Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Buat Kartu ATM tanpa Fotokopi KTP, Ini Tanggapan BCA

Baca di App
Lihat Foto
Screenshot Twitter: @ruthnats
Tangkapan layar twit viral soal ganti kartu ATM di BCA yang tak perlu fotokopi e-KTP
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Penyematan kata "elektronik" di depan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau e-KTP kerap kali dipertanyakan oleh masyarakat.

Pasalnya, dalam hal mengurus dokumen administrasi, sejumlah instansi atau lembaga masih mengharuskan e-KTP difotokopi, yang artinya masih membutuhkan dokumen fisik.

Sebuah twit dari seorang pengguna media sosial Twitter dengan akun @ruthnats pun ramai diperbincangkan warganet.

Dalam twit yang ia unggah Kamis (12/8/2021) @ruthnats menyebutkan bahwa pembuatan kartu ATM baru di Bank Central Asia (BCA) tak perlu membutuhkan fotokopi e-KTP.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"e-KTP akhirnya kepake juga gaes, tapi kepakenya di BCA. buat ganti/bikin kartu ATM baru. KTP-nya cuma ditap aja gaes ga perlu difotokopi. aku terkesima," tulis @ruthnats.

Menurut @ruthnats, layanan pembuatan kartu ATM baru tanpa fotokopi e-KTP itu dapat dilakukan di mesin customer service (CS) Digital BCA.

Bagaimana penjelasan BCA?

Baca juga: Sertifikat Vaksin Lama, Apakah Bisa untuk Syarat Bepergian?

Layanan CS Digital BCA

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya berterima kasih atas respons yang diberikan masyarakat terhadap layanan mesin CS Digital BCA.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan dan apresiasi nasabah yang diberikan kepada BCA dalam memberikan layanan perbankan digital. Kami bersyukur bahwa mesin CS Digital ini dapat memberikan nilai tambah dan manfaat jangka panjang, terkhusus di masa pandemi saat ini yang mendorong nasabah untuk melakukan transaksi perbankan secara lebih mudah, praktis, dan aman," kata Hera, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Hera mengatakan, mesin CS Digital BCA dengan fitur ganti kartu ATM menggunakan e-KTP sudah tersedia sejak April 2019.

Ia mengatakan, hingga saat ini BCA telah memiliki hampir 1.200 mesin CS Digital BCA yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Pengembangan teknologi digital

Menurut Hera, kehadiran mesin CS Digital merupakan salah satu bagian dari upaya BCA mengembangkan konsep model cabang masa mendatang yang lebih efisien dengan teknologi dan mesin-mesin digital yang dapat digunakan oleh nasabah secara mandiri.

Hera mengatakan, nasabah dapat melakukan beragam transaksi di mesin CS Digital BCA, antara lain:

“Jika nasabah ingin mengganti kartu debit/kartu ATM karena hilang, rusak atau ingin ganti jenis kartu, tidak perlu repot atau panik karena mesin CS Digital BCA siap membantu Anda. Nasabah atau calon nasabah hanya perlu membawa KTP elektronik saja sebagai alat verifikasi untuk transaksi di mesin CS Digital. Hal ini memudahkan nasabah khususnya di masa pandemi saat ini,” ujar Hera.

Baca juga: 45 Wilayah yang Terapkan PPKM Level 4 hingga 23 Agustus

Cara buat kartu ATM di CS Digital BCA

Berikut cara menggunakan fitur cetak dan ganti kartu ATM di mesin CS Digital BCA

Adapun lokasi cabang yang menyediakan mesin CS Digital BCA dapat dicek pada tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi