Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Meet vs Zoom: Mana yang Lebih Hemat Kuota Internet?

Baca di App
Lihat Foto
Rawpixel
Video Call Facetime Chatting Communication Concept
|
Editor: Artika Rachmi Farmita

KOMPAS.com - Gara-gara pandemi Covid-19, kini kita menjadi terbiasa dengan konferensi video menggunakan berbagai aplikasi seperti Google Meet dan Zoom. Lalu, manakah yang lebih menghemat kuota internet?

Layanan seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Skype, Slack, dan Google Hangouts telah menjadi beberapa platform panggilan video paling populer yang digunakan oleh organisasi kerja dan sekolah.

Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan fitur yang ditawarkan. Maka tak heran apabila penggunaannya bergantung preferensi dari institusi masing-masing.

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih platform konferensi video adalah akses internet. Lebih tepatnya ialah kuota data internet yang dikonsumsi selama digunakan.

Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya mana yang paling efisien dalam hal penggunaan data?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Anda mengandalkan data seluler untuk panggilan video grup, batas data harian Anda mungkin akan cepat habis. Ini karena konferensi video memakan banyak data.

Dilansir dari Gadgetstouse.com, Zoom dan Google Meet memiliki perbedaan konsumsi data seluler selama Anda bertahan di platform-nya. Di bawah ini adalah perbandingan berapa banyak data yang digunakan untuk konferensi video selama 1 jam antara keduanya.

Baca juga: 7 Cara Hemat Kuota Data Internet Saat Zoom Meeting

Perlu diingat, perhatikan bahwa ini adalah perkiraan kasar. Konsumsi data aktual dapat bervariasi berdasarkan:

1. Zoom

Bisa dibilang, Zoom merupakan salah satu layanan konferensi video yang paling cepat populer sejak awal pandemi tahun 2020 silam.

Untuk panggilan video satu lawan satu, Zoom menggunakan sekitar 540MB per jam untuk standar kualitas tinggi. Konsumsi meningkat menjadi 1,08GB per jam untuk kualitas 720p dan sekitar 1,62GB per jam untuk streaming 1080p.

Penggunaan data meningkat secara signifikan saat Anda melakukan panggilan video grup. Zoom memakan 810MB per jam, 1,35GB per jam, dan 2,4GB per jam, masing-masing untuk panggilan konferensi grup standar, 720p, dan 1080p.

Anda sebagai pengguna seluler kemungkinan bakal mengkonsumsi data yang lebih sedikit karena Zoom akan mengoptimalkan bandwidthnya berdasarkan koneksi Anda.

Baca juga: 6 Tips Gunakan Zoom Meeting

2. Google Meet

Google Meet adalah salah satu layanan konferensi video produk turunan raksasa Google. Google Meet paling banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi dalam pembelajaran daring selama pandemi.

Para mahasiswa dan pelajar mungkin bertanya-tanya berapa banyak data yang dikonsumsi oleh Google Meet selama 1 jam konferensi video.

Nah, bandwidth rata-rata Google Meet per peserta adalah 3.2Mbps inbound dan 1.8Mbps outbound. Ini berarti konsumsi data sekitar 2,25GB per jam dalam kualitas tinggi.

Secara default, Google Meet otomatis menyesuaikan bandwidth masuk dan keluar berdasarkan koneksi yang Anda punya. Ini menghasilkan tingkat konsumsi data yang bervariasi.

Bagaimanapun, angka ini menunjukkan penggunaan sangat sedikit data pada versi seluler yakni sekitar 500MB per jam.

Baca juga: Google Meet Luncurkan Filter dan Efek Terbaru, Ini Cara Menggunakannya

Tips hemat data pada Zoom dan Google Meet

Dari perbandingan di atas, baik Google Meet dan Zoom sama-sama berupaya mengoptimalkan jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second. Keduanya juga menyesuaikan berapa banyak video yang digunakan selama panggilan berlangsung.

Zoom memiliki berbagai fitur yang apabila semuanya dioptimalkan, semakin sedikit data yang terbuang. Dirangkum KompasTekno dari Cornell.edu, Senin (31/8/2020), beberapa fitur yang bisa diatur ialah:

  1. Matikan kamera jika tidak dibutuhkan
  2. Matikan kualitas video HD
  3. Gunakan fitur Share Screen hanya jika dibutuhkan
  4. Manfaatkan platform dokumen online
  5. Matikan mikrofon saat tidak berbicara
  6. Gunakan opsi perekaman cloud
  7. Hindari penggunaan data lain saat mengaktifkan Zoom

Sementara itu, opsi meminimalisir penggunaan data pada Google Meet tampak lebih sedikit. Caranya ialah mengaktifkan fitur Limit Data Usage.

  1. Klik tiga titik yang berada di pojok kiri
  2. Usap toggle ke samping kanan.
  3. Matikan fitur ini

Ada baiknya Anda mengantisipasi cara-cara pengaturan tersebut di laptop maupun ponsel cerdas sebelum memulai pertemuan daring. Tujuannya agar apapun yang digunakan-Zoom atau Google Meet-Anda sudah memahami tips dan trik menghemat kuota data.

Sumber: KompasTekno, Gagdetstouse.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi