Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ikan Hias Ini Dipercaya Bisa Membawa Keberuntungan, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
PIXABAY/ASHLEYWYETHMEDLOCK
Ilustrasi ikan koi, memberi makan ikan.
|
Editor: Maulana Ramadhan

KOMPAS.com - Beberapa jenis ikan hias dipercaya oleh sebagian orang bisa membawa keberuntungan. Maka tak heran, ikan termasuk jenis hewan yang banyak dipelihara.

Ikan yang dipelihara umumnya ditempatkan di akuarium. Namun itu bukan berarti ikan hias dipelihara hanya karena dipercaya membawa keberuntungan. Akuarium yang dijadikan tempat tinggal ikan juga bisa mempercantik dekorasi rumah.

Dengan menambahkan ikan hias di akuarium pada ruangan juga akan membuat ruangan tampak lebih segar dan menyejukkan mata.

Selain itu jenis ikan hias menjadi hal penting saat kamu memutuskan untuk menaruh akuarium di dalam rumah.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Akuarium yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam memilih ikan hias untuk akuarium kamu bisa memilih ikan dengan corak dan bentuk yang indah atau ikan sebagai pembawa keberuntungan jika kamu termasuk sebagian orang yang mempercayainya.

Dilansir dari berita Kompas.com (2/9/2021), setidaknya ada 5 jenis ikan hias yang dipercaya bisa membawa keberuntungan yang bisa kamu pelihara. Berikut jenis-jenisnya:

1. Ikan koi

Ikan hias pembawa keberuntungan yang pertama adalah ikan koi. Nama koi berasal dari bahasa Jepang yakni nishikigoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Dinamakan demikian karena ikan koi memiliki ornamen dan warna yang cantik di tubuhnya. Di Jepang ikan ini juga dikenal sebagai ikan yang identik dengan kasih sayang dan cinta.

Koi termasuk jenis ikan yang sering dipelihara untuk memperindah akuarium ataupun kolam serta sebagai pembawa keberuntungan. Beberapa unsur warna koi yang populer adalah putih, oranye, hitam dan merah.

Baca juga: Simak, Alasan Pentingnya Membersihkan Kotoran di Akuarium Ikan Hias

2. Ikan arwana

Selanjutnya ada ikan arwana. Ikan yang juga memiliki nama dragon fish ini dipercaya sebagai perwujudan dewi kahyangan atau Dewi Kwan Im.

Selain itu, ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan ikan-ikan hias lainnya. Tidak hanya karena dipercaya membawa keberuntungan namun juga karena merupakan ikan purba yang sudah mengalami regenerasi beribu-ribu tahun.

Jika kamu memelihara ikan arwana jenis red tail gold di dalam rumah, dipercaya suasana rumah akan lebih tenang dan tentram.

3. Ikan louhan

Berbicara ikan hias yang dipercaya bisa membawa keberuntungan, tidak lengkap jika tidak menyebut ikan yang satu ini. Ya ikan louhan.

Ikan louhan dipercaya dapat membawa peruntungan baik jika dipelihara di rumah, hal ini berasal dari mitos yang beredar di Tiongkok.

Nama louhan sendiri memiliki makna dewa pelindung dan menjadi pertanda akan datangnya keberuntungan.

Selain membawa keberuntungan, ikan louhan juga menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium karena bentuknya yang unik dengan dahi yang menonjol.

Baca juga: Ramai Ikan Hias Mirip Ikan Gabus Seharga Motor, Ini Penjelasannya...

4. Ikan mas koki

Salah satu daya tarik ikan mas koki adalah warnanya yang beraga. Tak hanya berwarna emas, ikan mas koki juga memiliki warna lain seperti merah, orange, putih, kuning, hitam dan calico.

Jika kamu tertarik memelihara ikan mas koki, perawatannya terbilang cukup mudah. Makanan yang mereka sukai adalah serangga, krustasea dan tumbuhan air.

Namun pastikan pemberian makan tidak berlebihan karena dapat menyumbat saluran pencernaan dan pakan yang tersisa akan membuat air akuarium menjadi keruh.

5. Ikan dewa

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias Akuarium dengan Perawatan Mudah untuk Pemula

Terakhir ada ikan dewa. Ikan dewa yang ditemukan pada kolam di kawasan Cibulan, Kuningan ini dipercaya sebagai jelmaan dari prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena tidak setia.

Yang menarik, jenis ikan air tawar ini sangat sulit ditemukan di daerah lain dan menjadi ikan khas Indonesia.

Untuk merawat ikan dewa kamu harus membersihkan air kolam dan akuarium secara rutin karena ikan ini dapat hidup dengan baik hanya pada air yang bersih.

Itu tadi 5 jenis ikan yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Meski demikian belum ada fakta ilmiah yang membuktikan keterkaitan ikan dengan keberuntungan. Semua kembali kepada kepercayaan masing-masing.

(Sumber:Kompas.com/Lolita Valda Claudia | Editor: Lolita Valda Claudia)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi