Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Masuk Tempat Wisata Selama Uji Coba dan PPKM Level 3-2

Baca di App
Lihat Foto
ANTARAFOTO/Aprillio Akbar
Pengunjung memindai kode batang (QR Code) melalui aplikasi PeduliLindungi di Pintu Gerbang Utama Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (14/9/2021). Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu dari 20 destinasi wisata yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai lokasi uji coba tahap awal penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk tempat wisata di masa PPKM. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
|
Editor: Maya Citra Rosa

KOMPAS.com - Pemerintah sudah mulai uji coba pembukaan kembali beberapa tempat wisata untuk wisatawan.

Namun wisatawan harus memenuhi persyaratan dan menaati peraturan protokol kesehatan. Salah satunya di destinasi wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berikut ini syarat masuk tempat wisata, di kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan:

Baca juga: Ganjil Genap Tempat Wisata, Pengendara Boleh Turunkan Pengunjung di Akses Menuju Pintu Masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PT TWC (Taman Wisata Candi) juga memberlakukan pembatasan pengunjung di Borobudur maupun Prambanan. Untuk Borobudur dan Prambanan kami menetapkan kuota maksimal sejumlah 7.500 orang di dalam kawasan. Angka ini termasuk wisatawan, pegawai, pedagang, serta tamu," kata Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, dikutip dari Antara, Jumat (17/9/2021).

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata mulai dibuka ujicoba selama penerapan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali periode 14-20 September 2021.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf) melakukan uji coba pembukaan wisata di daerah PPKM level 3 dan 2.

Selain itu, upaya pembukaan ganjil genap juga dilakukan seperti tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 42 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Berdasarkan beleid tersebut, penerapan ganjil-genap diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata sepanjang Jumat-Minggu mulai pukul 12.00-18.00 waktu setempat.

20 tempat wisata uji coba dibuka

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan 20 tempat wisata yang ikut uji coba pembukaan untuk wisatawan.

Daftar tempat wisata yang dibuka ujicoba selama PPKM level 3 dan 2:

DKI Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Jawa Barat

Taman Safari Indonesia, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

Jawa Tengah dan DIY

Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, Taman Satwa Taru Jurug, Taman Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Hutan Pinus Sari Mangunan.

Baca juga: Candi Borobudur Buka untuk Uji Coba Wisata, Catat Syarat Masuknya

Jawa Timur

Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

Sebagai informasi, Kompas.com melaporkan, Senin (13/9/2021), tiga tempat wisata yang ikut uji coba pembukaan di DIY mengalami perubahan.

Awalnya ketiga tempat wisata tersebut adalah Candi Boko (Keraton Ratu Boko), Taman Pintar Yogyakarta, dan Watu Lumbung. Namun, ketiga tempat tersebut diganti menjadi Tebing Breksi, Gembira Loka Zoo, dan Pinus Sari.

(Sumber: Kompas.com Penulis Yohana Artha Uly, Ni Nyoman Wira Widyanti | Editor Ambaranie Nadia Kemala Movanita, Ni Nyoman Wira Widyanti)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi