Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Hadiah yang Dijanjikan untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mendapatkan medali emas di olimpiade 2020
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Keberhasilan pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polli dan Apriyani Rahayu membawa pulang medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020 tidak hanya disambut sukacita tapi juga apresiasi banyak pihak.

Hal itu terlihat dari banyaknya pihak yang menyatakan akan memberikan hadiah atau bonus untuk Greysia/Apriyani atas prestasi yang telah dicapainya. Mulai dari pejabat pemerintah, pengusaha, hingga influencer media sosial.

Lalu hadiah apa saja yang dijanjikan untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftarnya:

Baca juga: Lawan Greysia/Apriyani di Final Olimpiade Resmi Diadukan ke BWF

1. Uang miliaran rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum penyelenggaraan olimpiade, Pemerintah dikabarkan menganggarkan bonus uang sebesar Rp 5 miliar kepada atlet yang berhasil meraih medali emas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk pemberian bonus tersebut.

Kemungkinan pemberian bonus diberikan saat para atlet bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

“Apa apresiasi dan penghargaan pemerintah untuk para atlet? Saya sampaikan pasti ada itu, yang levelnya SEA Games saja ada, apalagi Olimpiade, yang levelnya paling tinggi," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

"Akan tetapi, mohon waktu karena kami harus berkoordinasi. Saat ini saya sedang berkoordinasi dengan pihak Istana untuk memastikan kapan ada waktu menerima mereka (atlet)," tuturnya.

Bukan hanya dari Pemerintah, pengusaha Gilang Widya Pramana yang dikenal sebagai crazy rich Malang sekaligus Presiden Arema FC juga menjanjikan bonus Rp 500 juta.

Jumlah itu masih ditambah dari Grab Indonesia yang akan menggelontorkan Rp 500 juta masing-masing untuk Greysia dan Apriyani, serta Rp 100 juta untuk pelatih Greysia/Apriyani, Eng Hian.

Baca juga: Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Deretan Anak Muda Indonesia yang Menggemparkan Dunia

2. Rumah dan Apartemen

Selain banjir bonus miliaran rupiah, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu juga dijanjikan hadiah berupa rumah dan apartemen. Hebatnya tidak cuma satu.

Yang pertama ada hadiah rumah di kawasan elit Pantai Indah Kapuk (PIK) yang dijanjikan oleh Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna. Kemudian apartemen di kawasan BSD City, Tangerang Selatan untuk Greysia dan Apriyani sekaligus sang pelatih, Eng Hian.

Apartemen tersebut diberikan oleh pengusaha Lukas Buntoro, CEO dan Founder MGM Group, perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Kabar ini disampaikan oleh legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi lewat Instagram miliknya.

"Dan untuk menghargai jerih payahmu, selamat ya ada hadiah untuk kamu: 3 UNIT APARTEMEN B RESIDENCE buat ketiga kebangaan Indonesia: @greyspolii, @r.apriyanig sama coach @enghian Saya hanya perantara" tulisnya di akun @hariyanto_arbi.

Tak ketinggalan, Pemerintah Kabupaten Konawe juga ikut mengapresiasi keberhasilan Apriyani Rahayu.

Oleh Pemerintah Kabupaten Konawe, Apriyani diberikan rumah di tanah kelahirannya itu. Sedangkan Greysia Polii dijanjikan rumah oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Tidak berhenti di situ, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) juga menjanjikan rumah di lokasi daerah asal masing-masing atlet.

Baca juga: Daftar Hadiah Rumah dan Tanah untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu

3. Tanah

Setelah rumah dan apartemen, hadiah berikutnya yang akan diterima oleh Greysia dan Apriyani adalah sebidang tanah.

Pemkab Konawe sudah menyiapkan tanah buat Apriyani Rahayu, begitu juga dengan Pemkot Tomohon yang bakal memberikan satu bidang tanah antara 400-500 meter persegi untuk Greysia Polii.

4. Franchise warung bakso

Influencer Arief Muhammad tidak ketinggalan untuk turut mengapresiasi prestasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Keduanya akan diberikan masing-masing satu cabang warung bakso Aci Akang miliknya.

"FINALLY!!! Bangga banget sama @greyspolii dan @r.apriyanig!!! Terima kasih sudah membawa pulang medali emas untuk Indonesia," tulis Arief di akun Instagram @ariefmuhammad, dikutip Senin (2/8/2021).

"Sesuai janji, cabang @basoaciakang untuk kalian sudah menunggu di Indonesia. Masing-masing dapet satu!," tulisnya lagi.

5. Gratis kopi seumur hidup

Setelah bakso, kini giliran kopi. Hadiah kali ini diberikan oleh aktor sekaligus pemilik gerai kopi, Filosofi Kopi, Chicco Jerikho.

Namun bukan diberikan cabang, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu kali ini diberi kesempatan minum gratis di seluruh kedai Filosofi Kopi selama seumur hidup! Luar biasa, kan.

Baca juga: Greysia-Apriyani dkk Bakal Dapat Tabungan Emas dari Pegadaian

6. Wisata ke destinasi unggulan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut memberikan hadiah atas keberhasilan Greysia/Apriyani meraih medali emas olimpiade.

Lewat unggahan di Instagramnya Selasa (2/8/2021), Sandi berjanji memberikan hadiah berupa wisata ke lima destinasi super prioritas di Indonesia.

Keduanya akan diajak pelesir ke Labuan Bajo, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Likupang. Sebagai tambahan, agenda wisata akan ditambah ke Wakatobi yang berada di daerah asal Apriyani, Sulawesi Tenggara.

"Untuk pahlawan kita GREYSIA - APRIYANI yang berhasil menyumbang emas pertama untuk Indonesia, saya berikan hadiah wisata ke 5 Destinasi Super Prioritas," tulis Sandi.

7. Tabungan emas pegadaian

PT Pegadaian juga akan memberikan bonus berupa tabungan emas kepada para peraih medali di Olimpiade Tokyo, termasuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Total perseroan akan memberikan emas seberat 3 kg atau setara sekitar Rp 2,6 miliar, sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet.

"Prestasi para atlet Olimpiade menjadi berita gembira bagi kita semua di tengah pandemi yang belum usai," ujar Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

(Sumber:Kompas.com/Mochamad Sadheli, Rully R. Ramli | Editor: Mochamad Sadheli. Yoga Sukmana)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi