Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Daftar Beasiswa LPDP, Dibuka Hari Ini!

Baca di App
Lihat Foto
LPDP
Tangkapan layar lowongan kerja LPDP
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan kembali membuka beasiswa bagi program pascasarjana dan doktoral tahap kedua.

PIC Beasiswa LPDP Berliana Abidah Oktoviani membenarkan bahwa pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 dibuka mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).

Dia mengatakan secara umum informasi terkait beasiswa bisa diakses di laman: www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/Beasiswa2021

"Secara umum di sini. Untuk detailnya dapat cek di booklet masing-masing beasiswa," ujar Berliana kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk perkuliahan, dimulai paling cepat Januari 2022 untuk tujuan dalam negeri, sedangkan untuk tujuan luar negeri paling cepat Februari 2022.

Baca juga: Alumnus Beasiswa Bidikmisi UPN Veteran Jatim Lulus IPK 3,97

Beasiswa afirmasi

1. Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel Tahun 2021 Tahap 2

Sasaran Beasiswa Kelompok Berkebutuhan Khusus/Difabel adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan LPDP khususnya penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.

Berikut persyaratan khususnya:

2. Beasiswa Daerah Afirmasi Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi.

Persyaratan khusus Beasiswa Daerah Afirmasi sebagai berikut:

3. Beasiswa Prasejahtera Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.

Berikut ini persyaratan khususnya:

Beasiswa targeted

1. Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Pendidikan Indonesia PNS, TNI, dan POLRI adalah program beasiswa bagi Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai PNS, TNI, dan POLRI.

Persyaratan khusus Beasiswa PNS,TNI dan POLRI sebagai berikut:

  • Diusulkan oleh institusi pendaftar, sekurang-kurangnya pejabat setingkat
  • eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah untuk pendaftar PNS.
  • Untuk pendaftar TNI, diusulkan sekurang-kurangnya oleh pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/TNI AD/TNI AL/TNI AU.
  • Untuk pendaftar POLRI, diusulkan sekurang-kurangnya oleh pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes POLRI.
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit.
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran.
  • Pegawai Sipil Negara (PNS) paling tinggi berusia 37 tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan magister dan 42 tahun untuk pendaftar jenjang pendidikan Doktor.
  • Pegawai Sipil Negara (PNS) dengan jabatan fungsional sebagai Peneliti/Perekayasa atau Medis/Paramedis, paling tinggi 42 tahun untuk jenjang pendidikan magister dan 47 tahun untuk jenjang pendidikan Doktor.
  • Anggota TNI atau anggota POLRI paling tinggi 40 tahun untuk jenjang pendidikan magister dan 45 tahun untuk jenjang pendidikan Doktor.
  • Pendaftar jenjang Magister memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  • Pendaftar jenjang Doktor memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  • Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari anggota TNI atau anggota POLRI memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  • Khusus Pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  • Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, IELTS 6,0.
  • Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, IELTS 6,5.
  • Pendaftar program Doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, IELTS 6,0.
  • Pendaftar program Doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, IELTS 6,5.
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

2. Beasiswa Kewirausahaan Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Kewirausahaan adalah program beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang bergerak di bidang kewurausahaan (enterpreneurship).

Persyaratan khusus Beasiswa Kewirausahaan sebagai berikut:

  • Memiliki usaha atau yang bergerak dalam bidang kewirausahaan yang dibuktikan dengan Rencana Bisnis bagi yang belum memiliki bisnis atau Rencana Pengembangan Bisnis atau Rencana Bisnis Baru bagi yang sudah memiliki bisnis sesuai format LPDP.
  • Melampirkan Surat Rekomendasi dari Rektor atau Dekan yang akan/sudah memiliki Program Kewirausahaan untuk menjadi bagian dalam memperkuat tenaga pendidik/clinical faculty di Perguruan Tinggi (dapat diserahkan ketika wawancara)
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit.
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi berusia 35 (tiga puluh lima) tahun.
  • Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya (diploma empat (D4) atau sarjana (S1)) sekurang-kurangnya 2,50 pada skala 4,00 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan memiliki skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 61, PTE Academic 65 atau IELTS 6,0.

Beasiswa umum

1. Beasiswa Reguler Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Reguler diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Adapun persyaratan khusus untuk mendaftar Beasiswa Reguler yaitu:

  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit.
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran. Untuk jenjang magister 35 tahun dan jenjang pendidikan doktor 40 tahun.
  • Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  • Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  • Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0.
  • Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5.
  • Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0.
  • Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 94, PTE Academic 65 atau IELTS 7,0.
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

2. Beasiswa PTUD Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor.

Berikut ini persyaratan khusus pendaftaran Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia:

  • Wajib mengunggah dokumen LoA Unconditional Perguruan Tinggi tujuan pada aplikasi pendaftaran sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditentukan LPDP.
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit.
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran. Untuk jenjang pendidikan magister paling tinggi berusia 35 tahun dan pendaftar jenjang pendidikan Doktor paling tinggi berusia 40 tahun.
  • Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80; PTE Academic 58; atau IELTS 6,5.
  • Pendaftar program Doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 94; PTE Academic 65; atau IELTS 7,0.

3. Beasiswa Co Funding Tahun 2021 Tahap 2

Beasiswa Co-Funding ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia melalui skema Beasiswa Semi Mandiri.

Sumber dana bagi pendaftar Beasiswa Semi Mandiri dapat berasal dari pribadi atau keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi