Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Bercak Hitam pada Daun Tanaman Hias

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/DARIA MINAEVA
Ilustrasi tanaman hias di dalam pot.
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias memang tidak sulit, namun tidak bisa dikatakan mudah juga.

Tanaman hias kerap mengalami beberapa masalah yang harus segera diatasi, salah satunya bercak hitam pada daun. Tak semua jenis tanaman rentan terkena masalah ini, namun beberapa di antaranya sangat mudah terjangkit masalah tersebut.

Dikutip dari Smart Garden Guide melalui KOMPAS.com, jamur atau hama seringkali jadi penyebab munculnya bintik atau bercak hitam pada daun tanaman hias.

Penyebab lainnya yang juga bisa menyebabkan masalah tersebut adalah penyiraman tanaman yang berlebihan. Sementara itu, beberapa penyebab yang jarang terjadi adalah infeksi bakteri atau virus, penuaan, atau defisiensi nutrisi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercak hitam memang tidak akan membuat tanaman mati, namun hal ini bisa membuat daun menjadi rusak.

Ukuran bercak hitam itupun beragam dengan bentuk yang berbeda juga. Daun baru tidak akan mengalami masalah serupa asalkan penyebab bercak hitam telah teratasi.

Baca juga: Abu Rokok Bantu Tanaman Hias Tumbuh Subur dan Sehat

Cara mencegah bercak hitam pada daun adalah dengan menjaga tanaman tetap sehat. Tanaman hias yang kuat tidak hanya lebih tahan, tetapi juga akan pulih dan lebih cepat mengganti daun yang rusak dengan daun baru.

Berikut ini 5 penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias:

1. Hama

Penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias yang pertama adalah serangan hama. Beberapa hama yang umumnya menjadi penyebab masalah ini yakni kutu daun, kutu putih, tungau laba-laba, scale, thrips, agas, dan tungau akar.

Cara mengatasinya, pangkas daun yang rusak dan membuangnya secara aman. Gunakan juga minyak nimba, alkohol gosok, dan tanah diatom sebagai pestisida pembasmi hama.

2. Bakteri dan jamur

Bakteri dan virus juga bisa menjadi penyebab bercak hitam pada daun tanaman hias. Jenis tanaman apapun lebih rentan terhadap infeksi saat dalam kondisi stres.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memangkas daun yang menunjukkan gejala dan musnahkan dengan aman untuk menghindari kontaminasi lebih lanjut.

Baca juga: 6 Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Tanaman Kaktus Agar Tak Mati

3. Usia

Bercak hitam juga dapat muncul saat daun tanaman mulai semakin tua. Hal ini terjadi alami karena tanaman mengalihkan kekuatannya untuk daun yang lebih muda.

Akan tetapi, bercak hitam tidak akan muncul pada semua daun sekaligus. Selain itu, hanya daun bagian bawah yang lebih rentan terpengaruh dalam kondisi tersebut.

Bersihkan daun dan pastikan semua bagian tanaman mendapatkan paparan cahaya matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur menjadi penyebab paling umum munculnya bercak hitam pada daun tanaman hias. Meski begitu, setiap tanaman memiliki kerentanan yang berbeda terhadap berbagai jenis jamur.

Infeksi jamur adalah tanda tanaman terlalu lembab atau air terlalu lama menempel di daun. Infeksi semacam ini secara umum disebut bercak daun.

Baca juga: Cara Membuat Tanaman Alocasia Tumbuh Subur dan Sehat

Buang daun yang terkena bercak hitam untuk mengurangi kontaminasi lebih lanjut. Infeksi jamur biasanya tidak berbahaya jika ditangani lebih awal, dan tidak menyebabkan kerusakan permanen setelah penyebabnya diperbaiki.

Menjaga tanaman agar lebih kering dan memastikan daunnya tidak basah adalah pencegahan dan pengobatan terbaik.

5. Menyiram tanaman secara berlebihan

Menyiram tanaman secara berlebihan bisa menciptakan berbagai masalah, bahkan dapat menyebabkan tanaman mati. Bercak hitam adalah tanda tanaman dalam kondisi kritis karena terlalu banyak menerima air.

Cara mengatasinya, cabut tanaman dengan hati-hati untuk memastikan bahwa akarnya kokoh dan memiliki aroma yang tidak menyengat atau tidak busuk.

Jika terdapat akar hitam atau cokelat dengan tekstur lembek yang mengeluarkan bau busuk, itu artinya tanaman mulai busuk.

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi