Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Sinar Terang dalam Kegelapan Pagebluk Corona

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Humas Dompet Dhuafa
Relawan DDV Jogja, kirimkan makanan untuk bantu warga yang tengah isolasi mandiri, Jumat (9/7/2021) lalu. Aksi tersebut sebagai wujud kepedulian antar sesama yang tengah mendapat ujian di tengah pandemi.
Editor: Heru Margianto

SEJAK awal 2020 sampai saat naskah ini ditulis, bangsa Indonesia sedang prihatin menghadapi masa kegelapan akibat pagebluk Corona.

Kegelapan yang malah miskin dipergelap oleh sikap dan perilaku mereka yang gemar mengail di air keruh bahkan sambil memperkeruh air yang sudah keruh.

Mulai dari yang tega menjual vaksin, menimbun dan melangitkan harga oksigen, mahal menjual tes PCR , korupsi bansos, menggembosi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), warga net asyik menghujat dan memfitnah, sampai ke janji kosong sumbangsih Rp 2 triliun.

Saya malu menjadi warga Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terang

Namun marilah jangan kita hanya mencari sisi gelap belaka sebab masih ada sinar terang di atas kegelapan.

Misalnya bakti kemanusiaan secara sepi ing pamrih, rame ing gawe yang nyata dilakukan para pejuang kemanusiaan tergabung di PMI, Gus Durian, Muhammadiyah, NU, Warga Bantu Warga, Patungan Rakyat, ECOSOC, Yayasan Budha Tzu Chi, INTI, PITI, Eka Tjipta Foundation, GP Jamu, SONJO, WALHI, Djarum, BCA, para arisan ibu-ibu, warga RT dan RW, UPC, Forum Academia NTT, para polisi dan TNI bertugas turun ke lapangan dan lain-lain dan selanjutnya secara tak terhingga batasan maksimalnya sehingga mustahil menyebut satu persatu nama secara lengkap.

Mohon dimaafkan bahwa di dalam naskah sederhana dengan keterbatasan ruang ini, ada bahkan banyak nama pejuang kemanusiaan yang belum saya sebut.

Nakes

Dan tentu saja mohon jangan dilupakan mahajasa para dokter, perawat, karyawan rumah sakit, pengemudi ambulans, petugas pemakaman yang mempertaruhkan nyawa di front terdepan di kancah pertempuran melawan virus Corona dengan segenap varian mutannya.

Segenap pejuang kemanusiaan itu bukan mempolitisir namun mengejawantahkan Pancasila secara benar-benar nyata menjadi kenyataan. Saya bangga menjadi warga Indonesia! Merdeka!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi