Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Tanaman Hias Indoor untuk Tingkatkan Mood di Dalam Rumah

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT
Ilustrasi tanaman hias areca palm atau palem kuning di dalam rumah.
|
Editor: Artika Rachmi Farmita

KOMPAS.com - Aktivitas dalam ruangan selama pandemi mendorong orang untuk berkreasi dengan tanaman hias. Merawat tanaman hias di dalam rumah jadi terasa menyenangkan karena dipercaya meningkatkan mood.

Tak dapat dipungkiri, hiasan tanaman dapat membuat ruangan lebih hidup, lebih nyaman, dan elegan. 

Beberapa varietas tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor juga membantu membersihkan udara dari racun yang berbahaya.

Walaupun tanaman dalam ruangan biasanya berfungsi untuk tujuan dekorasi, penelitian menunjukkan bahwa tanaman memiliki efek positif pada psikologi manusia.

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (4/4/2021), penelitian terbaru menunjukkan bahwa tanaman juga dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental manusia.

Enam dari 10 orang dewasa percaya tanaman dalam ruangan memiliki kemampuan menenangkan. Sedangkan empat dari 10 orang, mengatakan jika tanaman hijau membuat mereka bahagia dan 55 persen percaya itu adalah bagian penting untuk membuat rumah terasa lebih nyaman.

Tanaman dalam ruangan juga dapat membersihkan udara di dalam rumah. Tanaman tropis dan semi tropis biasa digunakan sebagai tanaman hias.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Daun Tanaman Hias Mengilap, Pakai Susu hingga Mayones

Pertimbangkan pula beberapa faktor penting seperti kualitas tanah, suhu, cahaya, sinar matahari, pergerakan orang, ruang yang tersedia, dan frekuensi penyiraman tanaman.

Sebab tanaman dalam ruangan juga membutuhkan sinar matahari tidak langsung untuk tumbuh. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa tanaman akan tetap mendapatkan sinar matahari tidak langsung.

Berikut deretan inspirasi cara terbaik untuk menghias tanaman dalam rumah Anda:

1. Tema tropis

Dilansir dari Roohome, Minggu (21/2/2021), ruangan yang didekorasi penuh dengan tanaman indoor hijau disebut dengan tema tropis. Ruang tamu dapat sepenuhnya didesain ulang dengan tanaman sesuai dengan seleramu.

Tanaman besar bisa diletakkan di sudut ruang tamu sedangkan tanaman kecil bisa diletakkan di atas meja yang sudah ditata di ruang tamu. Anda juga bisa menggunakan pot gantung untuk dekorasi.

2. Tanaman besar ditata di samping sofa

Dekorasi ruang tamu dengan tanaman dalam ruangan tidak selamanya harus menggunakan rak dan meja.

Anda bisa memanfaatkan ruang ekstra di samping sofa dengan menempatkan tanaman hias berukuran besar. Dengan demikian, tanaman akan terlimat megah dan luar biasa.

3. Di jendela

Anda bisa meletakkan tanaman hias indoor di jendela. Money plants, tanaman Peperomia dan Merak, adalah beberapa pilihan terbaik untuk menghiasi jendela ruang tamu.

4. Tanaman di rak atau bangku

Tidak perlu mendedikasikan seluruh bangku atau rak untuk tanaman. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkombinasikannya. Anda dapat menggunakan buku, hiasan dan barang kantor lainnya bersama dengan tanaman.

Tanaman bisa diletakkan di antara barang atau di tepinya agar terlihat gaya.

5. Pot cantik

Pot tersedia dalam berbagai ukuran, dan pilihan pot tergantung pada jenis tanaman yang ingin kamu gunakan untuk mendekorasi ruang tamu. Pot penanam berukuran sedang dapat disimpan di sudut ruang tamu, dekat jendela atau di tempat lain.

Pot gantung desainer warna-warni dengan ukuran kecil dapat digantung yang memberikan nuansa alami ruang tamu.

6. Hiasi sudut ruang tamu

Satu tanaman dalam ruangan besar dapat ditempatkan di sudut-sudut ruang tamu atau opsi lainnya adalah meletakkan beberapa sekelompok kecil tanaman indah dari berbagai jenis bersama-sama di sudut.

Anda dapat menggunakan dudukan dudukan tanaman untuk menyempurnakan tampilan. Jika ruang tamumu terdiri dari latar belakang gelap, pilih stand berwarna terang untuk meletakkan tanaman

7. Dekat tangga

Posisi ideal untuk meletakkan tanaman indoor adalah sisi bawah tangga. Anda bisa menempatkan dua hingga empat tanaman sesuai dengan ketersediaan ruang.

Baca juga: 5 Ide Unik Meletakkan Tanaman Gantung di Rumah

8. Pilihlah tanaman gantung

Tanaman gantung dapat dengan mudah ditempatkan di mana saja di rumah. Anda cukup menggantungnya di tempat yang diinginkan agar memikat mata.

Lebih baik menempatkannya di tempat yang jarang dilewati karena akar tanaman sangat sensitif, gerakan pot yang terus menerus dapat mempengaruhi tanaman dengan cara yang salah. 

 

 

Dari berbagai banyak tanaman, berikut 5 tanaman yang cocok menjadi inspirasi dekorasi rumah Anda:

1. Fiddle leaf fig atau ara biola

Fiddle leaf sering diletakkan di dalam rumah ataupun di kantor. Tanaman yang dikenal sebagai daun ara ini  memiliki daun yang mengkilap serta ukuran besar sehingga cantik diletakkan di sudut ruangan.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di ruangan yang terang namun terlindung dari sinar matahari langsung dan berangin.

2. Rattlesnake plant (Calathea lancifolia)

Ingin menciptakan suasana tropis yang penuh warna? Rattlesnake plant bisa menjadi pilihan.

Memiliki daun yang panjang dengan totol-totol yang lebih gelap dari warna hijau di permukaan dan warna ungu di balik daunnya membuat ruangan semakin lebih menarik.

Tanaman ini dapat tumbuh sekitar 60 cm dan menyukai lingkungan yang lembab sehingga dapat diletakkan di kamar mandi yang memiliki cahaya terang.

Agar tumbuh subur, jaga agar campuran pot tetap lembab dan berikan pupuk secara teratur.

3. Monstera

Berasal dari hutan tropis, tanaman Monstera, mampu membawa nuansa seperti kita berada di tengah hutan di dalam ruangan dengan banyak daun yang berlubang.

Monstera bisa tumbuh menjadi tanaman yang cukup besar dan bagus untuk mengisi sudut ruangan yang terang dengan tanaman hijau.

Agar pertumbuhan daunnya banyak, berikan pupuk cair untuk mendorong pertumbuhan.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Dapat Meningkatkan Kesejahteraan

 

4. Aloe Vera atau lidah buaya

Jika Anda menginginkan tanaman dengan pemeliharaan rendah untuk diletakkan di meja, cobalah sukulen tahan kekeringan ini.

Lidah buaya juga dikenal karena manfaat kesehatan dan kecantikannya. Lidah buaya harus ditanam di tempat yang sangat terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung.

Biarkan campuran pot mengering di sela-sela penyiraman.

5. Lidah mertua

Lidah mertua memiliki daun berpola tegak khas seperti pedang dan tanaman ini sangat efektif meningkatkan kualitas udara. 

Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat dan akan dapat hidup di ruangan yang remang-remang bahkan tahan dengan kekurangan air.

Pilih pot dengan lubang drainase yang baik dan gunakan campuran pot yang berkualitas.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Dian Reinis Kumampung, Aniza Pratiwi|Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan, Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi