Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Megawati Soekarnoputri Sakit Parah dan Dirawat di RS Pertamina

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi hoaks.
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sakit parah dan dirawat di rumah sakit.

Informasi itu menyebutkan, Megawati Soekarnoputri sakit keras dan meminta masyarakat untuk mendoakan kesembuhannya.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebutkan bahwa Megawati Soekarnoputri sakit keras dan dirawat di rumah sakit diunggah oleh akun Facebook ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut narasi selengkapnya:

"Kanjeng mamih pengutil bansos Megawati Soekarnoputri kabarnya masuk rumah sakit Pertamina,kamar tempat dia berbaring dulunya bekas pak Harto di rawat,di mintain do'a buat dia,bagi kami bodoh amat,emangnya gue pikirin?"

Berikut tangkapan layar unggahan tersebut:

Penelusuran Kompas.com

Untuk memverifikasi kebenaran informasi tersebut, Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek pemberitaan terbaru mengenai status kesehatan Megawati Soekarnoputri.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (10/9/2021), Politisi PDI-P Effendi Simbolon mengatakan, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dalam keadaaan sehat.

Hal ini ia sampaikan, saat dikonfirmasi mengenai kabar Megawati tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan.

Menurut Effendi, Megawati sedang berada di kediaman pribadi, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

"Ibu (Megawati) ada di Teuku Umar, sehat walafiat," kata Effendi.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas RSPP Agus Susetyo mengatakan,pihaknya belum menerima informasi terkait adanya petinggi partai politik yang diduga sakit dan dirawat.

Agus juga membantah bahwa RSPP tengah merawat petinggi parpol, termasuk Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri yang isunya ramai beredar di media sosial.

"Maaf, sampai saat ini belum ada. Enggak ada. Sampai saat ini kami tidak merawat ibu Megawati di RSPP," kata Agus, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Sebelumnya, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto telah membantah isu yang menyebut Megawati Soekarnoputri jatuh sakit.

Hasto menegaskan, Megawati dalam keadaan sehat dan energik. Menurut dia, Megawati masih memberikan arahan terkait program partai, pada Rabu (8/9/2021) malam.

"Pagi ini pun ketika saya menghadap Beliau, Ibu Mega juga terus mencermati situasional terkait pandemi dan juga politik internasional," kata Hasto, seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Hasto menambahkan, informasi yang menyebutkan jika Megawati Soekarnoputri sakit merupakan hoaks.

Sebab menurut dia, Ketua Umum PDI-P itu memiliki tradisi hidup sehat secara jasmani dan rohani.

"Jadi yang berulang kali melempar hoaks Ibu Mega sakit, itu sama sekali tidak sesuai dengan kenyataan yang ada," ujar Hasto.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sakit keras dan dirawat di rumah sakit adalah tidak benar alias hoaks.

Pihak PDI-P telah membantah kabar bahwa Megawati Soekarnoputri sakit keras, dan menyatakan bahwa Ketua Umum PDI-P itu dalam keadaan sehat.

Selain itu, pihak RSPP juga membantah jika saat ini mereka sedang merawat Megawati Soekarnoputri atau petinggi parpol lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kompas.com
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi