Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Ahli Mengapa Corona Varian Delta Sangat Menular

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock
ilustrasi virus
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Dunia kini dihadapkan dengan tantangan baru dalam penanganan pandemi virus corona penyebab Covid-19.

Yaitu dengan kemunculan virus SARS-CoV-2 varian Delta yang dari hasil penelitian sangat cepat menular. 

Dikutip dari Financial Times hingga 18 Juli 2021, varian Delta menyumbang 95 persen kasus Covid-19 di Afrika Selatan.

Baca juga: Waspadai, Berikut Ini 12 Gejala Covid-19 Varian Delta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

95 persen kasus di Indonesia

Hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan lebih dari 95 persen kasus Covid-19 di Indonesia yang terbaru adalah varian Delta.

Temuan ini berdasar penelitian yang dilakukan laboratorium Bio Safety Level (BSL) 3 LIPI dengan melakukan pengambilan sampel selama delapan hari terhitung dari tanggal 10-18 Juni 2021.

Ketua Tim Pengurutan Genom Menyeluruh (Whole Genom Sequencing/WGS) SARS-CoV-2 LIPI, Sugiyono Saputra membenarkan bahwa lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan oleh varian delta.

"Berdasarkan data yang ada, terbukti bahwa lonjakan kasus yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh paparan virus SARS-CoV-2 varian delta," ujar Sugiyono dikutip dari Antara, Sabtu (17/7/2021).

"Jika dilihat dari data GISAID yaitu data genom SARS-CoV-2 yang berhasil di-sequencing dan diidentifikasi selama tiga pekan terakhir, lebih dari 95 persen merupakan varian Delta dan sisanya adalah varian Alfa dan varian lokal Indonesia," jelas Sugiyono.

Lantas, mengapa varian Delta bisa menyebar begitu cepat?

Baca juga: 10 Ciri Tertular Corona Varian Delta dan 6 Tempat yang Harus Dihindari

 

Penyebab varian Delta sangat menular

Untuk mengatahui alasan itu, ahli epidemiologi Jing Lu di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Provinsi Gungdong, China melacak 62 orang yang dikarantina setelah terpapar Covid-19 dan beberapa orang pertama di China yang terinfeksi varian Delta.

Tim menguji 'viral load' peserta penelitian setiap hari selama infeksi untuk melihat bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu, seperti dikutip dari Nature.

Para peneliti kemudian membandingkan pola infeksi peserta dengan 63 orang yang tertular virus SARS-CoV-2 asli pada tahun 2020.

Hasilnya, mereka melaporkan bahwa virus pertama kali terdeteksi pada orang dengan varian Delta empat hari setelah terpapar, dibandingkan dengan rata-rata enam hari di antara orang dengan jenis asli.

Hal ini menunjukkan bahwa varian Delta bereplikasi lebih cepat.

Baca juga: 4 Cara Kompres Foto untuk Syarat Daftar CPNS di SSCASN

Viral load 1.260 kali lebih tinggi

Orang yang terinfeksi varian Delta juga memiliki viral load hingga 1.260 kali lebih tinggi daripada orang yang terinfeksi Covid-19 dengan jenis aslinya.

Kombinasi dari besarnya jumlah viral load dan masa inkubasi yang singkat memberi penjelasan tentang tingkat penularan Delta.

"Banyaknya virus di saluran pernapasan berarti bahwa peristiwa superspreading cenderung menginfeksi lebih banyak orang," kata ahli epidemiologi di University of Hong Kong, Benjamin Cowling.

"Orang mungkin mulai menyebarkan virus lebih awal setelah mereka terinfeksi," kata dia.

Dengan masa inkubasi yang singkat, pelacakan kontak juga menjadi lebih sulit.

Peneliti genetika di University of Bern, Swiss, Emma Hodcroft sepakat mengenai mekanisme itu.

Ia dan Cowling sama-sama menduga bahwa perbedaan dalam viral load antara Delta dan virus aslinya cenderung berubah karena lebih banyak ilmuwan mempelajari virus di berbagai populasi.

Baca juga: Kisah Teori Konspirasi Vaksinasi Covid-19 AS yang Pengaruhi Keutuhan Rumah Tangga

 

Risiko rawat inap

Kendati demikian, sejumlah pertanyaan lain tentang varian Delta masih belum terjawab.

"Masih belum jelas, misalnya, apakah itu lebih mungkin menyebabkan penyakit parah daripada jenis aslinya dan seberapa baik ia menghindari sistem kekebalan," kata Hodcroft.

Ia berharap beberapa informasi ini akan muncul ketika para peneliti melihat lebih dekat pada populasi orang yang terinfeksi Delta dan varian lainnya yang lebih luas dan beragam.

Selain tingkat infeksi yang lebih tinggi, varian Delta juga membuat orang yang belum divaksin Covid-19 memiliki risiko lebih besar dirawat inap.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Mengenal Varian Virus Corona Delta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi