Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Diumumkan, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah melewati masa pendaftaran. Tahapan selanjutnya yakni pengumuman hasil seleksi administrasi.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, pengumuman seleksi hasil administrasi CPNS dan PPPK akan diumumkan pada 2-3 Agustus 2021.

Pengumuman hasil seleksi administrasi bisa dilihat di portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni sscasn.bkn.go.id

Baca juga: 10 Instansi dengan Pelamar Terbanyak dan Paling Sedikit CPNS 2021

Lalu bagaimana cara cek hasil seleksi administrasi CPNS 2021 tersebut? Bagi kamu yang sudah mendaftar sebagai peserta seleksi CPNS 2021 bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa sanggah

Bagi peserta seleksi yang dinyatakan gagal lolos dan merasa keberatan dengan hasil tersebut, BKN memfasilitasinya dengan membuka masa sanggah.

Para peserta seleksi diberi waktu selama tiga hari di periode masa sanggah untuk melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi.

Jadwal masa sanggah yakni mulai tanggal 4-6 Agustus 2021. Sedangkan untuk periode awab sanggah akan berlangsung pada 4-13 Agustus 2021. Adapun pengumuman pasca-sanggah dilakukan pada 15 Agustus 2021.

Baca juga: Apa Itu Masa Sanggah CPNS dan Bagaimana Mekanismenya?

Untuk mengajukan sanggahan caranya adalah sebagai berikut:

Setelah tahapan pengumuman pasca-sanggah, peserta seleksi yang lolos akan memasuki tahapan ujian. Untuk tahapan ujian CPNS 2021 ini meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dan bila lolos akan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menjadi ciri-ciri seorang PNS Republik Indonesia.

Materi SKD akan terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sementara SKB adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Jadwal lengkap tahapan seleksi CPNS dan PPPK

Jadwal ujian dan pengumuman kelulusan belum dipastikan apakah mengalami akan perubahan atau tidak karena adanya perpanjangan masa pendaftaran.

Sesuai pengumuman awal, jadwal ujian hingga kelulusan CPNS dan PPPK 2021 adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Hitung Skor agar Lolos SKD dan Lanjut SKB CPNS 2021

Pada jadwal CPNS dan PPPK terbaru belum ada kejelasan tahapan-tahapan tersebut kapan akan terlaksana.

Yang jelas, BKN menyebutkan bahwa tahapan yang meliputi SKD, Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru, Seleksi Kompetensi PPPK Guru, dan SKB, akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait dengan pandemi Covid-19.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi