Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Berita Hoaks via Aplikasi BPOM Mobile

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Inten Esty Pratiwi
Cara cek hoax melalui aplikasi BPOM Mobile
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Banyak berita hoaks terkait penanganan pandemi yang menyesatkan masyarakat, terutama soal obat dan makanan.

Ada beberapa berita yang menyatakan bahwa obat-obatan tertentu bisa menyembuhkan Covid-19 dengan cepat dan efektif. Padahal kenyataannya, obat tersebut justru bisa menimbulkan komplikasi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat medis atau obat herbal lain.

Ada pula hoaks yang menyebutkan bahwa beberapa bahan pangan, seperti rempah efektif, menyembuhkan beberapa gejala akibat virus Covid. Lagi-lagi, informasi tersebut hanyalah hoaks semata karena tak didukung oleh penelitian medis yang valid.

Berita hoaks memang membanjir di masa pandemi ini. Sebaiknya jangan menerimanya mentah-mentah karena sebagian besar justru menyesatkan.

Lantas, bagaimana cara mengklarifikasi apakah sebuah berita valid atau malah hoaks semata?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam akun Instagram resminya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyebutkan bahwa hendaknya masyarakat melakukan cek dan ricek berita sebelum memercayai dan melakukan saran dan anjuran di dalam berita tersebut.

Salah satu cara mengecek kebenaran berita adalah dengan cara mengakses aplikasi BPOM Mobile.

Baca juga: Ingin Menyampaikan Keluhan Produk ke BPOM? Begini Alurnya

Manfaat BPOM Mobile

Anda bisa mengunduh aplikasi BPOM Mobile di PlayStore Android Anda atau melalui App Store iOS.

Banyak sekali manfaat yang disediakan oleh BPOM Mobile. Beberapa di antaranya adalah Anda bisa mengecek kelegalan sebuah produk, baik makanan, obat, maupun kosmetik.

Di BPOM Mobile, Anda tinggal memilih menu scan produk, dan informasi lengkap mengenai produk akan langsung ditampilkan.

Atau Anda bisa memilih menu cek izin edar, memasukkan nama dan produsen produk, dan Anda akan segera mengatahui apakah produk tersebut memiliki izin edar resmi atau tidak. 

Selain itu, Anda bisa pula melakukan pengaduan. Jika merasa menemukan produk yang mencurigakan karena tak dilengkapi izin edar, label komposisi yang benar, atau dirasa kandungannya membahayakan kesehatan, Anda bisa langsung memilih menu pengaduan.

Baca juga: Bisnis Kuliner di Masa Pandemi? Simak Tips Mengolah Gorengan ala BPOM

Cara cek hoaks di BPOM Mobile

Menu lain yang bisa Anda gunakan di aplikasi BPOM Mobile adalah cek berita. Caranya, masuk ke aplikasi dan langsung pilih menu berita.

Anda bisa memilih kategori Klarifikasi atau kategori Siaran Pers atau Peringatan Publik.

Di situ tertera berbagai berita dan siaran pers terkait informasi mengenai obat dan makanan serta kaitannya terhadap perkembangan pandemi di Indonesia. 

Mulai dari keabsahan virus yang sudah memiliki izin pakai oleh BPOM, obat-obatan yang paling tepat digunakan untuk mengatasi gejala Covid-19, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Demi Keamanan, Ini Cara Tepat Memilih Obat Tradisional ala BPOM

Misalnya penjelasan BPOM tentang informasi penggunaan Ivermectin, penjelasan BPOM tentang hasil pengujian Badan POM terhadap mutu vaksin Covid-19 AstraZeneca Bets CTMAV547, atau penjelasan Badan POM tentang batas kedaluwarsa vaksin Covid-19.

Jika Anda ingin cek dan ricek mengenai kebenaran berita yang berseliweran di medsos, Anda tinggal memasukkan kata kunci di kolom "Cari Berita".

Nantinya, informasi mengenai tema terkait akan langsung ditampilkan di layar gawai Anda.

Di menu Siaran Pers, Anda bisa menemukan berbagai berita terkait pengumuman keputusan resmi BPOM yang sudah melalui berbagai uji klinis dan penelitian valid.

Baca juga: Cara Tepat Melakukan Pengaduan Produk ke BPOM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi