Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal Ini Bisa Membuat Kucing Peliharaan Pergi dari Rumah

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi kucing peliharaan.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan yang sering dijadikan peliharaan di rumah. Sifatnya yang jinak dan tak jarang menggemaskan menjadi sebab kucing kerap dijadikan peliharaan di rumah.

Namun sayangnya, kucing peliharaan bisa saja tiba-tiba menghilang atau pergi dari rumah yang mana hal itu bisa dipengaruhi oleh beberapa penyebab.

Melansir Kompas.com, Sabtu, (24/7/2021) yang mengutip kanal Youtube X Science, setidaknya ada 6 hal yang membuat kucing peliharaan pergi dari rumah secara tiba-tiba, apa saja? Berikut daftarnya:

Baca juga: 10 Ras Kucing Bertubuh Besar, tapi Ramah dan Penyayang

1. Stres
Seperti halnya manusia, hewan pun bisa juga mengalami stres tak terkecuali kucing. Stres bisa menyebabkan kucing meninggalkan rumah pemiliknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa faktor yang bisa memicu stres pada kucing antara lain lingkungan yang berisik, atau ada kucing lain di lingkungannya yang membuat kucing peliharaanmu tidak suka.

Jika kamu memelihara seekor kucing, penting untuk mengetahui tanda-tanda kucing mengalami stres. Tanda-tanda kucing mengalami stres antara lain bersikap lebih agresif kepada hewan lain, bahkan bisa ke pemiliknya sendiri.

Selain itu, ada juga kucing yang malah bersembunyi saat stres. Kalau sudah bersembunyi, biasanya kucing juga tidak mau makan. Jika sudah mengalami fase ini, maka biasanya kucing akan tiba-tiba pergi dari rumah.

2. Persaingan dengan kucing lain

Kucing jantan mempunyai wilayah teritorial sendiri, yang mana mereka akan menandai wilayahnya menggunakan air seninya. Jika ada kucing lain yang mendekati wilayah kucing peliharaanmu, maka mereka akan berkelahi.

jika kucing peliharaanmu kalah saat berkelahi, maka ia akan pergi sebagai bentuk konsekuensi dari perkelahian. Untuk menghindari hal tersebut, biasanya dokter hewan menyarankan untuk melakukan sterilisasi.

Dengan melakukan sterilisasi, kucing jantan akan bersikap lebih tenang dan jarang atau bahkan tidak berkelahi lagi. Selain itu, sterilisasi juga dapat membuat kucing jadi lebih sehat.

Baca juga: Isolasi Mandiri di Rumah, Bagaimana Agar Kucing Tak Tertular Covid-19?

3. Mencari kucing betina

Untuk yang satu ini biasa terjadi jika kamu memelihara kucing jantan. Ketika birahinya naik dan butuh kucing betina, maka hasrat birahi kucing jantan akan membimbingnya pergi dari rumah untuk mencari betina dan kawin.

Hal ini juga menjadi faktor paling umum dari kucing jantan meninggalkan rumah. Kucing jantan bisa pergi berhari-hari untuk mencari betina, dan baru akan kembali ketika tujuannya sudah tercapai.

4. Sakit parah

Jika kucing peliharaanmu tiba-tiba pergi dan menghilang dari rumah, bisa jadi karena sedang mengalami sakit parah.

Ketika dalam kondisi sakit parah atau bahkan sekarat, biasanya kucing akan menghilangkan jejaknya. Kucing liar biasanya mencari tempat di balik semak-semak, di dalam got kering, atau celah-celah sempit lainnya.

Sedangkan kucing yang dipelihara di dalam rumah akan mencari sudut-sudut rumah yang jarang didatangi orang, seperti sudut gudang, kolong tempat tidur, kolong kursi, bahkan di dalam lemari.

5. Merasa bosan

Kucing juga bisa merasa bosan. Hal itu bisa terjadi jika kucing peliharaanmu sering ditinggalkan sendiri di dalam rumah, atau jarang diajak untuk bermain

Saat kucing peliharaanmu merasa bosan di dalam rumah, dia akan berusaha sekuat mungkin untuk pergi dan berharap mendapatkan kesenangan atau suasana baru di luar rumah.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena bila kebosanan menjadi motif yang membuat kucing peliharaanmu pergi dari rumahmu, biasanya kucing akan kembali dengan sendirinya.

Baca juga: Jangan Dipotong, Ini Fungsi Penting Kumis pada Kucing

6. Tidak dirawat dengan baik

Penyebab terakhir kucing peliharaan bisa pergi dari rumah adalah karena tidak dirawat dan diperlakukan dengan baik oleh pemiliknya.

Jika tidak diperlakukan dengan baik, seperti jarang diberi makan, jarang diajak bermain, atau sering ditinggalkan, seekor kucing akan pergi dari rumah pemiliknya.

Oleh karena itu, rawatlah kucing peliharaanmu dengan baik. Jangan lupa pula untuk menunjukkan rasa sayangmu dengan cara mengelus mereka.

(Sumber:Kompas.com/Abdul Haris Maulana | Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi