Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Potongan Video Berita Kompas TV Bernarasi Vaksin Covid Palsu

Baca di App
Lihat Foto
tangkapan layar Hoaks
hoaks vaksin palsu
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com – Sebuah potongan video pemberitaan menyebut adanya vaksin palsu Covid-19 di sejumlah rumah sakit, beredar di media sosial.

Potongan video berita Kompas TV itu menyebut, terdapat 14 rumah sakit yang positif menggunakan vaksin palsu.

Dari penelusuran Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Potongan video itu adalah pemberitaan dari Kompas TV terkait pengungkapan Vaksin Palsu untuk Balita pada 2016, bukan vaksin Covid-19 palsu sebagaimana hoaks yang beredar di media sosial.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Potongan video yang disebut sebagai pemberitaan vaksin Covid-19 palsu di sejumlah rumah sakit itu, beredar di media sosial.

Pada video yang menyebar itu disertai narasi sebagai berikut:

“Saudara seperti yang diungkapkan Kementerian Kesehatan Kamis kemarin, sejauh ini ada 14 rumah sakit yang positif menggunakan vaksin palsu,” 

Dalam informasi yang menyebar terlihat video merupakan potongan dari pemberitaan Kompas TV ketika masih menggunakan logo lama.

Adapun potongan video tersebut, disebar disertai sejumlah narasi yang mengatakan bahwa pemberitaan itu merupakan pemberitaan terkait adanya rumah sakit-rumah sakit yang disebut menggunakan vaksin palsu Covid-19.

Konfirmasi Kompas.com

Terkait dengan beredarnya informasi vaksin Covid palsu di 14 rumah sakit yang menggunakan potongan pemberitaan video Kompas TV, pihak Kompas TV menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Kompas TV dalam rilis resminya menyampaikan bahwa video yang beredar di media sosial tersebut adalah berita lama sebelum pandemi muncul.

“Video tersebut merupakan video milik KompasTV yang menyiarkan informasi tentang pengungkapan Vaksin Palsu untuk Balita di tahun 2016,” demikian tulis Kompas TV dalam keterangannya.

Adapun versi asli video tersebut bisa disaksikan dalam video Youtube  Kompas TV tahun 2016 dalam link berikut.

“Video yang telah beredar di masyarakat, telah diedit oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan narasi ‘Vaksin Covid Palsu’” ujar Kompas TV lebih lanjut.

Masyarakat diimbau untuk berhati hati dengan informasi yang diterima, dan selalu memastikan untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Dari konfirmasi yang dilakukan Kompas.com informasi mengenai adanya video pemberitaan Kompas TV mengenai adanya vaksin palsu di 14 rumah sakit tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Potongan video itu adalah pemberitaan dari Kompas TV terkait pengungkapan Vaksin Palsu untuk Balita pada 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi