Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Saatnya Anda Mulai Curiga Pasangan Selingkuh dengan Rekan Kerja?

Baca di App
Lihat Foto
PEXELS/Ketut Subiyanto
Ilustrasi
|
Editor: Artika Rachmi Farmita

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, netizen ramai memperbincangkan soal perselingkuhan yang ditengarai dilakukan antara pramugara dengan rekan kerja di sebuah maskapai penerbangan.

Video yang viral di media sosial itu direkam oleh sang istri yang memergoki suaminya sedang bersama wanita lain dalam sebuah rumah. Wanita yang juga awak kabin tempat keduanya bekerja, tampak bersembunyi di balik pintu kamar.

Rasanya kita sering mendengar kisah perselingkuhan dalam perkantoran. Anda mungkin bertanya-tanya, apakah perselingkuhan dengan rekan kerja adalah sesuatu yang sering terjadi?

Lebih dari separuh pekerja punya selingkuhan

Ternyata, perselingkuhan di kantor memang sering terjadi. Menurut psikoterapis, pakar hubungan, dan penulis buku the Relationship Paradigm, Neil Wilkie, kenyataan ini mungkin hanya puncak dari sebuah gunung es.

Data yang dilansir Metro menunjukkan bahwa 65 persen pekerja memiliki relasi dengan seseorang di tempat kerjanya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Berawal dari Tuduhan Selingkuh, Pria Ini Aniaya Istri hingga Tewas

 

Dari angka itu, hanya 19 persen responden yang mengakui perselingkuhannya.

Sementara 44 persen lainnya menyatakan mereka tahu beberapa rekan kerja yang berselingkuh saat kerja atau ketika menjalani perjalanan bisnis.

 

Ada beberapa alasan mengapa perselingkuhan di tempat kerja acapkali terjadi. Alasan utama yang paling memungkinkan, karena seseorang cenderung menghabiskan sejumlah waktu bersama rekan kerja.

"Itulah mengapa, perselingkuhan dengan rekan kerja tak terhindarkan bagi sebagian orang," kata pakar hubungan dan seks dari situs yang membahas tentang perselingkuhan, IllicitEncounters, Jessica Leoni.

Belum lagi anggapan bahwa bekerja adalah salah satu cara untuk kabur dari permasalahan di rumah. Membuka percakapan tentang masalah rumah tangga dengan rekan kerja dapat memantik ikatan spesial tersebut.

"Perselingkuhan di tempat kerja bisa dimulai dengan godaan polos, seperti ketika membuat kopi bersama, menjadi sesuatu yang lebih besar," kata dia.

Tanda-tanda pasangan selingkuh dengan rekan kerja

Terdapat beberapa tanda pasangan kemungkinan berselingkuh dengan rekan kerjanya. Berikut daftarnya, seperti dilansir Metro dari Jessica dan pakar lainnya, yakni psikoterapis, pakar hubungan, dan penulis buku "the Relationship Paradigm", Neil Wilkie dan pelatih kencan Hayley Quinn:

Baca juga: 3 Alasan Selingkuh Menurut Sains, Stres hingga Urusan Seksual

1. Jam kerja yang lebih panjang

Maksudnya, jam kerja ini di luar kewajiban bekerja lembur. Menurut Jessica, Anda boleh mulai curiga jika pasangan bekerja dalam waktu panjang di hari-hari secara acak, terutama akhir pekan. Misalnya tiba-tiba mengatakan harus pergi ke kantor atau tak bisa dihubungi ketika jam makan siang.

2. Sering keluar untuk hang-out

Terhubung secara sosial dengan rekan-rekan kerja di luar jam kerja adalah hal yang baik dan dapar menguatkan relasi. Namun, jika pasangan kita selalu memilih di luar daripada bersama kita, terutama jika Anda tak pernah diundang untuk ikut ke acara kumpul-kumpul tersebut.

3. Sering keluar untuk rapat

Kita tentu tahu kapan pasangan kita berperilaku normal dan kapan tidak, termasuk jika berkaitan dengan urusan kantor. Apakah pasangan kita tiba-tiba harus pergi ke luar kota untuk urusan kerja atau lembur padahal sebelumnya tak pernah? Apakah dia tiba-tiba sering keluar untuk pergi rapat sampai kita berpikir kapan mereka benar-benar bekerja? Perubahan itu tak selalu mengarah pada perselingkuhan namun dapat mengundang tanda tanya.

Baca juga: 4 Cara Memata-matai Kekasih yang Dicurigai Selingkuh

4. Selalu menyebut rekan kerjanya

Manusia memang aneh. Sebagian orang yang berselingkuh dengan rekan kerja malah sering menyebut tentang sosok itu ketika berbincang dengan pasangan resminya.

"Jika pasangan kita mulai membicarakan tentang seseorang di tempat kerjanya yang sangat akrab, itu bisa jadi tanda bahwa dia sedang menyukai seseorang dan mungkin membangun perasaan terhadap orang tersebut di kemudian hari," kata Jessica.

5. Terkesan menyembunyikan sesuatu

Apakah pasangan kita lebih sering asyik dengan ponselnya daripada ngobrol dengan kita di waktu luangnya? Bisa jadi itu tandanya ada yang dia sembunyikan dari Anda.

6. Lebih memerhatikan penampilan

Salah satu tanda awal pasangan selingkuh dengan rekan kerja adalah ia terlihat lebih memerhatikan penampilannya ketimbang biasanya. Ini adalah tanda pasti bahwa pasangan kita sedang mencoba membuat seseorang kagum.

7. Menarik diri, termasuk urusan seks

Menurut Hayley, beberapa pelaku perselingkuhan mencoba menarik diri. Ada pula yang mungkin mencoba memperbaiki hubungan dengan pasangannya lewat gestur-gestur tak terduga, bahkan balik menuding pasangannya selingkuh jika dikonfirmasi.

Sementara itu, Neil mengatakan, perubahan juga bisa ditandai oleh perilaku seksual. Entah keintiman menjadi lebih sedikit atau malah lebih banyak.

Sumber: Kompas.com (editor: Nabilla Tashandra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi