Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 9 Macam Gaya Tidur Kucing, Apa Saja Artinya?

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Alexandru Zdrobau
Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur.
|
Editor: Artika Rachmi Farmita

KOMPAS.com - Seperti manusia, kucing punya posisi nyaman favorit saat tidur. Jika Anda perhatikan secara detil, kucing juga suka mengganti posisi tidurnya.

Walaupun kadang posisinya terlihat aneh dan tidak nyaman, toh si kucing masih saja bisa terlelap.

Anda tentu penasaran, serta terheran-heran mengapa kucing bisa bertingkah seperti itu. membuat sebagian orang penasaran.

Jadi sebenarnya, apakah ada arti tertentu dari setiap posisi tidur kucing yang ajaib nan menggemaskan itu?

Dilansir dari The Discerning Cat, Kamis (29/07/2021), berikut ini arti sembilan posisi tidur si kucing:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Tidur di dalam kardus atau kotak

Kucing sangat menyukai berlindung atau masuk ke dalam kardus maupun wadah berbentuk kotak lainnya. Kucing tidur di dalam kotak karena merasa aman dan terlindungi.

Di alam liar, kotak merupakan upaya untuk tetap berlindung saat ada pemburu atau untuk memastikan pemangsa lain tidak menemukannya. Selain itu, ini menggambarkan ia tengah bersembunyi dari suatu bahaya, entah dari manusia atau hewan lainnya.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Tidur dalam Sehari? Ini Penjelasannya

2. Terlentang

Kucing suka berbaring di lantai lalu merentangkan cakarnya ke atas hingga perutnya terbuka lebar. Ternyata, kucing yang tidur terlentang adalah tanda bahwa mereka memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemiliknya.

Ini adalah posisi yang cukup rentan untuk kucing, sehingga mereka hanya akan menggunakan posisi ini ketika merasa aman dengan lingkungan sekitarnya.

3. Superman

Berkebalikan dengan terlentang, posisi Superman ini dilakukan ketika kucing berbaring tengkurap. Ia merentangkan cakarnya ke depan dan ke belakang layaknya superhero Superman yang sedang terbang.

Posisi kucing tidur ini berarti kucing Anda sangat rileks. Mereka cenderung tertidur lelap jika berada dalam pose tidur ini.

4. Meringkuk seperti bulan sabit

Ini adalah salah satu posisi kucing tidur yang paling umum. Alasan posisi tidur ini adalah untuk memaksimalkan kehangatan bagi kucing saat tidur dan melindungi semua organ vitalnya.

 

Seringkali ketika meringkuk, kucing akan terlihat melengkungkan punggungnya dengan sempurna untuk membuat bentuk yang terlihat seperti bulan sabit atau bahkan croissant sehingga posisi ini dikenal dengan sebutan 'Crescent' atau bulan sabit.

Kucing juga menggunakan posisi tidur ini ketika mereka tidak merasa aman.

5. Menyamping

Posisi tidur kucing menyamping memiliki banyak kesamaan dengan posisi terlentang. Posisi ini biasanya dipilih oleh kucing saat tidur siang yang nyenyak.

Ini bagus, karena artinya kucing merasa nyaman berada di sekitarnya dan bersama Anda.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan untuk Kucing Kampung agar Cepat Gemuk

6. Mata setengah melek

Kucing jelas ahlinya tidur. Tapi pernahkah memperhatikan bahwa kucing tiba-tiba terbangun dengan sangat cepat dari tidurnya?

Ya, kucing sebenarnya bisa tidur dengan mata setengah terbuka dan setengah tertutup.

Jika kucing tidur dengan posisi mata setengah terbuka, ini karena mereka memastikan bahwa tidak ada ancaman yang mengintainya saat tidur. Entah itu dari pengunjung, hewan, atau penghuni rumah lainnya.

7. Terduduk

Kita tahu betul bahwa beberapa manusia jago tidur sambil duduk. Biasanya sebagian dari kita hanya bisa melakukannya ketika benar-benar merasa lelah.

Kucing mungkin hanya akan bertahan dalam posisi duduk ini selama 15 hingga 20 menit. Dalam posisi tidur ini, kucing Anda memastikan bahwa ia dapat terbangun pada saat itu juga.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Merindukan Pemiliknya

8. Kaki menutupi wajah

Ini adalah salah satu posisi paling menggemaskan. Posisi tidur kucing yang sangat lucu ini pada dasarnya adalah tanda jangan ganggu. Selain itu, ini juga berarti kucing tidur nyenyak.

9. Melingkup di tempat yang curam

Kucing kerap suka hinggap di tempat-tempat yang tinggi seperti tepi sofa, pagar balkon, atau tangga. Hal ini karena mereka suka memanjat dan memiliki keseimbangan yang baik.

Meskipun kita yang melihatnya merasa khawatir ia akan jatuh, namun tetap saja si kucing bisa tertidur lelah di posisi yang curam itu.

Sebab, mereka tahu bahwa mereka tak akan jatuh dan posisi ini mengindikasikan rasa tidak aman. Terlebih jika cakarnya menjuntai seperti akan mencengkeram sesuatu, ini berarti ia tidur untuk mengawasi apa yang terjadi di sekitarnya.

Sumber: the Discerning Cat, Kompas.com (Penulis: Lolita Valda Claudia|Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi