Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengetahui Usia Kucing

Baca di App
Lihat Foto
FREEPIK/WIRESTOCK
Ilustrasi kucing tidur di tempat tidur.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Kucing memiliki perhitungan usia yang berbeda dengan manusia. Jika kamu memelihara kucing, mengetahui usianya merupakan hal yang penting.

Hal itu bertujuan untuk untuk memastikan kualitas hidup dan kesehatan si kucing agar berumur panjang.

Dilansir dari laman The Spruce Pets, ada perbandingan usia kucing dan manusia secara signifikan, antara lain sebagai berikut:

Baca juga: 6 Hal Ini Bisa Membuat Kucing Peliharaan Pergi dari Rumah

Mengetahui usia kucing

Lalu bagaimana cara mengetahui usia kucing? Seperti diwartakan Kompas.com dari yang melansir laman The Spruce Pets, ada empat indikator yang bisa dilihat untuk mengetahui usia kucing, sebagai berikut:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Gigi

Usia kucing bisa diketahui dengan melihat giginya. Gigi susu kucing pertama kali muncul di usia antara 2 hingga 4 minggu.

Kemudian, gigi permanen kucing berkembang setelah gigi susu, yakni pada anak kucing berusia 3 hingga 4 bulan. Gigi permanen akan mulai menggantikan gigi susu yang biasa disebut gigi sulung.

Biasanya gigi dewasa sudah tumbuh maksimal ketika kucing berusia 6 bulan. Pada kucing yang lebih tua, indikator penentuan usia kucing bisa diketahui dari jumlah noda atau karang gigi.

Namun, dengan tersedianya produk pembersih gigi hewan peliharaan, karang gigi mungkin bukan indikator yang tepat, tergantung pada ketekunan pemilik kucing ketika merawatnya.

Baca juga: Jangan Dipotong, Ini Fungsi Penting Kumis pada Kucing

2. Kematangan seksual

Selain gigi, usia kucing juga bisa diketahui dengan melihat tanda-tanda pubertasnya seperti teritorial testis urin yang lebih menonjol.

Kucing betina akan mengalami siklus estrus antara usia 5 dan 12 bulan. Siklus estrus adalah siklus reproduksi teratur yang dialami oleh kucing betina.

Siklus birahi ini memiliki 4 fase yaitu fase proestrus, fase estrus, fase disestrus, dan fase anestrus. Kucing betina memasuki fase proestrus jika kucing terlihat gelisah, vagina terlihat memerah, lembab dan sedikit bengkak yang disertai pula peningkatan nafsu makan.

Kucing betina bisa hamil dan melahirkan anak pertamanya pada usia 7 bulan.

3. Pertumbuhan bulu

Indikator usia kucing lainnya adalah pertumbuhan bulu kucing. Bulu atau rambut anak kucing memiliki tekstur yang lembut. Namun seiring bertambahnya usia kucing, bulunya akan menebal dan kasar.

Selain itu bulunya juga dapat berubah warna menjadi lebih gelap atau lebih terang di tempat teduh. Ketika seekor kucing memasuki dewasa, kucing dapat beruban seperti halnya manusia ketika sudah tua.

Meski ini bukan jaminan usia, bulu membantu dokter hewan menentukan usia kucing.

Baca juga: 5 Tips Memilih Makanan Kucing yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

4. Mata

Kucing yang sehat dan terawat memiliki mata yang jernih dan cerah. Namun, ketika kucing bertambah usia, matanya akan berubah menjadi keruh, mudah iritasi, atau sering mengeluarkan cairan. Ini biasanya terjadi pada kucing yang berusia lebih dari 10 tahun.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi