Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Pelatihan Bahasa Korea Gratis Dibuka, Ini Syarat Ketentuannya

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi beasiswa
|
Editor: Maya Citra Rosa

KOMPAS.com - Sejak tahun 1993, Korea Foundation telah membuka program Fellowship for Korea Languange Training atau kursus bahasa Korea.

Tahun ini Korea Foundation juga kembali membuka program beasiswa pelatihan bahasa Korea melalui Fellowship for Korean Languange Training (KLT) 2021.

Dilansir dari Kompas.com, melalui laman resmi Korea Foundation mengumumkan pembukaan program program pelatihan bahasa Korea untuk tahun 2022.

Semua pendaftar steidaknya harus bisa mengerti dan berbicara bahasa Korea Dasar. Pendaftaran akan dibuka hingga 31 Agustus 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut ini syarat dan ketentuan pendaftaran Fellowship KLT:

Baca juga: Beasiswa BCA 2022, Kuliah Teknik Informatika Gratis bagi Lulusan SMA-SMK

Syarat pendaftaran

Kesempatan beasiswa KLT tersebut diberikan kepada siapapun yang mengambil jurusan studi Korea (humaniora, ilmu sosial, dan seni & budaya) atau sedang terlibat dalam penelitian terkait Korea.

Selain itu bagi mereka yang bekerja di bidang terkait Korea dan sesuai dengan salah satu profil ketentuan, pendaftar dapat mengikuti program KLT.

Berikut ini syarat kriteria pendaftar:

1. Mahasiswa minimal tahun ketiga (minimal semester 5)/ Lulusan S1 yang sedang/telah mengambil jurusan studi Korea atau bahasa Korea.

2. Mahasiswa pascasarjana (Master/PhD) yang menempuh jurusan/bidang studi yang berkaitan dengan Korea, serta rencana penelitian dengan topik berkaitan mengenai Korea.

3. Peneliti dosen/profesor universitas yang sedang mengajar mata kuliah berhubungan dengan Korea atau sedang meneliti hal-hal yang berhubungan dengan Korea di universitas atau institusi penelitian (pemerintah, nirlaba atau milik pemerintah), atau mereka yang mengajar bahasa Korea di lembaga pendidikan tinggi.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

4. Profesional yang terlibat dalam aktivitas/pekerjaan yang berkaitan dengan Korea (kurator galeri museum Korea, pustakawan studi Korea di universitas, jurnalis yang menangani urusan terkini di Korea dan lainnya).

5.Mantan Diplomat yang telah menyelesaikan program KF Korean Language and Culture Program for Diplomats serta ingin mengambil lebih banyak kursus yang berfokus pada pelatihan bahasa.

Laman pendaftaran

Syarat dan ketentuan lengkap dan link pendaftaran dapat diakses melalui laman https://apply.kf.or.kr/main.nkf paling lambat 31 Agustus 2021.

Baca juga: LPDP Buka Beasiswa Tahap 2, Ini Jadwal dan Syaratnya

Durasi beasiswa

Program akan dimulai pada bulan Maret atau Septermber 2022.

Fellowship KLT ini akan berlangsung minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun. Namun apabila penerima beasiswa memiliki nilai yang memuaskan, durasi penerimaan beasiswa akan diperpanjang hingga 2-3 bulan (maksimal 12 bulan).

Cakupan beasiswa

Fellowship mencakup beberapa tunjangan selama periode pelatihan berlangsung, antara lain:

1. Uang sekolah dan biaya lembaga pendidikan.

2. Tunjangan hidup (dibayar setiap bulan).
Tunjangan tersebut dibagi untuk Sarjana, pemegang gelar BA atau MA atau individu dengan kurang dari tiga tahun pengalaman karir terkait akan mendapatkan KRW 1.000.000 atau sekitar Rp.12,6 juta per bulan.

Sementara kandidat PhD dan mereka yang memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman karier terkait mendapatkan KRW 1,200,000 atau sekitar Rp 15,1 juta per bulan.

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli 2021 bagi Mahasiswa S1: Biaya Pendidikan dan Uang Saku

3. Tunjangan perjalanan KRW 300.000 atau sekitar Rp 3,7 juta (manfaat satu kali). Namun, tiket pesawat tidak didukung.

4. Asuransi kesehatan (asuransi kecelakaan dan kesehatan yang disediakan oleh perusahaan asuransi Korea).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi