Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Versi Michael Page

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Pepsco Studio
Ilustrasi
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Agensi spesialis perekrutan Michael Page membuat ranking 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Agensi ini awalnya beroperasi di London pada 1976, tapi kini Michael Page telah menjadi perusahaan perekrutan global.

Misi mereka, yakni untuk menyatukan perusahaan terbaik dunia dan profesional paling cerdas, membantu masing-masing pihak mencapai potensi dan kemampuan maksimum mereka.

Michael Page menyediakan layanan rekrutmen khusus untuk para profesional di tingkat manajemen menengah hingga kepemimpinan, bersama dengan posisi teknis yang sangat terspesialisasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Michael Page, 2020 menjadi tahun ketidakpastian besar bagi para pencari kerja, karyawan, dan bisnis. Namun, 2021 menandai awal yang positif bagi para pelaku ekonomi pasca Covid-19.

Setelah setahun melalui Covid-19, perusahaan kini memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang kerentanan dan prioritas bisnis mereka.

Karena ekonomi Indonesia perlahan pulih, masuk akal untuk mengharapkan kenaikan gaji minimum dalam pekerjaan Anda saat ini atau ketika pindah ke perusahaan baru.

Gaji adalah faktor penentu yang signifikan saat mengevaluasi jalur karier atau lowongan pekerjaan apa pun.

Itulah sebabnya Michael Page mengumpulkan daftar 10 pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia untuk referensi.

Gaji yang ditampilkan dapat berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lain dan tergantung pada keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman.

Melansir Michael Page, 19 April 2021, berikut ini 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia:

Baca juga: Penjelasan TNI AU soal Video Viral Sebut Racun Disebar di Langit Jagakarsa

1. C-suite roles

Posisi eksekutif di perusahaan ini biasanya berada di urutan teratas daftar pekerjaan dengan bayaran tertinggi.

Gaji Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, Chief Operating Officer berkisar dari Rp 137 juta hingga Rp 250 juta, dalam disiplin ilmu dari Properti & Konstruksi, Konsumen & Ritel, Bisnis & Layanan Keuangan, hingga Industri & Manufaktur.

Seperti peran lainnya, remunerasi untuk peran c-suite didasarkan pada pengalaman kandidat, ukuran perusahaan, dan sektor.

2. Head of Finance

Head of Finance atau Kepala Keuangan pada dasarnya bertanggung jawab atas keuangan organisasi, mengawasi anggaran di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi, dan memastikan bisnis tetap menguntungkan.

Head of Finance bisa mendapatkan gaji hingga Rp 115 juta.

3. Country Sales Manager

Departemen penjualan adalah bagian yang penting bagi organisasi mana pun dan mereka yang memimpinnya mendapat kompensasi yang baik ketika pekerjaan dilakukan dengan baik.

Country Sales Manager bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 113 juta hingga Rp 175 juta, tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan.

Mirip dengan peran Country Sales Manager, Direktur Penjualan memperoleh penghasilan dari Rp 113 juta hingga Rp 175 juta.

Tugasnya mengelola upaya strategis tim penjualan perusahaan dan memastikan tim memenuhi target penjualan yang diproyeksikan.

Baca juga: Ahli Peringatkan Kiamat Internet Bisa Terjadi Akibat Badai Matahari Mendatang

4. Head of Risk

Melindungi perusahaan dari risiko di semua tingkatan, baik itu risiko keuangan, risiko kepatuhan, atau risiko strategis adalah peran dari pekerjaan ini.

Sebagai Kepala Risiko atau Direktur Risiko untuk sebuah perusahaan, seorang profesional harus memiliki gelar terkini dan pengetahuan terkini tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah.

Karena peran ini adalah tentang pencegahan, ini adalah salah satu kunci dalam melindungi kepentingan perusahaan. Seseorang di posisi ini di Indonesia dapat menghasilkan hingga Rp 150 juta.

5. Marketing Director

Sebagai fungsi, pemasaran adalah salah satu bagian paling penting bagi perusahaan yang ingin memperoleh klien atau pelanggan baru. Fungsi lainnya adalah meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pangsa pasar.

Profesional yang memimpin fungsi pemasaran haruslah seseorang yang inovatif serta dapat mencoba hal-hal baru sambil memahami cara berbicara kepada pelanggan saat preferensi dan harapan mereka berubah.

Tim pemasaran menjadi lebih kompleks dan tersusun sebagai tim yang bekerja sama menuju tujuan bersama.

Para profesional yang naik ke posisi Direktur Pemasaran dapat memperoleh penghasilan dari Rp 110 juta hingga Rp 150 juta.

6. Project Management Director

Menjadi Direktur Proyek adalah pekerjaan manajemen proyek tingkat tinggi yang dapat mencakup sejumlah tanggung jawab, tergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola.

Sebagai orang kunci untuk mengatur dan menyelesaikan proyek, direktur proyek atau direktur pelaksana dapat menghasilkan dari Rp 130 juta hingga Rp 140 juta.

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Cair Hari Ini: Cara Cek dan Situs yang Bisa Diakses

7. Engineering Director

Direktur atau VP of Engineering memimpin departemen engineering sebuah perusahaan.

Seperti kepala departemen mana pun, tugasnya adalah merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik. Tugasnya mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek serta anggaran teknik.

Seorang direktur teknik di berbagai industri dapat memperoleh jumlah yang bervariasi, dari Rp 117 juta hingga Rp 129 juta.

8. Supply chain director

Pada intinya, rantai pasokan adalah konvergensi dari berbagai proses yang datang bersama untuk menyelesaikan tugas. Proses ini bervariasi dalam kompleksitas dan keragaman, tergantung pada sektor tertentu dan ukuran organisasi.

Direktur Rantai Pasokan bisa mendapatkan gaji hingga Rp 103 juta.

Ketika industri manajemen rantai pasokan berkembang untuk merangkul otomatisasi digital lebih dari sebelumnya, direktur operasi harus menavigasi secara strategis untuk menjadi pendorong pendapatan bagi bisnis, memberikan jadwal yang lebih ketat, pemenuhan yang lebih cepat, efisiensi yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih tinggi.

9. Head of Procurement

Peran Kepala Pengadaan mengawasi pembelian perusahaan. Pekerjaan ini bisa menghasilkan gaji hingga RP 99 juta.

Kepala pengadaan bekerja sama dengan tim keuangan serta logistik untuk menetapkan strategi dan kebijakan pembelian sambil memenuhi anggaran perusahaan serta persyaratan operasional lainnya.

Selain membuat keputusan yang menguntungkan, kepala pengadaan juga membutuhkan kombinasi riset pasar, manajemen, negosiasi, dan keterampilan komunikasi.

Baca juga: Bantuan Kuota Kemendikbud Cair Hari Ini: Cara Cek dan Situs yang Bisa Diakses

10. Head of Legal

Berpenghasilan mulai dari Rp 57 juta hingga Rp 91 juta, peran Kepala Hukum atau penasihat umum yang dipekerjakan oleh perusahaan publik lebih dari sekadar pengacara.

Pejabat hukum atas ini diharuskan untuk memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasihat bisnis untuk CEO.

Selain itu, penasihat umum perlu membantu mendorong efisiensi dalam organisasi mereka dengan memanfaatkan teknologi hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi