Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Lowongan Kerja di Anak Usaha BUMN Wijaya Karya, Paling Lambat 17 Agustus 2021

Baca di App
Lihat Foto
INSTAGRAM
Hoaks, informasi lowongan kerja di PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebutkan salah satu anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya (Persero), PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi sedang membuka lowongan pekerjaan, beredar di media sosial.

Tersedia sejumlah posisi yang ditawarkan beserta kualifikasi minimum pelamar yang dibutuhkan pada lowongan pekerjaan tersebut.

Pada lowongan bertajuk "Open Recruitment Juli 2021" itu disebutkan pula waktu pendaftarannya paling lambat hingga 17 Agustus 2021.

Diketahui, informasi lowongan tersebut dibagikan oleh akun Instagram dengan pengikut 10.000 lebih yang menyaru sebagai akun resmi rekrutmen PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi lowongan pekerjaan di anak perusahaan PT Wijaya Karya itu tidak benar alias hoaks.

Akun resmi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi memastikan akun Instagram @wikaindustrikonstruksi.career yang menyebarkan info lowongan pekerjaan tersebut adalah palsu.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Zoelfan Aries mengunggah tangkapan layar flyer berisi informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi.

Berikut isi flyer tersebut:

"OPEN RECRUITMENT JULI 2021

PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi merupakan salah satu anak perusahaan BUMN dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang bergerak di bidang Industri dan pabrikan baja. Saat ini PT WIjaya Karya Industri dan Konstruksi kembali membuka lowongan kerja pada bulan Juli 2021 dengan posisi.

Posisi lowongan

Health Safety and Environtment
Construction Engineering
Quality Control
Project Control
Cost Control
Site Engineer
Finance/Accountant

Kualifikasi umum

Min. S1 semua jurusan
Maksimal 40 tahun
Minimal IPK 3.00
Fresh Graduate dipersilakan daftar
Riwayat medis yang baik
Adaptif dan pembelajar cepat
Siap ditempatkan disemua area kerja

APPLY CLIK HERE: bit.ly/career-wikaikon2021

DEADLINE SAMPAI: Paling lambat 17 Agustus 2021".

Setelah ditelusuri lebih dalam, flyer tersebut bersumber dari unggahan akun Instagram @wikaindustrikonstruksi.career pada Minggu (1/8/2021).

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com melakukan penelusuran dengan mengunjungi akun Instagram resmi PT Wijaya Karya, @ptwijayakarya yang telah terverifikasi atau centang biru.

Pada 17 Juli 2021, akun Wijaya Karya mengunggah kolase foto perbandingan akun Instagram PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi yang asli dan palsu.

Disebutkan, akun Instagram @wikaindustrikonstruksi.career yang pertama kali mengunggah informasi lowongan kerja tersebut adalah palsu.

Akun resmi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi yang asli, yakni @wikaindustrikonstruksi.

Kemudian, pada Minggu (1/8/2021), akun @wikaindustrikonstruksi juga mengunggah klarifikasi yang menyatakan akun @wikaindustrikonstruksi.career adalah palsu.

"Kembali mengingatkan bahwa kami tidak memiliki akun karir @wikaindustrikonstruksi.career. Segala informasi lowongan kerja yang diterbitkan pada akun tersebut tidak benar," tulis akun @wikaindustrikonstruksi.

Ditegaskan pula bahwa domain email resmi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi adalah info@wikaikon.co.id. Apabila mendapati email dari info@wikaikon.com agar diabaikan.

Flyer lowongan kerja yang pendaftarannya disebut paling lambat 17 Agustus juga diberikan label "PALSU" oleh akun @wikaindustrikonstruksi.

"Untuk saat ini PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi tidak membuka lowongan pekerjaan. Sobat dapat mengunjungi website resmi www.wikaikon.co.id/karir-wikaikon," tulis akun tersebut.

Kesimpulan

Informasi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi sedang membuka lowongan kerja yang pendaftarannya paling lambat pada 17 Agustus 2021 adalah tidak benar.

Akun resmi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi menyebutkan, akun Instagram @wikaindustrikonstruksi.career yang pertama kali menyebarkan informasi tersebut adalah palsu.

Akun Instagram resmi PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi adalah @wikaindustrikonstruksi.

Apabila PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi membuka lowongan pasti akan diinformasikan melalui situs website resmi www.wikaikon.co.id/karir-wikaikon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi