Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara yang Bantu Indonesia Saat Kasus Covid-19 Melonjak

Baca di App
Lihat Foto
PEXELS/ANNA SHVETS
Ilustrasi Covid-19, pandemi virus corona, pandemi Covid-19.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Indonesia melonjak dalam beberapa minggu terakhir. Jumlah penduduk yang terkonfirmasi positif virus Corona meningkat, sebagian di antaranya berhasil sembuh, namun tak sedikit juga yang tak tertolong.

Fasilitas kesehatan nyaris "ambruk", bila tidak bisa dikatakan collapse. Rumah sakit tak mampu lagi menampung pasien, banyak tenaga kesehatan ikut terinfeksi Covid-19, kelangkaan oksigen, dan berbagai masalah lainnya.

Pandemi Covid-19, selama hampir dua tahun belakangan, memang menjadi masalah global. Krisis kesehatan yang sedang terjadi di Indonesia, pernah atau bahkan masih dialami oleh negara-negara lain.

Oleh sebab itu, solidaritas antar negara menjadi sangat penting saat ini. Bantuan dalam bentuk apapun yang membantu meringankan penanganan krisis akibat Covid-19 di suatu negara menjadi sangat berharga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solidaritas itu juga ditunjukkan Indonesia kepada beberapa negara yang pernah mengalami krisis kesehatan akibat penyebaran virus Corona, seperti India dan China.

Baca juga: Mencari Keteladanan di Masa Pandemi Covid-19

Pada awal 2020, Indonesia mengirimkan sejumlah paket masker kepada China. Sementara beberapa bulan lalu, ribuan tabung oksigen dikirim ke India untuk mengatasi gelombang kedua Covid-19 yang terjadi di negara tersebut.

Kini sebaliknya, saat Indonesia mengalami krisis akibat kemunculan Covid-19 varian Delta, sejumlah negara mengirimkan bantuan yang mendukung penanganan pandemi di Tanah Air.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (21/7/2021), berikut ini 5 negara yang mengirim bantuan kepada Indonesia untuk menangani peningkatan kasus Covid-19.

1. China

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com (15/7/2021), Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menjadi perwakilan Indonesia yang menerima bantuan senilai 7,8 juta dollar AS dalam bentuk vaksin dan peralatan medis lain dari China pada 15 Juli 2021 lalu.

Pemerintah Provinsi Fujian juga akan memberikan bantuan kepada Indonesia sebanyak 465.000 dollar AS.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Kematian Necropolitics dan Harapan Baru

2. Singapura

Singapura juga telah mengirimkan bantuan bagi Indonesia. Dikutip dari The Straits Times melalui KOMPAS.com, negara tetangga tersebut memberikan sejumlah peralatan medis, seperti ventilator, masker, sarung tangan, dan hazmat pada 9 Juli lalu.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar kepada pejabat Kementerian Luar Negeri Indonesia, Sigit Widiyanto.

3. Australia

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, terkait kondisi yang sedang dialami di Indonesia dan menawarkan sejumlah bantuan.

Dilansir dari ABC melalui KOMPAS.com, Australia berjanji akan mengirimkan 170 tabung oksigen, 40.000 alat tes Covid-19, 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca, dan 1.000 unit ventilator.

Selain itu, Australia juga akan memperluas kapasitas tes cepat di Indonesia, mempertahankan layanan kesehatan yang ada, dan membantu fasilitas medis darurat, meski tidak dirincikan secara detail.

Baca juga: Update Sebaran 135 Zona Merah Covid-19 di Jawa dan Sumatera

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) juga turut membantu Indonesia dengan mengirimkan 4 juta dosis vaksin Moderna.

Selain vaksin, AS pun menawarkan keterlibatan aktif dan dukungan berkelanjutan dalam penanganan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

5. India

Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar mengatakan, sejak Senin (19/7/2021), kapal angkatan laut mereka, INS Airawat, sedang dalam perjalanan ke Tanjung Priok membawa bantuan medis.

Dikutip dari India Times melalui KOMPAS.com, India mengirimkan bantuan berupa 100 metrik ton oksigen medis cair dan 300 oksigen konsentrator.

Menko Perekonomian yang juga Ketua KPC PEN, Airlangga Hartarto memberikan ucapan terima kasih pada Pemerintah India atas bantuan tersebut.

Baca juga: Kisah Helmi, Hoaks Covid-19 yang Merenggut Nyawa Papaku...

"Friend in need is the friend indeed, teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya," ujar Airlangga dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021).

Sebelumnya, Indonesia pun sempat mengirimkan 3.400 tabung oksigen saat India dilanda krisis kesehatan akibat peningkatan kasus Covid-19.

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi