Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memodifikasi Sajian yang Terlalu Asin

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Vitor Monthay
Cara memodifikasi sajian yang terlalu asin.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Karena sedikit lalai, Anda bisa saja memberi garam terlalu banyak pada masakan. Akibatnya, masakan pun menjadi terlalu asin dan tak lagi nikmat untuk disantap.

Makanan yang keasinan ini jangan lantas dibuang, karena Anda masih bisa memodifikasinya sehingga kadar garamnya berkurang dan citarasa sajian bisa nyaman di penampang lidah.

Untuk mengatasi sajian yang terlalu asin, Anda bisa melakukan beberapa trik. Mulai dari menambah air hingga menambah perisa lain seperti gula atau cuka.

Dilansir dari The Spruce Eats, inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sajian yang terlampau asin:

Baca juga: 8 Tips agar Makanan Tidak Lengket di Wajan atau Pan Penggorengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Beri tambahan air

Ini adalah pertolongan pertama yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa menambah air bersih, air kaldu, atau jenis kuah lain yang tak bercitarasa asin ataupun manis alias tawar.

Beri air sedikit demi sedikit, coba rasa. Jika dirasa masih terlalu asin, tambahkan sedikit air lagi hingga tercipta citarasa yang paling pas.

Agar sajian seimbang antara air dan bahan isinya, mungkin Anda perlu menambah beberapa bahan makanan lagi ke dalamnya. Seperti sayur atau daging.

Baca juga: Agar Sajian Istimewa, Hindari 5 Kesalahan dalam Memasak Udang Ini

2. Cuci di air bersih

Jika yang terlalu asin adalah daging-dagingan yang direndam dalam bumbu atau diungkep, maka Anda bisa mengurangi kadar garamnya dengan mencuci daging di bawah air yang mengalir, kemudian keringkan dengan tisu bersih.

Atau Anda bisa merendam daging ke dalam air bersih selama beberapa saat hingga kadar garam sedikit berkurang.

3. Tambahkan asam

Anda bisa pula mengurangi kadar garam pada sup atau sajian berkuah dengan menambahkan bahan makanan bercitarasa asam seperti cuka putih atau lemon.

Campurkan sedikit bahan asam ke dalam sajian, tes rasa. Jika masih terasa asin, tambahkan lagi hingga Anda mendapatkan citarasa yang pas.

Baca juga: Benarkah Air Lemon Hangat Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

4. Beri zat gula

Tips keempat, Anda bisa melawan kadar garam dengan zat gula. Masukkan beberapa gula ke dalam saus atau sup yang terlalu asin.

Untuk saus atau sajian yang berkuah gelap, Anda bisa menggunakan brown sugar yang lebih pekat citarasanya.

5. Menambahkan bahan makanan lain

Selanjutnya, Anda juga bisa mengurangi kadar garam dengan menambahkan beberapa potong sayuran, daging, umbi-umbian seperti kentang ke dalam sajian.

Makanan tambahan ini ikut menyerap garam yang ada sehingga citarasa sajian pada akhirnya akan pas, tak terlalu asin.

Baca juga: Hanya Perlu Sedikit Minyak, Benarkah Memasak dengan Air Fryer Lebih Sehat?

6. Memasukkan kentang

Dalam dunia kuliner, kentang dipercaya sebagai umbi yang bisa menyerap garam. Jadi ketika masakan keasinan, masukkan satu buah kentang utuh ke dalam sajian sup atau kare yang ada.

Bersihkan kulit kentang, kemudian masukkan kentang tanpa perlu diiris dan dikupas ke dalam sajian.

Mitosnya, kentang akan menyerap kelebihan garam yang ada di dalam kuah sajian. Meski hal ini belum terbukti secara sains, namun banyak pelaku kuliner yang melakukan trik ini dan berhasil.

Agar makanan tak terlalu asin, ada baiknya Anda mengoreksi rasa di akhir proses pemasakan, yaitu ketika sajian sudah matang dan siap diangkat dari atas api.

Jika Anda mengoreksi rasa di awal proses, kuah sajian bisa berkurang di akhir proses dan Anda sudah terlanjur memberi garam atau gula terlalu banyak.

Baca juga: Tips Merebus Kentang agar Cepat Matang dalam Waktu Singkat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi