Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baca di App
Lihat Foto
Pixabay/NatureFriend
Ilustrasi baking soda
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Baking soda dam baking powder biasanya digunakan sebagai bahan pengembang kue.

Meskipun keduanya memiliki kemiripan dari segi bentuk dan tekstur, namun ada perbedaan mendasar antara baking soda dan baking powder, yakni terkait komposisi kimiawi.

Selain itu, reaksi terhadap bahan lain juga menjadi indikator perbedaan antara kedua bahan tersebut.

Seperti dilansir dari Masterclass melalui KOMPAS.com, berikut ini perbedaan antara baking soda dan baking powder.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu baking soda?

Baking soda atau yang dikenal juga sebagai sodium bikarbonat adalah bahan pengembang kimiawi yang biasa digunakan untuk membuat roti dan kue.

Saat baking soda dipadukan dengan elemen asam akan menghasilkan reaksi gas karbondioksida, karena baking soda adalah senyawa basa yang tidak bersifat asam.

Baca juga: Mengenal Arti dan Perbedaan Rapid Test dengan Tes Swab

Cara memakai baking soda

Baking soda akan bereaksi dengan bahan bersifat asam. Bahan ini berfungsi untuk menetralkan asam dan membuat karbondioksida.

Contoh bahan mengandung asam yang digunakan adalah buttermilk, gula merah, air lemon, atau yoghurt.

Gelembung dari karbondioksida yang dihasilkan akan membuat adonan mengembang. Tanpa baking soda, kue tidak akan mengembang.

Meski begitu, terlalu banyak memasukkan baking soda ke dalam adonan pun tidak baik, apalagi jika tidak seimbang dengan bahan yang mengandung asam. Hasilnya, baking soda akan tersisa di adonan dan tidak dapat bereaksi dengan baik.

Terlalu banyak baking soda akan membuat kue terasa licin dengan rasa getir yang pahit. Jadi, pastikan takaran baking soda sudah sesuai dengan takaran bahan lainnya.

Baca juga: Baker, Ini Perbedaan Penggunaan Mentega dan Margarin

Apa itu baking powder?

Baking powder merupakan bahan yang terdiri dari asam kering dan baking soda, seperti cream of tartar atau sodium alumunium sulfat.

Baking soda di dalam baking powder baru bisa bereaksi setelah kontak dengan cairan karena asam yang terdapat pada baking powder berbentuk kering.

Perbedaan baking soda dan baking powder

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudah jelas perbedaan utama antara baking soda dan baking powder, yakni baking powder sudah mengandung asam.

Berbeda dengan baking soda yang masih membutuhkan bahan asam untuk bisa melakukan pengembangan.

Gunakan baking soda dalam resep yang terdapat bahan-bahan asam seperti buttermilk, air lemon, atau cuka.

Sementara baking powder, gunakan dalam resep yang tidak mengharuskan adanya bahan-bahan asam seperti biskuit, roti jagung, atau pancake.

Baca juga: Apa Perbedaan dan Fungsi Masker N95, KN95 dan KF94?

Bisakah mencampur baking soda dan baking powder?

Ada beberapa resep masakan yang menggunakan kedua bahan pengembang tersebut. Setidaknya ada tiga faktor yang membuat kedua bahan ini dicampurkan dalam satu resep.

Pertama, baking powder digunakan sebagai pengembang tambahan, agar saat baking soda tidak memproduksi karbondioksida yang cukup, adonan tetap dapat mengembang dengan baik.

Kedua, mencampurkan baking soda dan baking powder akan membuat kue tetap memiliki rasa asam dari bahan yang mempunyai rasa asam, namun pengembangan pun dapat tetap terjadi dengan baik.

Ketiga, kue yang dibuat dengan mencampurkan kedua bahan tersebut juga dapat memiliki warna cokelat yang lebih baik.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (22/5/2020), menurut Executive Pastry Chef dari Swissotel Jakarta PIK Avenue, Budi Kurniawan mengatakan, baking powder menghasilkan rasa netral.

Beberapa contoh kue yang menggunakan baking powder adalah vanilla sponge, chocolate sponge, butter cake, dan brownies.

Baca juga: Jangan Remehkan, Ini Perbedaan Flu Biasa dengan Gejala Covid-19

"Sedangkan baking soda akan memberikan rasa sedikit pahit pada makanan. Oleh sebab itu, baking soda harus diimbangi dengan bahan yang mengandung asam, misalnya, pisang, yoghurt, lemon, atau tape," kata Chef Budi.

"Baking soda juga menghasilkan tekstur makanan jadi lebih gelap setelah pembakaran. Contoh makanannya adalah banana cake, bolu tape, dan bolu sarang semut," imbuhnya.

Bahan pengganti untuk baking soda dan baking powder

Gunakan tepung self-raising untuk menggantikan baking soda dan baking powder. Tepung ini mengandung tepung, garam, dan baking powder. Harganya pun memang relatif lebih mahal daripada tepung biasa.

Bisakah mengganti baking powder dengan baking soda?

Jika tidak memiliki baking soda di dapur, gantikan dengan baking powder, namun dalam jumlah tiga kali lipat lebih banyak daripada takaran baking soda yang tertera pada resep.

Akan tetapi, mengganti baking soda dengan baking powder juga bisa membuat kue yang dibuat menjadi gagal.

Baca juga: Perbedaan Indomie Goreng di Jawa dan Luar Pulau Jawa

Terlalu banyak baking powder dapat membuat kue terasa asam dan pahit, sedangkan memasukkan baking powder terlalu sedikit juga dapat menyebabkan kue padat dan keras.

Baking powder mengandung lebih banyak sodium daripada baking soda, maka perhatikan takaran garam dalam resep yang digunakan.

(Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa | Editor: Ni Luh Made Pertiwi F.)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi