Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran CPNS Ditutup Besok, Segera Login di www.sscasn.bkn.go.id!

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Nur Fitriatus Shalihah
Tangkapan layar halaman resume pendaftaran CPNS
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Pendaftaran CPNS dan CPPPK 2021 akan ditutup pada Senin (25/7/2021) besok.

Bagi Anda yang belum mendaftar CPNS 2021, masih ada waktu untuk membuat akun hingga menyelesaikan pendaftaran.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, tidak ada perpanjangan pendaftaran dan pendaftaran akan ditutup besok sesuai jadwal.

"Belum ada (keputusan perpanjangan pendaftaran lagi)," ujar Paryono kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021) siang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dia menyebutkan, besok pendaftaran akan ditutup pada pukul 23.59 WIB. Peserta diimbau untuk segera membuat akun, mendaftar, mengisi syarat administrasi, mengecek berkas, dan submit.

"Kalau sekarang sudah saatnya submit, jangan tunggu besok lagi, takutnya ada masalah malah nggak bisa daftar lagi," kata Paryono.

Baca juga: Ditutup Besok, Ini Cara Cetak Kartu Pendaftaran CPNS 2021

Pendaftaran akun masih bisa dilakukan. Berikut ini cara membuat akun SSCASN:

1. Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/

2. Klik "Buat Akun"

3. Isi data diri

Di langkah ini masukkan data-data berupa:

4. Lengkapi data

Pada langkah ini, pendaftar perlu menulis nama tanpa gelar (sesuai yang tertulis di KTP), kabupaten/kota lahir (sesuai dengan ijazah), tanggal lahir (sesuai dengan ijazah), jenis kelamin, dan foto.

Foto yang diunggah adalah foto KTP dan foto selfie. Ada juga password yang harus dibuat untuk login dan pertanyaan keamanan.

5. Pengecekan ulang data

Pada tahap ini, pendaftar harus melakukan pengecekan ulang terhadap swafoto atau foto selfie, NIK, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir (sesuai KTP).

Lalu nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir dipastikan telah sesuai ijazah. Cek juga e-mail dan nomor handphone. Jika nantinya terdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta tidak dapat memperbaiki kesalahan penulisan.

6. Proses pendaftaran akun

Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum.

Jika sudah benar klik "Iya". Untuk mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu Cetak Informasi Pendaftaran.

Mendaftar CPNS atau CPPPK

Berikut cara mendaftar CPNS atau CPPPK dikutip Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara:

1. Login ke https://sscasn.bkn.go.id/

Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik "Masuk"

2. Pengisian biodata

Isi semua data yang diperlukan. Kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (sesuai KTP), serta Nama Pembuatan Akun telah terisi secara otomatis.

Pada form ini pelamar masih dapat mengubah beberapa data yang diinput pada tahap sebelumnya yaitu: Nama (sesuai Ijazah), Email, dan Jenis Kelamin.

Lengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah. Bagi pelamar yang tidak memiliki gelar depan dan atau gelar bekalang, isi dengan tanda ‘ - ‘.

Masukkan Alamat (Sesuai KTP) dan isi apakah pelamar sedang mengikuti program beasiswa. Lalu pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia.

Apabila pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamar harus menginput link video yang berkaitan dengan disabilitas yang dipilih.

Lengkapi alamat domisili (termasuk kelurahan dan kecamatan), provinsi dan kabupaten/kota domisili, akun media sosial, tinggi badan, status perkawinan, agama, nomor telepon, dan nomor handphone. Bila data telah dilengkapi, klik "Selanjutnya".

3. Memilih jenis seleksi dan mendaftar formasi

Setelah pelamar melengkapi Pengisian Biodata, tahap selanjutnya adalah memilih jenis seleksi dan mendaftar formasi. Jenis seleksi adalah CPNS atau CPPPK.

Pertama, pilih instansi yang hendak dilamar. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut.

Jika sudah klik "Pilih" agar Anda bisa mengisi kolom selanjutnya. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik "Ulang".

Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih. Kemudian pilih Lokasi Formasi.

Untuk lokasi tes, tergantung dari instansi yang dipilih, karena tidak semua instansi bisa langsung memilih lokasi tes.

Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.21. Nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma. Untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah.

Untuk beberapa instansi yang memiliki persyaratan Skor Tes Bahasa Inggris, silahkan memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi.

Isi Nomor Ijazah, Tahun Lulus (sesuai dengan yang tertera di ijazah), Jenis Perguruan Tinggi (Dalam Negeri atau Luar Negeri), dan Tanggal Ijazah (sesuai dengan yang tertera di Ijazah).

Untuk formasi Ketik nama Perguruan Tinggi. Kolom ini merupakan autocomplete, untuk mengisi Nama Perguruan Tinggi, masukkan beberapa huruf atau kombinasi nama panjang/nama singkatan/penambahan nama daerah, kemudian pilih nama yang sesuai.

Ketik nama Perguruan Tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di Ijazah. Untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi Nama Sekolah sesuai dengan yang tertulis di ijazah.

Isi Nama Perguruan Tinggi (PT) dan Nama Program Studi (Prodi). Jika PT atau Prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka Akreditasi Lembaga dan Akreditasi Program Studi akan muncul secara otomatis.

Isi kode CAPTCHA dan klik "selanjutnya".

4. Unggah dokumen

Jenis dokumen yang diunggah akan berbeda-beda sesuai dengan persyaratan instansi yang dilamar. Klik "Unggah" untuk mengunggah dokumen dan klik "Lihat" untuk melihat dokumen yang terunggah.

Jika pelamar salah unggah dokumen, klik "Unggah" kembali kemudian cari dokumen yang benar. Sistem akan menyimpan dokumen yang terakhir diunggah.

Jika pelamar mengunggah file yang tidak sesuai Ketentuan Unggah Dokumen, maka akan ada kotak peringatan dan dokumen otomatis tidak bisa diunggah.

5. Resume pendaftaran

Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi. Lalu centang semua kotak yang tersedia.

Jika pelamar masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnya dengan melakukan klik "Sebelumnya", kemudian perbaiki data tersebut.

Klik "Akhiri proses pendaftaran" jika sudah yakin. Dengan mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila data peserta tidak sesuai dengan dokumen.

Kemudian akan tampil notifikasi untuk mengakhiri proses pendaftaran dan peringatan bahwa setelah proses diakhiri, semua data tidak dapat diubah kembali.

Hasil Seleksi Administrasi akan ditampilkan pada akun masing- masing.

Diharapkan pelamar selalu memantau login akun-nya masing- masing ataupun pengumuman pada kanal-kanal informasi pada instansi yang dilamar.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Panduan Pendaftaran CPNS 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi