Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Narasi Sebut Helikopter Berkeliling Kibarkan Bendera China

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi klarifikasi
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Media sosial Facebook dan TikTok baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya video dengan narasi penegak hukum di Indonesia membiarkan helikopter berkeliling sembari mengibarkan bendera China.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, narasi itu tidak benar.

Pasalnya, bendera merah yang terlihat tersebut bukanlah bendera China, melainkan bendera yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI dengan latar kain berwarna merah.

Lambang-lambang kesatuan TNI yang tercantum pada bendera berukuran raksasa tersebut, yakni dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Salah satu netizen yang mengunggah bendera dengan narasi bahwa bendera China dikibarkan melalui pesawat adalah akun ini yang mengunggahnya di media sosial Facebook pada Senin (2/8/2021).

"Kemana dan dimana para penegak hukum di indonesia,menhan juga, kenapa ini di biarkan berkeliling di atas bumi negara indonesia, helikopter dengan mengibarkan bendera cina. Kenapa aparat pemerintah cuma ganas dan berani sama rakyatnya sendiri," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Dirinya sembari melampirkan sebuah video yang berisi suara dengan narasi sebagai berikut:

“Ini maksudnya apa nih, ada bendera China nih dibawa, ditarik sama helikopter,” ujar suara dalam rekaman.

Netizen Facebook lain yang mengunggah postingan tersebut adalah akun berikut.

Tak hanya Facebook, unggahan ini terpantau juga sempat dibagikan dan menjadi viral di TikTok setelah dibagikan seorang netizen dengan akun TikTok @ad4m632.

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menegaskan bahwa narasi helikopter yang dibiarkan berkeliling mengibarkan bendera China tersebut adalah tidak benar.

“Iya hoaks parah banget,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Indan menjelaskan bendera tersebut bukanlah bendera China, melainkan bendera berwarna merah yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI.

Adapun lambang-lambang kesatuan TNI yang tertulis pada bendera raksasa tersebut yakni dari Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Bendera tersebut dikibarkan dalam rangka latihan menuju puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 nanti.

"Sejak Senin, 2 Agustus 2021, sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan," katanya lagi.

Ia menambahkan, nantinya pada puncak peringatan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021, TNI AU juga akan mengibarkan bendera Merah Putih berukuran raksasa.

Terkait dengan aktivitas persiapan TNI AU untuk HUT ke-76 RI, TNI AU melalui akun Instagramnya juga membagikan momen latihan pengibaran bendera.

Kesimpulan

Dari konfirmasi Kompas.com, narasi yang menyebutkan adanya bendera China yang dikibarkan dari helikopter tidak benar.

Pihak TNI AU menegaskan bahwa bendera tersebut adalah bendera berlatar warna merah dengan gambar empat kesatuan TNI.

Pengibaran bendera tersebut dalam rangka latihan menuju puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi