Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cristiano Ronaldo "Pulang" ke Manchester United...

Baca di App
Lihat Foto
AFP/ANDREW YATES
Cristiano Ronaldo merayakan gol pada laga Liga Inggris kontra Fulham di Stadion Old Trafford, Manchester, pada 20 Agustus 2006.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Kembalinya Cristiano Ronaldo ke Manchester United menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (27/8/2021), Manchester United (MU) telah menyelesaikan kesepakatan dengan Juventus untuk merekrut Ronaldo.

"Manchester United dengan senang hati mengonfirmasi bahwa klub telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk transfer Cristiano Ronaldo, dengan tunduk pada kesepakatan persyaratan pribadi, visa, dan medis," tulis pernyataan Man United.

Ini adalah kali kedua Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United.

Sebelumnya, mega bintang asal Portugal itu pernah menjadi pemain MPU pada medio 2003-2009.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pulangnya" Cristiano Ronaldo ke Old Trafford, markas Man United, pun disambut positif oleh fans Setan Merah. Kata kunci "Ronaldo" bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter dengan lebih dari 3 juta twit.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Kembali, Man United Bersiap untuk Musim Luar Biasa

Kisah transfer Ronaldo

Melansir The Guardian, Jumat (27/8/2021), keinginan Ronaldo meninggalkan Juventus sudah ia sampaikan kepada agennya, Jorge Mendes, sejak sebelum pre-season pada pertengahan Juli 2021.

Ronaldo diketahui ingin mencari tantangan baru, terutama setelah kegagalan Portugal di Euro 2020.

Setelah menerima permintaan dari Ronaldo, Mendes pun mulai mendekati klub-klub besar Eropa secara informal, seperti Real Madrid, Paris Saint-Germain, Manchester City, Chelse, dan Man United.

Akan tetapi, rencana kepindahan Ronaldo itu entah bagaimana menyebar di media. Bahkan, sebelum pemain berusia 36 tahun itu sempat menjalin kontak dengan tim mana pun.

Ronaldo bahkan mengeluarkan pernyataan resmi pada 18 Agustus 2021 untuk membantah laporan media Spanyol yang menyebutkan bahwa ia akan kembali ke Madrid.

"Kisah saya di Real Madrid sudah terukir. Kisah itu sudah tercatat. Dalam kata dan angka, dalam piala dan gelar, dalam rekor dan halaman depan surat kabar," tulis Ronaldo di akun Instagramnya.

Baca juga: Ronaldo Pergi ke Man United, Allegri Tak Kecewa, Sebut Hukum Kehidupan

Merapat ke City

Informasi transfer Ronaldo mulai "memanas" ketika pada pekan lalu, Manchester City gagal mendatangkan penyerang Harry Kane dari Tottenham Hotspurs.

Situasi itu segera dimanfaatkan Mendes untuk menjalin komunikasi intensif. Ia yakin bahwa rival sekota Man United itu akan bersedia merekrut Ronaldo.

Akan tetapi, perundingan ternyata berlangsung alot.

City hanya bersedia mendatangkan Ronaldo dengan status bebas transfer, sedangkan Juventus bersikeras melepas Ronaldo dengan bayaran sekitar 30 juta euro.

Pada Kamis (26/8/2021) pagi, Mendes menghabiskan waktunya untuk mencari jalan tengah bagi kedua klub.

Namun, ketika jelas bahwa kesepakatan tidak akan mungkin tercapai, ia langsung menghubungi MU

Berlabuh di United

Dalam beberapa jam, kesepakatan untuk merekrut Ronaldo berhasil tercapai berkat serangkaian telepon dari rekan-rekan Ronaldo, termasuk Bruno Fernandes dan Rio Ferdinand.

United dan Mendes mencapai kesepakatan lisan mengenai persyaratan pribadi untuk kontrak dua tahun pada Kamis malam.

Pada Jumat (27/8/2021) pagi, mereka sudah mulai menegosiasikan harga dengan Juventus.

Juve akhirnya menerima kesepakatan dengan 15 juta euro di muka dan bonus yang bisa mencapai 8 juta euro, dan jaminan bahwa mereka akan mendapatkan total 20 juta euro.

Pada saat bersamaan, Ronaldo telah pergi ke tempat latihan Juventus, di Vinovo, untuk mengemasi barang-barangnya dan memberi tahu pelatih Massimiliano Allegri dan rekan satu timnya bahwa dia akan pergi ke Manchester.

Tentu saja United.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi