Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Pupuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Severin Candrian
Ilustrasi tanaman aglonema
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Pupuk menjadi salah satu faktor penting untuk kesuburan aglonema. Sebagai salah satu tanaman hias yang tengah populer, aglonema disukai karena bentuk dan corak daunnya yang beraneka warna dan cantik.

Seperti halnya tanaman lain, aglonema juga membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Pupuk yang diperlukan tanaman berupa unsur makro dan mikro.

Unsur makro diperlukan dalam jumlah besar, sedangkan unsur mikro jumlahnya relatif sedikit. Unsur makro yang mutlak diperlukan adalah N (nitrogen), P (fosfor), dan K (kalium).

Baca juga: Rekomendasi Pupuk untuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Secara umum, unsur N berfungsi untuk pembentukan protein yang dibutuhkan sel-sel tanaman untuk pertumbuhan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur P digunakan untuk pembentukan inti sel dan pembelahan sel, pembentukan lemak, merangsang pembungaan, serta pembentukan biji dan ketahanan terhadap penyakit.

Lalu unsur K diperlukan tanaman untuk memperlancar proses kerja tanaman, menguatkan jaringan, daun, bunga, dan buah agar tidak mudah gugur.

Aglonema sendiri termasuk tanaman hias daun. Karena itu unsur N yang diperlukan lebih tinggi ketimbang unsur lainnya.

Pupuk yang cocok untuk aglonema

Melansir berita Kompas.com (6/9/2021), berikut adalah tujuh rekomendasi pupuk aglonema yang bisa membuat tumbuh subur dan daunnya lebat.

1. Pupuk kandang

Pupuk untuk aglonema yang pertama ada pupuk kandang. Pupuk kandang dapat dibuat dari kotoran hewan yang telah menjadi kompos.

Adapun pupuk dari kotoran kelelawar (guano) memiliki kandungan N, P dan K lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya sehingga cocok untuk digunakan pada aglonema.

Baca juga: Ingin Merawat Anakan Aglonema? Ini Hal yang Harus Dihindari

2. Humus

Humus berasal dari sisa-sisa tumbuhan berupa daun, batang, maupun akar yang membusuk atau melapuk secara alami oleh mikroorganisme.

Humus yang baik adalah yang berwarna hitam, berfungsi untuk menggemburkan media tanam.

3. Kompos

Kemudian yang berikutnya ada pupuk kompos. Jenis pupuk yang satu ini merupakan sisa- sisa tumbuhan, antara lain dapat berupa daun, batang, akar, rumput, alang-alang, sampah organik, maupun kotoran hewan.

Kompos dibuat melalui proses penguraian dengan bantuan mikroorganisme dan suhu yang sesuai, hingga menjadi hancur dan berwarna kehitaman. Bila sudah dingin dan kehitaman, maka kompos dapat digunakan sebagai pupuk organik.

4. Pupuk buatan atau pupuk anorganik

Pupuk ini dibuat oleh pabrik, menggunakan bahan kimia dengan kadar serta kandungan yang beragam.

Salah satu keuntungan menggunakan pupuk ini ialah dosis atau ukurannya sudah dibuat sesuai kebutuhan tanaman. Jadi tidak perlu bingung dalam memberikan takaran ke tanaman.

Baca juga: Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

5. Pupuk Novelgro

Selanjutnya pupuk novelgro. Pupuk novelgro merupakan pupuk cair berwarna hijau bening, mengandung sitokinin untuk meningkatkan dan mempertahankan kandungan klorofil daun tanaman, serta berfungsi untuk meningkatkan fotosintesis tanaman.

Pengaplikasian pupuk ini membuat tanaman tumbuh dan berkembang lebih cepat, warna daun lebih hijau, dan menyerap hara lebih banyak. Pupuk ini diberikan satu hingga dua kali setiap bulan dengan konsentrasi 1 cc per liter air.

6. Atonik

Atonik merupakan hormon untuk merangsang pertumbuhan terutama bagian akar, mengaktifkan penyerapan unsur hara, serta mempercepat tumbuhnya kuncup bunga.

7. Pupuk metalik

Terakhir ada pupuk metalik. Pupuk ini mengandung 9 macam unsur mikro, berfungsi untuk menyediakan unsur- unsur mikro yang diperlukan tanaman serta memperbaiki warna daun dan bunga tanaman.

Itu tadi tujuh rekomendasi pupuk yang bisa digunakan pada tanaman aglonema. Penggunaan pupuk-pupuk di atas dapat membantu aglonema tumbuh subur dan sehat.

(Sumber:Kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi