Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sama, Ini 4 Perbedaan Lebah dan Tawon

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Dustin Humes
Ilustrasi lebah
|
Editor: Muhamad Syahrial

KOMPAS.com - Lebah dan tawon memiliki banyak manfaat untuk manusia dan ekosistem. Akan tetapi, meski telah berjasa bagi kehidupan manusia, masih banyak yang tidak tahu tentang perbedaan lebah dan tawon.

Tak mudah memang membedakan keduanya, sebab lebah dan tawon memiliki bentuk fisik yang mirip. Kedua hewan tersebut bisa menyengat, terbang, dan termasuk dalam ordo Hymenoptera.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (20/5/2019), berikut ini 4 perbedaan lebah dan tawon yang harus diketahui.

1. Bentuk tubuhnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari ThoughtCo melalui KOMPAS.com, lebah dan tawon memiliki pinggang kecil karena keduanya termasuk dalam subordo Apocrita.

Walau begitu, jika diperhatikan lebih dekat, lebah mempunyai dada dan bagian bawah perut yang lebih bulat dibandingkan tawon yang tubuhnya berbentuk silinder.

Baca juga: Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Dikutip dari Encyclopedia Brittanica melalui KOMPAS.com, bentuk tubuh kedua hewan ini memiliki fungsi masing-masing.

Lebah menggunakan tubuhnya untuk terbang dari bunga ke bunga, sedangkan bulunya berguna untuk mengumpulkan serbuk sari saat ia minum sari bunga.

Sementara itu, tawon berbentuk seperti Vespula yang lebih silinder, sehingga serangga ini dapat bergerak secara aerodinamis dan mudah bermanuver di udara.

2. Kemampuan menyengat

Lebah maupun tawon melindungi diri dengan cara menyengat. Akan tetapi, bila keduanya dibandingkan, tawon cenderung lebih agresif daripada lebah.

Seekor lebah hanya menyengat sebagai bentuk perlindungan diri dan kebanyakan langsung mati setelah melakukan sengatan.

Pasalnya, sengat lebah seperti duri dan akan menancap di targetnya setelah menyengat. Lebah pun akan terluka kemudian mati akibat Kehilangan sengatnya itu.

Baca juga: Mengenal Arti dan Perbedaan Rapid Test dengan Tes Swab

Berbeda dengan lebah, tawon dapat menyengat berkali-kali karena bentuk sengatnya mulus.

3. Makanannya

Lebah memproduksi madu yang kaya akan protein dan karbohidrat sehingga dapat dikonsumsi oleh manusia dan mamalia lain. Hal ini karena lebah adalah serangga vegetarian yang meminum sari atau nektar bunga.

Sementara itu, tawon juga minum sari bunga, namun hewan ini juga dapat memangsa hewan lain, seperti lalat dan ulat. Selain itu, perbedaan lebah dan tawon yang lain adalah, tawon memproduksi madu dalam jumlah sedikit, namun kebanyakan dikonsumsi oleh larvanya.

4. Struktur sosial

Perbedaan penting lainnya antara lebah dan tawon adalah jumlah individu dalam setiap koloni. Lebah dapat hidup dalam koloni yang berisi hingga 75.000 individu.

Lebah hidup dalam sarang dengan sel-sel yang terbuat dari lilin dan berbentuk heksagon untuk menyimpan telur, larva, serta pupa.

Baca juga: Baker, Ini Perbedaan Penggunaan Mentega dan Margarin

Koloni tawon jauh lebih sedikit yakni sekitar 10.000 individu. Beberapa spesies bahkan memilih hidup tanpa koloni.

Sarang tawon biasanya terbuat dari zat mirip kertas yang diciptakan dengan mencerna bubur kayu.

(Editor: Shierine Wangsa Wibawa)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi