Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Virus Monkey B yang Tewaskan Seorang Dokter di China

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Ondrej Prosicky
Ilustrasi monyet capuchin (Cebus imitator).
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com – Seorang dokter hewan asal China tertular virus Monkey B dari primata. Setelah mengalami serangkaian gejala, dokter tersebut dilaporkan meninggal dunia.

Pria berusia 53 tahun tersebut bekerja di lembaga penelitian yang fokus pada pembiakan primata bukan manusia, sebagaimana diungkap oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) China.

Ia diketahui melakukan pembedahan terhadap dua ekor monyet mati pada bulan Maret 2021. Sebulan kemudian, dokter tersebut mengalami gejala berupa mual, muntah, demam. Ia pun meninggal dunia pada 27 Mei 2021.

Ketika sampel darah dan air liurnya diteliti pada bulan April lalu, ditemukan adanya virus Monkey B yang merupakan penyakit menular yang langka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir The Washington Post melalui Kompas.com (25/7/2021), kasus ini adalah kasus virus Monkey B yang menular pada manusia yang pertama tercatat di China.

Baca juga: Begini Caranya agar Rumah Bebas Virus

Mengenal virus Monkey B

Dilansir CDC melalui Kompas.com, infeksi virus Monkey B sangat jarang ditemukan. Meski demikian, virus ini dapat menyebabkan kerusakan otak yang parah dan mengancam nyawa.

Seseorang bisa tertular virus Monkey B jika mereka digigit atau dicakar oleh monyet yang terinfeksi.

Selain itu, kontak dengan mata, hidung, dan mulut monyet juga bisa cara penyebaran virus Monkey B.

Virus yang juga dikenal dengan nama Herpes B ini dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan, terlebih jika dalam kondisi lembap.

Secara umum, risiko terinfeksi virus Monkey B sangat rendah bagi banyak orang karena tidak melakukan kontak langsung dengan monyet.

Namun, bagi para dokter hewan atau pekerja laboratorium yang sering melakukan kontak dengan monyet, virus ini harus diwaspadai.

Baca juga: Benarkah NaCl Bisa Bersihkan Virus dan Bakteri di Hidung?

Gejala virus Monkey B

Seseorang yang terinfeksi virus Monkey B akan mulai mengalami gejala dalam waktu tiga hingga tujuh hari setelah terpapar.

Dilansir dari WebMD, gejala-gejala yang mungkin muncul akibat virus Monkey B adalah nyeri otot, kedinginan, demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain itu, di area yang tergigit atau tercakar monyet yang terjangkit virus Monkey B juga kerap melepuh. Lepuh tersebut akan menimbulkan rasa, gatal, nyeri, hingga mati rasa.

Oleh sebab itu, jika harus kontak langsung dengan monyet, lakukan dengan sangat hati-hati dan gunakan alat pelindung untuk menghindari paparan virus.

Sumber: Kompas.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi