Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat "Avatar Aang" dan "Monkey D. Luffy" Tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dan Raih Medali Emas

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Atlet Belanda Kiran Badloe dan atlet Yunani Miltos Tentoglou tampil dengan karakter manga Jepang Avatar Eeng dan Monkey D. Luffy di Olimpiade 2020
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Banyak cerita unik dari gelaran Olimpiade Tokyo 2020. 

Di antaranya kisah-kisah para atlet yang ternyata juga terinspirasi dari tokoh-tokoh kartun manga atau anime. 

Seperti yang terjadi pada atlet lompat jauh putra asal Yunani Miltiadis Tentoglou yang terinspirasi sosok Monkey D. Luffy dari anime One Pice.

Juga Atlet selancar angin asal Belanda, Kiran Badloe yang sengaja mencukur rambutnya persis seperti tato pengendali udara milik Avatar Aang dalam serial Avatar: The Last Airbender.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ramai soal Penipuan di Online Shop, Ini Langkah Aman Jual Beli Online!

Gear Second efek

Miltiadis Tentoglou, atlet lompat jauh putra asal Yunani yang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, sukses menarik perhatian dunia karena menirukan pose Gear Second milik Monkey D. Luffy, tokoh utama dalam serial manga dan anime One Pice.

Momen itu terjadi ketika Tentoglou diperkenalkan sebagai salah satu kontestan yang akan berlaga dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Sembari mengenakan kacamata hitam, Tentoglou berjalan dengan percaya diri memasuki panggung. Ia lalu membungkukkan badan, dan mengepalkan tinju kirinya ke tanah.

Pose yang langsung dikenali oleh penggemar One Piece di seluruh dunia.

Dalam wawancara dengan awak media, Tentoglou mengakui bahwa pose yang ia lakukan itu terinspirasi dari pose Luffy ketika mengaktifkan Gear Second.

"Kalian pasti tahu. Itu dari One Piece. Itu disebut Gear Second, milik Luffy. Itu adalah salah satu jurus milik Luffy," kata Tentoglou.

Rupanya, pilihan Tentoglou untuk "mengaktifkan" Gear Second sebelum bertanding tidak sia-sia. Ia sukses menyabet medali emas cabang lompat jauh putra Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: UPDATE Corona 7 Agustus 2021: Tren Kasus di Indonesia Meningkat dalam Seminggu Terakhir


Kemenangan dramatis

Melansir Reuters, 2 Agustus 2021, Miltiadis Tentoglou dari Yunani memenangi lompat jauh putra setelah melalui pertarungan dramatis.

Ia berhasil menorehkan lompatan 8,41 meter, mengungguli pesaing terdekatnya, Juan Miguel Echevarria dari Kuba.

"Sungguh kompetisi yang luar biasa. Lompatan terakhir itu sangat luar biasa," kata Tentoglou.

"Saya tidak bisa melakukannya dengan benar di awal. Tetapi pada akhirnya saya berhasil mengeluarkan sesuatu untuk mendapatkan medali. Saya selalu memiliki sesuatu yang tersisa, sesuatu sebagai cadangan," ujarnya.

Baca juga: Perjalanan Greysia/Apriyani hingga Lolos ke Final Olimpiade Tokyo 2020

Avatar Aang juga ikut Olimpiade

Tentoglou bukan satu-satunya kontestan Olimpiade Tokyo 2020 yang menjadi perhatian karena menirukan gaya tokoh anime terkenal.

Atlet selancar angin asal Belanda, Kiran Badloe, viral di media sosial karena sengaja mencukur rambutnya membentuk anak panah berwarna biru, persis seperti tato pengendali udara milik Avatar Aang dalam serial Avatar: The Last Airbender.

"Model rambut ini merupakan penghormatan untuk satu-satunya master udara sejati. Avatar, pengendali udara terakhir yang diketahui masih hidup. Saya berharap semangat pejuang besar ini memberi saya kekuatan untuk berlayar dengan baik minggu ini dan mengendalikan angin untuk kemenangan saya.

Suatu hari nanti, saya bermimpi menjadi seorang penakluk angin, pengendali udara sejati" tulis Badloe di akun Instagram miliknya @kiranbadloe, 23 Juli 2021.

Baca juga: Sinopsis Film The Last Airbender, Aang yang Berusaha Selamatkan Keselarasan Bumi

 

Pengendali udara itu menang


Harapan Badloe untuk bisa mengendalikan udara sebaik Avatar Aang akhirnya terwujud. Ia sukses menyabet medali emas selancar angin putra nomor RS:X.

Badloe unggul jauh dari lawan-lawannya, yang membuatnya tak menghadapi kesulitan berarti untuk mempersembahkan medali emas ketiga bagi Belanda dalam Olimpiade Tokyo 2020. 

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi