna, sehingga kondisinya masih sangat basah. Sebaiknya, Nasi dikonsumsi 10 menit setelah matang.

Baca juga: Jangan Dibuang, Nasi Basi Bisa Digunakan untuk Pupuk Tanaman!

7. Terlalu banyak air

Salah satu penyebab nasi cepat basi adalah jenis beras dan takaran air saat memasaknya. Anjuran takaran air yang diberikan orang tua selama ini terbukti benar, yaitu takaran air untuk memasak nasi harus setinggi satu buku jari dari permukaan beras.

Sumber: KOMPAS.com (Silvita Agmasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi